logo

Hancurkan Blacklist di Grand Final, ECHO Juara Baru M4 World Championship!

Stefanus Wahyu
Minggu 15 Januari 2023, 21:50 WIB
Source: MPL ID

Source: MPL ID

Laga pamungkas dari M4 World Championship yang mempertemukan dua tim asal Filipina di Senayan, Jakarta Pusat, pada hari Minggu malam ini berakhir lebih cepat dari ekspektasi. 

IDGS, Minggu, 15 Januari 2023 - Laga grand final M4 tersebut mempertemukan juara bertahan Blacklist International yang dipimpin oleh Jonmar "OhMyV33NUS" Villaluna melawan penantang baru, yakni ECHO yang dipimpin oleh Tristan "YAWI" Cabrera.

Meski sempat diguncang skandal menikung pacar teman yang dilakukan oleh YAWI di awal turnamen, ECHO tampil konsisten di mana mereka berhasil lolos dari fase grup sebagai juara Grup C lewat tiga kemenangan atas Occupy Thrones, RRQ Hoshi, dan RSG Singapore. Tim yang sebelumnya bernama AURA Philippines tersebut terus melaju di upper bracket fase knockout sebelum kemudian turun ke lower bracket karena kalah di final upper bracket oleh juara bertahan.

Di sisi lain, Blacklist International meski lolos dari Grup A sebagai runner-up, sanggup menunjukkan kelasnya sebagai juara bertahan dengan menjadi tim pertama yang lolos ke grand final usai mengalahkan ECHO 3-2.

ECHO kemudian mengalahkan tim asal Indonesia, RRQ Hoshi, di final lower bracket dengan skor 3-1 sebelum kemudian melangkah ke grand final untuk kembali menantang Blacklist.

Hanya saja hasil pertandingan grand final yang digelar di Senayan pada Minggu (15/1/2023) malam WIB tersebut di luar ekspektasi. Blacklist yang diprediksi akan mencetak sejarah sebagai tim pertama yang sanggup meraih dua kali gelar juara MLBB World Championship, justru dicukur habis oleh ECHO tanpa bisa meraih satu kemenangan sekalipun!

https://twitter.com/mplidofficial/status/1614618233071636480

Kunci kemenangna telak ECHO di babak grand final ini terletak pada mental baja mereka yang tak gentar menghadapi tim yang menendang mereka turun ke lower bracket. Selain itu dari segi strategi, ECHO juga berkembang pesat di mana mereka mem-ban hero-hero andalan Blacklist di musim ini seperti Estes, Diggie, dan Gloo, membuat permainan dari pemain-pemain kunci juara bertahan terutama OhMyV33NUS kurang maksimal di sepanjang grand final.

Recap grand final M4 World Championship

Gim 1: Blacklist 0-1 ECHO

Di gim pertama, Blacklist men-draft Pharsa (Hadji), Benedetta (Edward), Harith (Oheb), Barats (Wise), dan Mathilda (OHMyV33NUS).

Sedangkan ECHO mengambil Yve (Sanji), Lapu-Lapu (Sanford), Lunox (Bennyqt), Akai (Karitz), dan Lolita (Yawi).

Menggunakan dua hero keras yakni Akai dan Lolita, ECHO menekan Blacklist di fase early game di mana mereka unggul kill 4-2 pada menit kesepuluh. Lunox ECHO yang dikendalikan Yve sukses membuat Barats Jungler Blacklist kesulitan berkembang, membuat ECHO tampil lebih dominan.

 

https://www.youtube.com/watch?v=t5SF3zuahzs

 

Sebuah teamfight di menit 14 berakhir buruk bagi juara bertahan, di mana 4 hero mereka tumbang di dekat Inhibitor dan ECHO pun tak menghabiskan waktu lama untuk mengakhiri perlawanan Blacklist di gim pertama ini.

Gim 2: Blacklist 0-2 ECHO

Laga kedua juga berlangsung dengan cepat di mana ECHO mengandalkan tiga hero keras seperti Barats, Gloo, dan Franco di lini depan memporak-porandakan susunan formasi Blacklist. Sedangkan Brody yang dikendalikan Bennyqt menjadi eksekutor bagi ECHO, membabat hero-hero Blacklist di setiap teamfight sekaligus mengantar ECHO memenangkan gim kedua di menit 14 dengan perbedaan kill jauh, yakni 20 banding 8 untuk keunggulan ECHO.

 

https://www.youtube.com/watch?v=b-58DBDKojg

 

Gim 3: Blacklist 0-3 ECHO

ECHO memenangkan gim ketiga lebih cepat daripada gim kedua, yakni di menit 13, serta perbedaan total kill yang lebih lebar, yakni 23 banding 10. Blacklist dibuat tak berdaya oleh draft serta eksekusi strategi ECHO.

 

https://www.youtube.com/watch?v=pFqQcEVekgw

 

Lapu-Lapu yang digunakan Sanford sukses meluluh lantakkan lini belakang Blacklist, sedangkan burst damage Gusion yang dikendalikan Sanji serta kelihaian Yawi memainkan Kaja memporak-porandakan seluruh rencana Blacklist.

Gim 4: Blacklist 0-4 ECHO

Di gim penentuan ini, Blacklist menumpukan harapan mereka pada Barats Jungler. Sayangnya mereka seperti lupa akan keganasan Bennyqt menggunakan Lunox di gim pertama dan membiarkannya menggunakan hero itu lagi. Bennyqt tak memberi ampun bagi sang juara bertahan.

 

https://www.youtube.com/watch?v=At4yOhPLeiI

 

Blacklist sebagai juara berusaha mempertahankan harga diri terakhir mereka di laga keempat ini dengan bertahan mati-matian hingga menit 17. Sayang kalah draft dan strategi membuat mereka harus menelan pil pahit.

Peringkat akhir M4 World Championship

Dengan kemenangan 4-0 atask Blacklist di grand final malam ini, ECHO pun keluar sebagai juara dan berhak membawa pulang hadiah uang sebesar US$300 ribu atau sekitar Rp4,5 miliar.

Sedangkan pemain ECHO, Bennyqt, terpilih sebagai MVP babak grand final ini dan berhak atas hadiah uang senilai Rp151 juta.

https://twitter.com/literally_mlbb/status/1614631071865524224

Blacklist sebagai runner-up berhak membawa pulang hadiah uang sebesar US$120 ribu atau sekitar Rp1,8 miliar.

Dua tim Indonesia, RRQ Hoshi dan dan ONIC Esports masing-masing menempati urutan ketiga dan keempat di mana mereka berhak atas hadiah uang senilai Rp1,2 miliar dan Rp830 juta.

Selamat bagi ECHO!

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
Gadget19 Mei 2024, 17:05 WIB

5 Kelebihan Infinix GT 20 Pro 5G, HP Gaming Terbaru dari Infinix

Infinix GT 20 Pro 5G kemungkinan akan dibandrol dengan harga Rp4,5 jutaan.
Smartphone gaming terbaru, Infinix GT 20 Pro 5G (FOTO: Infinix)
Gadget19 Mei 2024, 16:08 WIB

Spesifikasi dan Harga HP Gaming Infinix GT 20 Pro 5G yang Futuristik

Infinix GT 20 Pro memiliki sejumlah perubahan dari generasi sebelumnya, seperti sektor desainnya.
Infinix GT 20 Pro (FOTO: Gsmarena)
Guides19 Mei 2024, 15:06 WIB

Mengenal Fungsi Armor di Minecraft dan Cara Membuatnya

Apakah kamu masih bingung dengan armor di game Minecraft? Berikut fungsi dan cara membuatnya.
Armor di Minecraft. (Sumber: Captain Sparklez)
Guides19 Mei 2024, 14:05 WIB

Cara Termudah Miliki Mobil di Game Minecraft Bedrock Edition

Berikut panduan cara memiliki mobil di game Minecraft Bedrock Edition dengan mudah.
Mobil di Minecraft Badrock Edition. (Sumber: GameLoop)
Guides19 Mei 2024, 13:07 WIB

Belajar Makin Menyenangkan, Ini 5 Cara Bikin Item Unik di Minecraft Education Edition

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara unik untuk membuat item di Minecraft Education Edition.
Ilustrasi item eksklusif di Minecraft Education. (Sumber: Googled Gecko)
News19 Mei 2024, 10:05 WIB

Fitur Private Space Secara Resmi Diumumkan oleh Google untuk Android 15, Apa Fungsinya?

Google menghadirkan fitur baru Private Space.
Ilustrasi fitur baru Google, Private Space untuk Android 15 (FOTO: Androidpolice)
Guides19 Mei 2024, 08:27 WIB

Cara Bikin Alamat Rumah di Google Maps yang Mudah Dicari

Membuat alamat rumah di Google Maps, sebenarnya cukup mudah dilakukan. Kamu bisa ikuti dua cara seperti berikut ini untuk membuat alamat di Google Maps.
Ilustrasi alamat di Google Maps. (Sumber: The Verge)
News18 Mei 2024, 16:56 WIB

5 Alasan Mengapa Kage Bunshin no Jutsu Jadi Teknik Favorit Naruto, Ternyata Ada Kaitannya dengan Pribadi Naruto!

Teknik Kage Bunshin no Jutsu sudah menjadi salah satu ciri khas Naruto dan memainkan peran penting dalam perkembangan karakternya serta jalannya cerita. Seperti ini alasan mengapa teknik itu memang cocok untuk Naruto
5 Alasan Mengapa Kage Bunshin no Jutsu Jadi Teknik Favorit Naruto, Ternyata Ada Kaitannya dengan Pribadi Naruto! (FOTO: Narutopedia)
Gadget18 Mei 2024, 16:01 WIB

ASUS Luncurkan Kipas TUF Gaming TR120, Miliki Level Kesenyapan Terbaik

Biasanya kipas untuk gaming itu berisik. Tapi tidak dengan kipas dari ASUS, kipas TUF Gaming TR120.
Kipas TUF Gaming TR120 (FOTO: Dok.Asus)
News18 Mei 2024, 16:01 WIB

Valve Dikabarkan Lagi Bikin Game Baru Bernama Deadlock

Ada kabar bagus dari Valve yang dirumorkan sedang mempersiapkan game terbarunya yang diberi judul Deadlock.
Deadlock. (Sumber: Twitter.com/@gabefollower)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.