logo

Segera Hadir, Baparekraf Game Prime 2021 Online Mengusung Tema #MainGameLokal

Stefanus Wahyu
Senin 02 Agustus 2021, 16:46 WIB

Event industri gim terbesar di Indonesia bertajuk Baparekraf Game Prime 2021 Online akan berlangsung pada tanggal 6 hingga 8 Agustus 2021 mendatang.

IDGS, Senin, 2 Agustus 2021 - Acara tahunan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Bapekraf) bersama Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID.

Mengusung konsep #MainGameLokal, Bapekraf Game Prime 2021 akan menjadi wadah bagi para pegiat industri gim untuk menunjukkan karya mereka serta meningkatkan kesadaran akan gim buatan lokal, sekaligus sebagai ajang apresiasi gim lokal sebagai pilihan utama yang patut didukung.

Pelaksanaan dari Baparekraf Game Prime 2021 Online akan menyesuaikan dengan keadaan pandemi saat ini, yaitu penonton bisa menyaksikan secara langsung melalui penayangan online.

 

 

Rangkaian acara

Walau pandemi masih melanda, Baparekraf Game Prime tetap berkomitmen untuk menyuguhkan acara esports, gim, edukasi, hingga hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara online atau daring.

Konsep daring yang dibawa oleh Baparekraf Game Prime 2021 Online sebelumnya sudah dilangsungkan pada Baparekraf Game Prime 2020 silam dan disambut dengan animo tinggi oleh para gimr maupun kalangan umum yang menyaksikan secara daring maupun yang mengikuti webinar dan masterclass.

Rangkaian acara yang akan berlangsung dan bisa disaksikan oleh para penonton adalah Online Game Exhibition, Gameprime Show, Game Prime Award, Online Game Development Conference and Class, dan turnamen esports Free Fire Tournament yang akan mengundang tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online. 

Rangkaian Baparekraf Game Prime 2021 Online akan berlangsung mulai tanggal 2 Agustus 2021 hingga tanggal 8 Agustus 2021. Rangkaian acara dimulai dengan Road to Online Exhibition Game Prime yang melibatkan para content creator lokal yang akan memainkan gim lokal terbaik dari tahun 2020 ke belakang, kemudian Game Prime show, online exhibition, online gim development conference and class, dan grand final Free Fire Esport Tournament, serta puncaknya adalah Game Prime 2021 Awards.

Berikut adalah rangkaian acara Baparekraf Game Prime 2021 Online:

  • 2 - 6 Agustus 2021¬†¬†¬†¬†¬† : Road to Online Exhibition Game Prime.
  • 6 Agustus 2021¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Online Game Conference Development dan Class.
  • 7 Agustus 2021¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Esport tournament dan Game Prime Show live di YouTube AGI.
  • 8 Agustus 2021¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Esport tournament dan Game Prime Awards live di YouTube AGI.

Kehadiran Baparekraf Game Prime 2021 Online juga merupakan salah satu program nyata dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI dalam mengembangkan industri kreatif maupun gim Indonesia.

Sebelumnya KEMENPAREKRAF juga memiliki rangkaian program lain untuk mendukung perkembangan gim Indonesia yaitu GELORA (Game Lokal Kreasi Indonesia) yang memberikan pendanaan untuk membuat gim, Archipelageek yang memberikan jalan bagi developer lokal untuk membawa gimnya ke ajang Internasional yaitu Gamescom serta Tokyo Game Show, serta penyaluran Bantuan Insentif Pemerintah yang memberikan hibah senilai hingga 200 juta rupiah bagi sektor kreatif.

Dari Asosiasi Game Indonesia menambahkan bahwa kehadiran program Beli Game Lokal selama gelaran Baparekraf Game Prime 2021 Online dan bisa menjadi wujud dukungan bagi karya-karya developer gim lokal Indonesia untuk lebih banyak dimainkan khususnya oleh gimr Indonesia.

Beli Game Lokal adalah kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia, dan eCommerce ternama di Indonesia untuk membawa pulang gim-game terbaik karya kita sendiri ke dalam negeri, dan memperkenalkan mereka ke pemain gim di Indonesia. Melalui program ini, diharapkan para pemain di Indonesia dapat lebih mudah mencoba gim buatan negeri sendiri, dan merasakan kualitas gim-game lokal yang luar biasa.

 

 

Program ini adalah langkah awal untuk mengubah sudut pandang pemain gim di Indonesia. Setelah merasakan kualitas gim buatan negeri sendiri, diharapkan di masa depan para pemain semakin terbuka terhadap gim-game lokal. Jalan masih panjang, namun Beli Game Lokal adalah bukti bahwa kita bukan hanya bermimpi bahwa suatu hari gim lokal akan berjaya di Indonesia, tapi juga mengambil gerakan nyata untuk mencapai impian tersebut.

Masih dalam rangkaian pelaksanaan Baparekraf Game Prime 2021 Online sekaligus mendukung gim lokal dan merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif akan me-launching program Beli Game Lokal.

Pelaksanaan program Beli Game Lokal ini merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf bersama dengan eCommerce di Indonesia melalui pemberian insentif gim-game lokal Indonesia dengan nilai diskon sampai dengan seratus ribu rupiah. Akan ada 20 gim lokal berbasis PC yang akan mendapat promosi di berbagai marketplace yaitu Bukalapak, JD.ID, Shopee, dan Tokopedia dari tanggal 2 Agustus 2021 sampai dengan 8 Agustus 2021.

Harapannya program ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan konsumsi gim lokal di Indonesia semakin meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa  kualitas produk gim lokal tidak kalah dengan produk gim negara lain. ujar Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf.

Program Beli Game Lokal

Untuk gimr yang hendak membeli gim lokal Indonesia,  masih dalam rangkaian pelaksanaan Baparekraf Game Prime 2021 Online sekaligus mendukung gim lokal dan merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif akan me-launching program Beli Game Lokal.

 

 

Pelaksanaan program Beli Game Lokal ini merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf bersama dengan eCommerce di Indonesia melalui pemberian insentif gim-game lokal Indonesia dengan nilai diskon sampai dengan seratus ribu rupiah. Akan ada 20 gim lokal berbasis PC yang akan mendapat promosi di berbagai marketplace yaitu Bukalapak, JD.ID, Shopee, dan Tokopedia dari tanggal 2 Agustus 2021 sampai dengan 8 Agustus 2021.

Online Game Exhibition

Developer gim lokal Indonesia sudah memiliki banyak karya gim yang sudah dihasilkan dan dipublikasikan bahkan dimainkan oleh gimr di seluruh dunia. Namun tidak sedikit gimr maupun masyarakat umum di Indonesia yang tidak tahu dan tidak memainkan gim karya developer lokal Indonesia.

Baparekraf Game Prime 2021 Online menghadirkan Online Game Exhibition yang menjadi wadah untuk menampilkan 40 gim karya developer lokal Indonesia yang lolos kurasi di gameprime.org. Dari 40 gim yang nantinya akan mengisi Online Game Exhibition, akan disaring menjadi 10 gim terbaik, dan akan dimainkan oleh konten kreator pada tanggal 7-8 Agustus 2021 di kanal YouTube masing-masing konten kreator.

Berikut adalah jadwal review gim lokal dari para konten kreator di Online Game Exhibition Baparekraf Game Prime 2021 Online:

7 Agustus 2021

Pukul 13:00 WIB         : Review Coffe Talk, Stellagale the trials of faith oleh danidjidat di Kanal Twitch danidjidat

Pukul 14:10 WIB         : Review Escape From Naraka, Samudra oleh Anaktua di kanal YouTube Anak Tua

Pukul 15:10 WIB         : Review Rage in Peace, Rendezvous oleh rizkymaingame di kanal Twitch Rizkimaingame

8 Agustus 2021

  • Pukul 13:10 WIB¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Review Rising Hell, When the past was around oleh The Lazy Monday di Kanal YouTube The Lazy Monday

  • Pukul 14:10 WIB¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† : Review Rocky Rampage, Epic Conquest 2 oleh Pokopow di kanal YouTube Pokopow

Online gim exhibition menjadi salah satu bagian yang penting dari Baparekraf Game Prime 2021 Online karena menjadi salah satu peluang untuk meningkatkan potensi dari industri kreatif Indonesia, khususnya produk gim itu sendiri, untuk lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Game Prime Show

Game Prime Show akan hadir dan memberi beragam informasi terkait perkembangan industri gim Indonesia, serta memberi kesempatan bagi berbagai studio developer gim Indonesia untuk memberikan update mengenai berbagai hal terkait pengembangan gim yang sedang maupun akan dilakukan.

 

 

Juga tentunya akan ada berbagai informasi penting pemerintah Indonesia khususnya dalam program-program untuk mendukung perkembangan industri gim di Indonesia khususnya dukungan terhadap studio-studio gim lokal Indonesia.

Game Prime Awards

Game Prime Awards adalah ajang penghargaan bagi gim-game lokal karya anak bangsa, dan tentunya juga penghargaan bagi para pengembang atau studio gim yang membuat sebuah karya.

Penghargaan ini akan diberikan kepada berbagai gim sesuai dengan nominasi, dan tentunya juga dengan tokoh-tokoh yang selama ini berjuang untuk mengembangkan industri gim tanah air.

Online Game Conference Development and Class

Bagi para pengembang maupun yang berminat untuk mengembangkan gim di Indonesia, Online Game Conference Development and Class akan memberikan berbagai informasi, insight, hingga berbagai pengalaman dari pembicara sebagai ilmu untuk mengembangkan industri gim di Indonesia.

Akan ada sesi Conference yang akan berisi 5 sesi dengan topik menarik terkait pengembangan gim di Indonesia, dan tentunya menghadirkan pembicara yang sudah berpengalaman yaitu Muhammad Neil El Himam (Baparekraf), Cipto Adiguno (AGI), Ricky Setiawan (GGWP.ID), Kriswin Yuniar (Tahoe Games), Aditia Dwiperdana (GameTalent.id), Darang S. Candra (Niko Partners), Danny Ardianto (Google), dan Soma Putra (Stairway Games).

Ada juga sesi Class yang akan membahas mengenai topik-topik untuk menumbuhkan minat dalam pengembangan gim sebagai dasar atau langkah awal untuk terjun sebagai pengembang atau developer gim.Sesi Class akan menghadirkan Muhammad Gyan (Gambir Studio), Daniel William (Arcadesindo), dan Guntur Sarwohadi (GaweGame) sebagai pembicara.

Baparekraf Game Prime 2021 Online Free Fire Esport Tournament

12 tim Free Fire yang terdiri dari 10 tim profesional dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online akan bertanding memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah. pada tanggal 7-8 Agustus 2021 di Baparekraf Game Prime 2021 Online Free Fire Esport Tournament!

Seluruh tim yang akan bertanding adalah First Raider, Saudara Esports, Redbull Rebellion, EVOS Immortal, Onic Esports, The Pillars Esports, Rosugo Esports, Aura Esports, Dewa United Esports, Boom Esports, dan dua tim dari kualifikasi road to Baparekraf Game Prime 2021 Online yaitu Orion Elite dan LGK Esports.

 

(stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
Mobile05 Juli 2024, 03:38 WIB

Daftar Skin Nana di Mobile Legends, Bikin Lawan Jadi Jengkel

Nana merupakan salah satu hero mage support terkenal menyebalkan di Mobile Legends, serta memiliki beberapa skin yang dapat digunakan.
Nana Mobile Legends (FOTO: Repro/Moonton)
E-Sport05 Juli 2024, 03:12 WIB

5 Pasangan Hero Mobile Legends yang Menjalin Asmara

Tak hanya sebagai permainan, tetapi ada kisah cinta di balik para hero Mobile Legends yang dikemas dengan cerita yang menarik.
Miya Mobile Legends (FOTO: Repro/Moonton)
Mobile05 Juli 2024, 01:37 WIB

Rekomendasi 5 Game Mirip Minecraft, Bisa untuk iPhone dan Android!

Game Minecraft menjadi salah satu jenis permainan sandbox legendaris dan bisa dibilang sebagai pelopornya. Game ini dapat membangun kreativitas pada setiap pemain.
Portal Nether. (Sumber: Minecraft)
E-Sport05 Juli 2024, 01:11 WIB

5 Coach Mobile Legends yang Pamit Usai Gelaran MPL ID S13

Usai pertandingan MPL Indonesia Season 13, banyak para coach yang pamit mengundurkan diri dari timnya, seperti RRQ Hoshi, Bigetron Alpha, dan Rebellion Esports.
Coach Vren (FOTO: YouTube/Team RRQ)
Mobile04 Juli 2024, 23:36 WIB

20 Game untuk Pengguna iPhone, Dijamin Bikin Ketagihan!

Meskipun iOS jarang dipakai untuk mengunduh game di dalamnya dengan alasan takut membuatnya menjadi berat, tetapi banyak jenis game ringan bisa untuk dimainkan.
iPhone (FOTO: AirDroid)
E-Sport04 Juli 2024, 23:10 WIB

Coach Razeboy Resmi Pisah dengan BTR Alpha, Selanjutnya Berlabuh Kemana?

Kabar mengejutkan kembali hadir dengan pisahnya Coach Razeboy dari Bigetron Alpha dan tidak memberikan komentar akan berlabuh ke mana kedepannya.
Coach Razeboy Bigetron Alpha (FOTO: Labviral.com/Ica Juniyanti)
E-Sport04 Juli 2024, 21:35 WIB

Profil Roster Fnatic ONIC, Perwakilan Tim MLBB Indonesia di MSC 2024

Fnatic ONIC menjadi salah satu perwakilan yang bertanding di Mid Season Cup (MSC) 2024 Riyadh, Arab Saudi dan tidak adanya perubahan roster.
Fnatic Onic (FOTO: MPL Indonesia)
Guides04 Juli 2024, 21:09 WIB

Stardew Valley: Cara Mudah Dapat Item Secara Halal

Cara mudah dapatkan item dan uang secara halal di Stardew Valley.
Bus di Stardew Valley (FOTO: GameRant.com)
Guides04 Juli 2024, 20:25 WIB

Cara Membuat Map di Minecraft dengan Mudah

Berikut panduan langkah demi langkah cara membuat map atau peta di game Minecraft dengan mudah.
Peta di Minecraft. (Sumber: Bussines Insider)
Guides04 Juli 2024, 19:34 WIB

Cara Main dan Instal Stardew Valley, Game PC Ringan Tema Berkebun

Cara instal game Stardew Valley, permainan dengan tema berkebun. Game PC yang sangat ringan!
Stardew Valley (FOTO: Stardew Valley)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.