Harry Potter: Magic Awakened Tutup Server di Amerika, Eropa, dan Oseania pada Oktober 2024

Harry Potter: Magic Awakened (FOTO: X @hpmagicawakened)

Indogamers.com - Game RPG kartu koleksi, Harry Potter: Magic Awakened, akan resmi menutup operasi server di wilayah Amerika, Eropa, dan Oseania pada 29 Oktober 2024, seperti yang telah diumumkan oleh pembuatnya.

Langkah ini mengikuti penghapusan game dari App Store dan Google Play sejak 26 Agustus 2024, sehingga pemain baru tidak lagi bisa mengunduh game tersebut.

Meskipun demikian, Harry Potter: Magic Awakened akan tetap tersedia di Asia dan wilayah MENA (Timur Tengah dan Afrika Utara).

Harry Potter: Magic Awakened

Baca Juga: Buka Pre-Registrasi, Ini 5 Fitur Menarik Luna Heroes yang Bikin Petualangan Tak Membosankan

Game ini adalah salah satu dari empat game yang diumumkan dalam acara NetEase Games’ Annual Product Launch pada tahun 2020.

Setelah diluncurkan di Tiongkok pada September 2021, game ini membuka pra-registrasi global pada Februari 2022. Setelah beberapa penundaan, game ini memasuki akses awal di beberapa wilayah pada April 2023 sebelum akhirnya diluncurkan secara global pada 27 Juni 2023.

Hanya beberapa bulan setelah merayakan satu tahun peluncurannya, pengumuman penutupan ini mengejutkan banyak penggemar Harry Potter: Magic Awakened.

Baca Juga: Crazy Ones, Game Android dengan Gameplay Menantang dan Banyak Karakter Unik

Penutupan di wilayah-wilayah tertentu ini diduga berkaitan dengan kinerja bisnis yang tidak memenuhi harapan di daerah-daerah tersebut.

Sebagai catatan, game ini hanya meraih pendapatan sebesar $3,1 juta dan 3,5 juta unduhan dalam tiga minggu pertama setelah peluncuran global, dengan 50% dari pendapatan tersebut berasal dari Amerika Serikat.

Penutupan ini hanya berdampak pada pemain di Amerika, Eropa, dan Oseania. Pemain di Asia, termasuk Tiongkok Daratan, Hong Kong, Makau, Taiwan, serta beberapa wilayah di Asia, Timur Tengah, dan Afrika Utara, masih dapat mengunduh dan memainkan game ini, karena publikasi di wilayah tersebut ditangani oleh NetEase.

Baca Juga: 3 Game Sekolah Sihir Terinspirasi dari Harry Potter yang Bisa Kamu Mainkan di Android, Tertarik Coba?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, penutupan server akan dilakukan pada 29 Oktober 2024 di Amerika, Eropa, dan Oseania.

Setelah tanggal tersebut, pemain di wilayah tersebut tidak lagi bisa mengakses game ini. Selain itu, pembaruan konten baru juga akan berhenti dengan berakhirnya musim saat ini, Intercontinental Wizard Cup, yang dijadwalkan selesai pada 17 September 2024.

Sebagai seorang penggemar Harry Potter yang telah mengikuti franchise ini sejak kecil, berita ini tentu mengecewakan.

Baca Juga: 5 Game Virtual Olahraga yang Kamu Harus Coba, Cocok untuk Kaum Mager

Harry Potter: Magic Awakened memiliki potensi yang besar, tetapi tampaknya tidak dikelola dengan baik sejak awal. Harapannya, suatu saat nanti akan ada pengganti yang lebih baik dalam franchise HP yang bisa memenuhi harapan para penggemar.**

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI