Review Glyph – Tantangan Memurnikan Kembali Heart of Creation

Contoh rintangan di Glyph.

INDOGAMERS.ID  Mari eksplorasi gim indie. Kali ini IDGS berkesempatan menjajal gim 3D platformer dari developer Bolverk Games asal Copenhagen, Denmark berjudul Glyph. Glyph pertama kali rilis di Nintendo Switch pada 1 Februari 2021 lalu. Mendapatkan nilai-nilai review tergolong oke, membuat kami tertarik memainkan versi Steam yang rilis 9 Agustus ini. Berikut review Glyph yang Tim Review IDGS diwakili saya, deJeer.

Sederhana dan menyenangkan, begitulah komentar pertama ketika memainkan Glyph. Di awal permainan, pemain dikenalkan latar belakang cerita gim. Cerita bermula saat NPC bernama Anobi membangkitkan Glyph, karakter utama yang dimainkan. Glyph mempunyai misi memurnikan kembali The Corrupted Heart of Creation. Untuk menjalankan misinya, Glyph harus mengumpulkan Power Gem, Coin, dan Artifacts guna membuka portal petualangan ke Temple City of Aaru.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=HzVzwOqk6Ds[/embedyt]

Glyph memiliki 6 mekanisme kemampuan utama; Jump, Charge, Double Jump, Glide, Wall Climbing, dan Smash untuk melewati rintangan. Bisa dikatakan mekanisme sederhana, namun tidak sesederhana itu untuk ahli menggunakannya. Ada 2 jenis tantangan yaitu Exploration dan Time Trial. Pemain ditantang memiliki ketepatan waktu eksekusi kemampuan, terutama di stage dengan tingkat kesusahan 3 hingga 5 tengkorak (pengganti bintang/ angka tingkat kesusahan). Time Trial sendiri memiliki 3 nilai waktu; Gold, Bronze, dan Silver. Pemain perlu mencetak nilai waktu Gold jika ingin mendapatkan semua Power Gem tersedia.

Level Select Glyph ketika sudah terbuka.

Pemain disuguhkan 22 portal berisi total;

  • 10 level Tutorial
  • 50 level Exploration
  • 25 level Time Trial
  • 1 level Boss

Asik, unik, dan kemudian berbagai hal menyebalkan dan memancing emosi muncul. Glyph akan reset kembali ke titik awal ketika meledak. Rintangan pertama diperkenalkan adalah pasir. Ya, kalian tidak salah dengar. Glyph akan meledak jika menyentuh pasir. Anobi menjelaskan bahwa pasir juga ikut terkontaminasi akibat kekuatan jahat. Beberapa hal selain pasir yang bisa membuat Glyph meledak adalah panel merah, api, lava, tombak muncul dari tembok dan pasir, serta permukaan selain bangunan/ reuntuhan.

Contoh rintangan di Glyph.

Adapun contoh mekanisme lain dalam permainan yang membuat permainan seru antara lain Energy Ring, Fragile Platform, dan musuh yang bisa menabrak atau menembakimu hingga terpental ke area tidak aman kemudian meledak. Sebagai catatan, semua yang pemain dapatkan kecuali Coin dan Artifact akan kembali pada tempatnya ketika Glyph meledak, jadi kamu harus ulangi mendapatkannya. Ada Steam Achievement Pain & Suffering ketika Glyph meledak saat membawa 3 Key.

Avatar/ skin Glyph.

Trail/ jejak ekor dan efek di Glyph.

Hal menarik dan menyenangkan dari Glyph bisa dikatakan adalah pemain bisa mendapatkan Avatar (kosmetik skin) dan Trail (kosmetik efek aura) secara gratis. Total ada 53 Avatar dan 26 Trail yang bisa dimiliki. Di stage Exploration, pemain perlu membuka tombol rahasia untuk memunculkan Avatar Capsule. Pemain perlu berusaha menggapai jika ingin mendapatkannya, pastinya dengan tantangan variatif tiap levelnya. Lain halnya dengan Trail, pemain perlu mendapatkan nilai waktu Gold untuk mendapatkannya. Menurut saya lebih dibutukan kemampuan menggunakan skill dan manajemen emosi itulah kenapa saya tidak bisa mendapatkan semua Trail yang ada, haha.

Bos The Guardian (corrupted).

Pertarungan melawan bos The Guardian justru terasa kurang menantang. Ya, memang membutuhkan kemampuan ketepatan eksekusi. Namun ketika sudah melewati semua stage yang ada, saya rasa kemampuan itu sudah lebih dari cukup terasah untuk melawan The Guardian. Hal tersulit menurut saya (selain beberapa Time Trial) adalah mendapatkan Avatar Capsule di belakang robot kaki seribu raksasa pada stage Mad Hermit.

Avatar Punkkin + Trail Gold Glitter

Meski memang beberapa stage berpotensi memancing emosi, Glyph adalah gim menarik yang layak dicoba. Terlebih jika mengingat Glyph memberikan kosmetik (Avatar dan Trail) gratis di setiap stage. Bisa dikatakan ada reward di setiap perjuangan, sebuah nilai plus. Favorit saya adalah Avatar Punkkin dan Trail Gold Glitter. Kekurangan Glyph saya rasakan adalah misteri/ teka-teki yang biasa saja dan level bos The Guardian yang kurang menantang. Satu hal yang tidak saya bahas sampai di sini adalah soal grafis. Menurut saya, grafis environment yang ada sudah cukup. Toh, pemain diberikan opsi Avatar dan Trail Glyph yang menarik, cukup indah secara visual.

Secara garis besar, buat kamu penyuka tantangan ketepatan waktu penggunaan skill, kami bisa merekomendasikan Glyph untuk dimainkan. Glyph versi Steam ditawarkan seharga Rp 108.999,- dengan diskon 15% menjadi Rp 92.649,- hingga 17 Agustus. Mantap, Bolverk Games!

(IDGS/ deJeer)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI