Valve Luncurkan Fitur Anti-lag Bagi Dota 2

null

Valve baru-baru ini memperkenalkan fitur kompensasi lag di Dota 2 yang membuat gameplay lebih lancar bagi pemain dengan ping tinggi. 

IDGS, Sabtu, 17 Juli 2021 - Buat kamu yang bermain Dota 2 mungkin akhir-akhir ini merasakan perubahan dalam kelancaran bermain. Fitur kompensasi lag dari Valve ini telah diimplementasikan secara global di server Dota 2 selama lima hari dan bagi mereka yang memiliki ping tinggi bisa jadi sudah merasakan bedanya.

Jeff Hill, seorang pegawai Valve, menjelaskan lebih detail mengenai fitur kompensasi lag ini di Reddit. Ia menjelaskan bagaimana fitur ini bekerja dengan memberi contoh tentang "last hit" dalam Dota 2.

"Jika kamu melakukan klik kanan dengan Drow [Ranger] ke sebuah creep, ini yang akan terjadi dengan ping 100ms: klien mengirim perintah ke server dalam waktu 100ms (milisecond), server menerima perintah, dan Drow baru mulai menembak, anak panah keluar kurang lebih 400ms kemudian. Dengan demikian total waktu dari kamu mengklik kanan hingga anak panah Drow keluar kurang lebih adalah 500 ms. 

Fitur kompensasi lag ini melakukan hal yang mirip dalam hero demo mode di mana kamu bermain secara lokal dengan 0 ping. Klik kanan ---> klien mengirim perintah ke sever (100ms) ---> server menerima perintah ---> Drow mulai menembak anak panah dan menyelesaikan animasi pre-shooting (tanpa menunggu jawaban dari server). Ini berarti total waktu yang dibutuhkan untuk melakukan last hit adalah 400ms, yang tak lain adalah durasi dari animasi."

Dengan fitur ini, Jeff mengklaim bahwa pemain dengan ping tinggi bisa lebih konsisten dalam menyerang, berganti arah, atau casting spell.

Reaksi komunitas Dota 2

Meski memang diciptakan untuk tujuan membantu para pemain dengan ping tinggi serta mereka yang ingin bermain di wilayah lain, fitur kompensasi lag ini tidak luput dari kekhawatiran para pemain. Sebagian pemain menilai fitur ini malah akan membuat gameplay sedikit kacau jika ada pemain dengan ping sangat tinggi mencapai 250ms. Misalnya, pemain akan terkejut melihat bagaimana Mirana meng-cast skill Arrow-nya lebih cepat dari biasanya karena efek animasi yang dipercepat demi mengkompensasi ping begitu tinggi tinggi.

Jeff Hill merespon bahwa Valve membatasi ping yang mendapat kompensasi lag ini, yakni 67ms-100ms saja. Tentunya, fitur baru ini masih dalam tahap testing sehingga kemungkinan akan banyak perubahan terjadi.

 

(Stefanus/IDGS)


Gambar fitur: AFKgaming/Valve

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI