Siapa Pencipta Game Snake? Berikut 4 Fakta Menarik Game Snake yang Mendunia

Game Snake di HP Nokia (Foto: hmd.com)

Indogamers.com – Kamu pernah punya handphone Nokia 6110 atau 7110? Atau malah pernah main game Snake di HP orang tua kalian sampai tombol angka 2,4,6 dan 8-nya jadi error karena saking seringnya dimainin?

Game Snake yang awalnya memang muncul di handphone keluaran Nokia ini memiliki sejarah yang cukup panjang.

Pernah atau tidak kamu mainin game Snake, berikut 4 fakta dari game Snake yang mendunia.

Baca Juga: Nggemesin, PS Kontroler DualSense Baru Edisi Terbatas Fortnite yang Sudah Bisa pre-Order

1. Game Snake Pertama

Jauh sebelum ditemukannya konsol dan handphone, game Snake hanya bisa dimainkan di arcade dan saat itu belum bernama Snake seperti sekarang, pada masa itu game ini bernama Blockade yang dikembangan oleh Gremlin di tahun 1976.

Kemudian muncul game bertema ular yang bisa dimainkan di komputer bernama Snake Byte, yang dirilis oleh Sirius Software tahun 1982 untuk komputer Apple II, Atari 8-bit dan Commodore 64.

2. Awal Kepopuleran di Seluruh Dunia

Tahun 1998 Nokia 6110 dirilis ke pasar sekaligus membuat gebrakan baru, yang saat itu merupakan ponsel pertama yang memiliki game bersuara di dalamnya.

Baca Juga: 5 Game Mobile Islami yang Aman dan Mendidik untuk Anak di Era Digital

Game Snake itu sendiri diciptakan oleh Taneli Armanto yang saat itu menjabat sebagai Design Engineer di Nokia.

Dia mendapatkan permintaan dari tim marketing Nokia untuk membuat fitur baru di dalam ponsel terbaru mereka, awalnya Taneli ingin membuat game seperti Tetris, hanya saja memiliki masalah dengan hak cipta.

Kemudian dia memilih game bertema ular yang pernah ia mainkan di komputernya dulu. Saat Nokia 6110 rilis dengan cepat game Snake menjadi sangat populer di seluruh dunia.

Baca Juga: Avatar: The Last Airbender Siap Menjadi Game Terbesar dalam Sejarah Franchise

Setahun kemudian Nokia 7110 dirilis dan game snake yang populer itu bisa dimankan secara multiplayer dengan bantuan fitur inframerah yang merupakan fitur terbaru dari ponsel Nokia.

3. Versi lain game Snake

Tampaknya kala itu Snake tidak ingin menyia-nyiakan kepopulerannya, akhirnya dirilis lah game-game lain dengan cara bermain yang sama namun dengan peningkatan grafis.

Contohnya adalah Snake II yang dirilis tahun 2000, Snake EX yang dirilis tahun 2002 dan Snake Xenzia yang dirilis tahun 2003. Bahkan tidak sedikit developer lain yang menumpang dibawah payung kepopuleran dari Snake ini hingga sekarang.

Baca Juga: Until Dawn Berpotensi akan Punya Sekuel, Begini Bocorannya

4. Penghargan

Berkat game ini Taneli Armanto mendapatkan penghargaan dari MEF (Mobile Entertainment Forum) di London, Inggris pada tahun 2005. Dia layak mendapatkannya karena memiliki kontribusi terhadap industri game mobile.

Game Snake itu sendiri dikenal sebagai salah satu game mobile paling populer di dunia, tidak heran jika lebih dari empat ratus juta orang pernah memainkan game ini di seluruh dunia.

Snake sudah menjadi bagian dari sejarah game mobile yang bertebaran saat ini, dari awal kemunculannya hingga saat ini Snake sendiri telah menjadi ikon dari Nokia.

Snake telah menghibur jutaan orang bahkan telah meninggalkan kenangan tersendiri bagi setiap orang.

Penghargaan yang diterima Taneli Armanto menjadi bukti besarnya dampak yang diberikan game sederhana ini bagi kemajuan industri game khususnya mobile.

Snake akan selalu dikenang sebagai salah satu game mobile paling legendaris sepanjang masa.***

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI