logo

Hancurkan Blacklist di Grand Final, ECHO Juara Baru M4 World Championship!

Stefanus Wahyu
Minggu 15 Januari 2023, 21:50 WIB
Source: MPL ID

Source: MPL ID

Laga pamungkas dari M4 World Championship yang mempertemukan dua tim asal Filipina di Senayan, Jakarta Pusat, pada hari Minggu malam ini berakhir lebih cepat dari ekspektasi. 

IDGS, Minggu, 15 Januari 2023 - Laga grand final M4 tersebut mempertemukan juara bertahan Blacklist International yang dipimpin oleh Jonmar "OhMyV33NUS" Villaluna melawan penantang baru, yakni ECHO yang dipimpin oleh Tristan "YAWI" Cabrera.

Meski sempat diguncang skandal menikung pacar teman yang dilakukan oleh YAWI di awal turnamen, ECHO tampil konsisten di mana mereka berhasil lolos dari fase grup sebagai juara Grup C lewat tiga kemenangan atas Occupy Thrones, RRQ Hoshi, dan RSG Singapore. Tim yang sebelumnya bernama AURA Philippines tersebut terus melaju di upper bracket fase knockout sebelum kemudian turun ke lower bracket karena kalah di final upper bracket oleh juara bertahan.

Di sisi lain, Blacklist International meski lolos dari Grup A sebagai runner-up, sanggup menunjukkan kelasnya sebagai juara bertahan dengan menjadi tim pertama yang lolos ke grand final usai mengalahkan ECHO 3-2.

ECHO kemudian mengalahkan tim asal Indonesia, RRQ Hoshi, di final lower bracket dengan skor 3-1 sebelum kemudian melangkah ke grand final untuk kembali menantang Blacklist.

Hanya saja hasil pertandingan grand final yang digelar di Senayan pada Minggu (15/1/2023) malam WIB tersebut di luar ekspektasi. Blacklist yang diprediksi akan mencetak sejarah sebagai tim pertama yang sanggup meraih dua kali gelar juara MLBB World Championship, justru dicukur habis oleh ECHO tanpa bisa meraih satu kemenangan sekalipun!

https://twitter.com/mplidofficial/status/1614618233071636480

Kunci kemenangna telak ECHO di babak grand final ini terletak pada mental baja mereka yang tak gentar menghadapi tim yang menendang mereka turun ke lower bracket. Selain itu dari segi strategi, ECHO juga berkembang pesat di mana mereka mem-ban hero-hero andalan Blacklist di musim ini seperti Estes, Diggie, dan Gloo, membuat permainan dari pemain-pemain kunci juara bertahan terutama OhMyV33NUS kurang maksimal di sepanjang grand final.

Recap grand final M4 World Championship

Gim 1: Blacklist 0-1 ECHO

Di gim pertama, Blacklist men-draft Pharsa (Hadji), Benedetta (Edward), Harith (Oheb), Barats (Wise), dan Mathilda (OHMyV33NUS).

Sedangkan ECHO mengambil Yve (Sanji), Lapu-Lapu (Sanford), Lunox (Bennyqt), Akai (Karitz), dan Lolita (Yawi).

Menggunakan dua hero keras yakni Akai dan Lolita, ECHO menekan Blacklist di fase early game di mana mereka unggul kill 4-2 pada menit kesepuluh. Lunox ECHO yang dikendalikan Yve sukses membuat Barats Jungler Blacklist kesulitan berkembang, membuat ECHO tampil lebih dominan.

 

https://www.youtube.com/watch?v=t5SF3zuahzs

 

Sebuah teamfight di menit 14 berakhir buruk bagi juara bertahan, di mana 4 hero mereka tumbang di dekat Inhibitor dan ECHO pun tak menghabiskan waktu lama untuk mengakhiri perlawanan Blacklist di gim pertama ini.

Gim 2: Blacklist 0-2 ECHO

Laga kedua juga berlangsung dengan cepat di mana ECHO mengandalkan tiga hero keras seperti Barats, Gloo, dan Franco di lini depan memporak-porandakan susunan formasi Blacklist. Sedangkan Brody yang dikendalikan Bennyqt menjadi eksekutor bagi ECHO, membabat hero-hero Blacklist di setiap teamfight sekaligus mengantar ECHO memenangkan gim kedua di menit 14 dengan perbedaan kill jauh, yakni 20 banding 8 untuk keunggulan ECHO.

 

https://www.youtube.com/watch?v=b-58DBDKojg

 

Gim 3: Blacklist 0-3 ECHO

ECHO memenangkan gim ketiga lebih cepat daripada gim kedua, yakni di menit 13, serta perbedaan total kill yang lebih lebar, yakni 23 banding 10. Blacklist dibuat tak berdaya oleh draft serta eksekusi strategi ECHO.

 

https://www.youtube.com/watch?v=pFqQcEVekgw

 

Lapu-Lapu yang digunakan Sanford sukses meluluh lantakkan lini belakang Blacklist, sedangkan burst damage Gusion yang dikendalikan Sanji serta kelihaian Yawi memainkan Kaja memporak-porandakan seluruh rencana Blacklist.

Gim 4: Blacklist 0-4 ECHO

Di gim penentuan ini, Blacklist menumpukan harapan mereka pada Barats Jungler. Sayangnya mereka seperti lupa akan keganasan Bennyqt menggunakan Lunox di gim pertama dan membiarkannya menggunakan hero itu lagi. Bennyqt tak memberi ampun bagi sang juara bertahan.

 

https://www.youtube.com/watch?v=At4yOhPLeiI

 

Blacklist sebagai juara berusaha mempertahankan harga diri terakhir mereka di laga keempat ini dengan bertahan mati-matian hingga menit 17. Sayang kalah draft dan strategi membuat mereka harus menelan pil pahit.

Peringkat akhir M4 World Championship

Dengan kemenangan 4-0 atask Blacklist di grand final malam ini, ECHO pun keluar sebagai juara dan berhak membawa pulang hadiah uang sebesar US$300 ribu atau sekitar Rp4,5 miliar.

Sedangkan pemain ECHO, Bennyqt, terpilih sebagai MVP babak grand final ini dan berhak atas hadiah uang senilai Rp151 juta.

https://twitter.com/literally_mlbb/status/1614631071865524224

Blacklist sebagai runner-up berhak membawa pulang hadiah uang sebesar US$120 ribu atau sekitar Rp1,8 miliar.

Dua tim Indonesia, RRQ Hoshi dan dan ONIC Esports masing-masing menempati urutan ketiga dan keempat di mana mereka berhak atas hadiah uang senilai Rp1,2 miliar dan Rp830 juta.

Selamat bagi ECHO!

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
News16 Juni 2024, 16:00 WIB

Jadwal Erafone National Tournament 2024, Turnamen Mobile Legends dengan Hadiah Total Rp200 Juta

Erafone National Tournament 2024, turnamen Mobile Legends: Bang Bang untuk menjaring player terbaik,
Erajaya Digital menyelenggarakan Erafone National Tournament 2024, turnamen Mobile Legends: Bang Bang berhadiah total Rp200 juta. (FOTO: Dok. Erafone)
Reviews16 Juni 2024, 15:03 WIB

Mengenal Game Kelana Boga dan Cotton Match, Permainan Pangan Lokal dan Tenun Tradisional Indonesia yang akan Diluncurkan di Jogja

Di tengah gempuran game asing nan modern, ternyata masih ada pengembangan game lokal yang mengangkat budaya Indonesia, Kelana Boga dan Cotton Match.
Kelana Boga, game lokal yang mengangkat budaya Indonesia akan diluncurkan di Kota Jogja. (FOTO: Tangkapan Layar/GooglePlay)
News16 Juni 2024, 14:15 WIB

Jumlah Pemain Sea of Thieves Mendadak Anjlok di PlayStation 5

Sejak dirilis tahun 2018, Sea of Thieves telah mendapat berbagai pengakuan termasuk penghargaan British Academy Games Award for Evolving Game.
Sea of Thieves (FOTO: Xbox via Game File)
Community16 Juni 2024, 14:01 WIB

Summoners War Gelar Kontes Fanart, Hadiah Total Rp160 Juta

Kontes tahun ini juga akan memilih jumlah pemenang dan hadiah yang lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.
Summoners War: Sky Arena atau Summoners War mengadakan kontes fanart. (FOTO: Com2uS)
News16 Juni 2024, 13:56 WIB

Sejumlah Gambar yang Diduga dari Game Spider-Man 3 Bocor Secara Online

Masih tergambar jelas dalam ingatan kita bahwa game Spider-Man 2 menjadi salah satu yang tersukses di platform PlayStation.
Spider-Man 3. (Sumber: Twitter.com/@zvis_ceral)
Gadget16 Juni 2024, 13:06 WIB

Hadirkan Lini Tablet, Ini 3 Kelebihan Poco Pad yang Layak Dimiliki

Poco Pad Hadir di pasar global dengan performa ekstrem bagi para digital mobile lifestyler.
Poco hadirkan seri tabletnya, Poco Pad. (FOTO: Dok.Poco Indonesia)
News16 Juni 2024, 10:52 WIB

Freshly Frosted akan Jadi Game Gratis Epic Games Store Sampai Akhir Juni 2024

Game teka-teki Freshly Frosted akan menjadi permainan gratis berikutnya di Epic Games Store hingga akhir Juni 2024 ini.
Freshly Frosted. (Sumber: Epic Games Store)
News16 Juni 2024, 10:16 WIB

Langsung Klaim! Idle Champions of the Forgotten Realms Lagi Gratis di Epic Games Store

Epic Games Store (EGS) masih membagikan game gratis yang super duper keren. Minggu ini, Idle Champions of the Forgotten Realms bisa kamu klaim secara cuma-cuma sebelum harus bayar lagi seperti biasa.
Idle Champions of the Forgotten Realms. (Sumber: Epic Games Store)
News16 Juni 2024, 09:36 WIB

Redout 2 Jadi Judul Gratis di Epic Games Store Sampai 20 Juni 2024

Masih dalam event Mega Sale 2024, Epic Games Store kembali menggratiskan sejumlah judul game keren, salah satunya Redout 2. Judul ini bisa kamu unduh secara gratis dari pasar PC Epic hingga 20 Juni 2024.
Redout 2. (Sumber: Epic Games Store)
Guides16 Juni 2024, 08:54 WIB

Kode Redeem FF Terbaru Hari Ini yang Masih Aktif dari Garena, Minggu, 16 Juni 2024

Kode Redeem FF 2024 hari ini, Minggu, 16 Juni 2024, yang masih aktif ada yang menarik nih guys.
Kode Redeem FF. (Sumber: Garena)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.