Nintendo Resmi Umumkan Perilisan Nintendo Switch OLED, Apa Saja yang Beda Dibanding Model Sebelumnya?

null

Setelah dinantikan selama bertahun-tahun, versi baru dari Nintendo Switch akhirnya datang juga, yakni Nintendo Switch OLED yakni konsol Switch yang diupgrade dengan layar OLED. Apakah hanya itu saja?

IDGS, Rabu, 7 Juli 2021 - Nintendo Switch OLED akan diluncurkan pada 8 Oktober 2021 nanti seharga USD 349 atau sekitar 5 jutaan rupiah, tentunya belum termasuk pajak dan lain-lain ya.

Apa saja yang berbeda dari konsol Switch normal?

 

(Nintendo)

Seperti namanya, model baru kali ini dilengkapi layar OLED 7 inci yang lebih besar dan mutakhir dibanding layar LCD 6,2 inci dan 5,5 inci dari Switch dan Switch Lite. Layar OLED didesain untuk menyajikan warna gelap yang lebih dalam, warna yang lebih jernih dibanding LCD, serta setiap piksel dikendalikan secara individu.

Patut diingat bahwa meski telah dilengkapi layar OLED, resolusi Switch model baru ini tetap sama dengan model sebelumnya, yakni 720p. Jadi jangan berharap detil yang lebih halus dibandingkan Switch.

 

Docking baru untuk Switch OLED. (Nintendo)

Tidak hanya layar OLED saja, model Switch baru ini juga dilengkapi kaki penahan yang lebih lebar serta bisa diatur ke berbagai sudut, peningkatan dibandingkan penahan dari model sebelumnya yang terkesan kaku. Ada juga built-in Ethernet port bagi pemain yang ingin menggunakan internet kabel demi koneksi terbaik saat memainkan gim-gim yang membutuhkan koneksi kencang nan stabil.

https://youtu.be/4mHq6Y7JSmg

 

Dari segi storage, Switch OLED dibuat dengan 65GB onboard storage untuk mengunduh gim secara digital, atau dua kali lipat dari Switch dan Switch Lite. Selain itu menurut Nintendo, Switch OLED memiliki fitur "enhanced audio" dibandingkan dua model sebelumnya.

Bagaimana dengan spesifikasi? Sayangnya Switch OLED masih menggunakan prosesor, RAM, dan spesifikasi general yang sama dengan model pendahulunya, jadi jangan berharap akan peningkatan performa gaming ya.

 

(Nintendo)

Switch OLED juga datang dengan tema warna putih yang juga meliputi dua Joy Con controller dan dockingnya. Tentunya kamu masih bisa memesan warna standar hitam dengan Joy Con warna biru dan merah.

Lalu soal daya tahan baterai, Nintendo menjanjikan Switch dengan layar OLED ini bisa dipakai nge-game selama sembilan jam, sama seperti Switch yang ada saat ini. Meski dimensinya sedikit lebih besar dan berat, Switch baru ini mendukung JoyCon yang ada saat ini.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: The Verge

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI