logo

Resmi, Esports Akan Dipertandingkan dalam PON XX Papua 2021, Pertama Dalam Sejarah!

Stefanus Wahyu
Kamis 19 Agustus 2021, 13:06 WIB

Esports akhirnya akan dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 meski masih berstatus ekshibisi. 

IDGS, Kamis, 19 Agustus 2021 - Peresmian eSports sebagai cabang olahraga ekshibisi dalam PON XX Papua 2021 dilakukan oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) lewat jumpa pers hari Rabu (18/7/2021) di kantornya di bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan yang juga dihadiri secara langsung oleh Sekjen Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Ade Lukman.

Ini adalah pertama kali dalam sejarah di mana olahraga eSports masuk dalam rangkaian PON, kata Ketua Harian PBESI Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum dalam keterangan persnya.

 

 

Istilah "cabang olahraga ekshibisi" berarti suatu cabang tersebut turut dipertandingkan dalam event multiolahraga sebagai percobaan atau percontohan dengan kemungkinan akan dipertandingkan sebagai cabang olahraga resmi dalam event-event selanjutnya.

Untuk PON XX Papua 2021, cabor ekshibisi eSports akan mempertandingkan tiga cabang gim, yakni eFootball (PES) 2021, Mobile Legends: Bang Bang, dan Free Fire.

Tiga gim yang sudah resmi akan dipertandingkan dalam cabang ekshibisi eSports di PON XX Papua 2021. (Konami/Moonton/Garena)

Gim Mobile Moba bikinan dalam negeri, Lokapala, disebut-sebut juga akan turut dipertandingkan namun sampai berita ini ditulis belum ada kepastian mengenai keikutsertaan Lokapala dalam PON XX Papua 2021.

 

 

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional (KONI) juga telah menyatakan bahwa Esports secara resmi menjadi cabang olahraga prestasi dengan bergabungnya PBESI yang dipimpin oleh Jenderal Pol. (P) Prof. Dr. Budi Gunawan, S.H., M.Si. sebagai ketua umum.

Nantinya, atlet-atlet esports yang terbaik dalam Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 ini mendapatkan kesempatan untuk menjalani pemusatan latihan di Pelatnas dan dibina langsung oleh PBESI. Mereka akan dipersiapkan untuk mengikuti turnamen-turnamen esports internasional dan mewakili Indonesia untuk mengikuti kejuaraan multievent, seperti Sea Games, Asian Games, dan lainnya.

 

 

Daftar lewat platform Garudaku

Sekjen PBESI Frengky Ong menambahkan, untuk tahap pendaftaran, calon peserta harus mendaftarkan diri di platform Garudaku. Tahap pendaftaran akan dibuka sejak 18 Agustus 2021.  Peserta yang ikut harus mewakili daerah masing-masing sesuai dengan daerah domisili di KTP atau KIA.

Platform Garudaku sendiri adalah platform digital khusus yang dikelola dengan tujuan demi memajukan olahraga eSports Tanah Air dan secara resmi berada di bawah naungan PBESI. Platform Garudaku akan digunakan pertama kalinya dalam PON XX Papua 2021 untuk proses pendaftaran hingga teknis penyelenggaraan. Aplikasi ini dapat diakses di tautan berikut ini: https://garudaku.com/pon.

Sekjen PBESI Frengky Ong menambahkan, untuk tahap pendaftaran, calon peserta harus mendaftarkan diri di platform Garudaku. Tahap pendaftaran akan dibuka sejak 18 Agustus 2021.  Peserta yang ikut harus mewakili daerah masing-masing sesuai dengan daerah domisili di KTP atau KIA.

Babak kualifikasi digelar secara virtual

Setelah pendaftaran ditutup, tahap selanjutnya adalah babak kualifikasi yang akan diselenggarakan 26 Agustus-5 September 2021. Khusus untuk eFootball PES 2021 akan dibagi menjadi 6 Grup. Rinciannya adalah:

Grup AGrup BGrup C
DKI JakartaKalimantan BaratSulawesi Utara
Jawa BaratKalimantan TengahSulawesi Tengah
Jawa TengahKalimantan SelatanSulawesi Selatan
DI YogyakartaKalimantan TimurSulawesi Barat
Jawa TimurKalimantan UtaraSulawesi Tenggara

Grup DGrup EGrup F
Kepulauan BabelAcehKepulauan Riau
BantenSumatera UtaraMaluku
BaliSumatera BaratMaluku Utara
Nusa Tenggara TimurSumatera SelatanGorontalo
Nusa Tenggara BaratRiauBengkulu
Papua BaratJambiLampung

Babak kualifikasi provinsi ini bersifat terbuka dan digelar secara virtual. Pada babak ini, akan dicari 1 atlet atau tim terbaik dari masing-masing kategori. Jadi, nanti akan didapat 34 perwakilan tim dari masing-masing cabang gim, kata Frengky. Atlet atau tim terbaik di setiap provinsi inilah yang nanti akan bertanding di ajang Pra-PON yang akan dilangsungkan pada 7-14 September 2021.

Babak Pra-PON akan mempertemukan peserta dari 33 provinsi secara acak dan dilakukan secara daring. Mereka akan memperebutkan 11 tim terbaik Free Fire, 5 tim terbaik Mobile Legends dan 5 orang terbaik eFootball PES 2021.

 

 

Semua atlet dan tim terbaik itu akan diterbangkan ke Papua untuk mengikuti babak final di main event PON XX Papua 2021. Yaitu pada 22 hingga 26 September 2021. Di babak final mereka akan bertanding memperebutkan gelar juara di masing-masing gim, tambah Frengky.

Sebagai tambahan informasi, khusus perwakilan provinsi Papua tidak mengikuti Pra-PON karena otomatis lolos ke babak final sebagai tuan rumah.

Lebih lanjut Frengky menerangkan, dalam gelaran Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 ini, PBESI bekerjasama dengan masing-masing game publisher. Kami saling bahu membahu untuk mengadakan eksibisi esports ini dengan meriah agar menjadi tonggak sejarah esports eksibisi pertama kali dipertandingkan di PON, kata Frengky.

Terkait pendanaan penyelenggaran gim dalam Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 dilakukan secara swadaya dari masing-masing game publisher. Sehingga setiap game publisher bertanggung jawab terhadap produknya masing-masing.

 

 

Masing-masing game publisher mendanai dan bertanggung jawab terhadap gim yang dipertandingkan, sementara PBESI sebagai regulator dan federasi esports resmi di bawah pemerintah Indonesia bertanggung jawab terhadap keseluruhan rangkaian acara eksibisi esports PON ini, tambahnya.

Ia juga menyatakan bahwa PBESI selalu membuka ruang terhadap semua gim esports yang ingin berkontribusi bagi bangsa di eksibisi esports dan mengembangkan ekosistem esports di tanah air.

Jadi jika ada gim tidak bisa ikut ke Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 itu pasti atas kehendak game publisher masing-masing dan bukan kehendak PBESI. Sebab PBESI tidak pernah melarang game publisher ikut bersama-sama di Eksibisi Esports PON XX Papua 2021 ini, ungkapnya.

 

(stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
Gadget06 Agustus 2024, 23:36 WIB

4 Rekomendasi HP OPPO Tahan Air dan Debu Beserta Harganya

Berikut adalah 4 rekomendasi HP OPPO tahan air dan debu beserta harganya:
OPPO A3 Pro 5G (FOTO: OPPO A3 Pro 5G)
Gadget06 Agustus 2024, 23:10 WIB

4 Perbedaan Redmi Pad dan Redmi Pad Pro

Berikut adalah 4 perbedaan Redmi Pad dan Redmi Pad Pro
Spesifikasi dan Harga Redmi Pad Pro (FOTO: mi.co.id)
Gadget06 Agustus 2024, 21:35 WIB

Perbedaan Smartphone Tecno Camon 20 dan Camon 30

Berikut adalah perbedaan smartphone Tecno Camon 20 dan Camon 30
Tecno Camon 30 (FOTO: Tecno Camon 30)
Guides06 Agustus 2024, 21:09 WIB

Rekomendasi Build Item Ming Honor of Kings, Roamer Kebal Sampai Final

Rekomendasi Build Item yang digunakan dalam memakai Ming di Honor of Kings
Ming Honor of Kings (FOTO: Ming/Honor of Kings)
Guides06 Agustus 2024, 20:43 WIB

Cara Ekspor Kontak dari Gmail Lewat HP, Dijamin Mudah dan Cepat

Ekspor kontak dari Gmail juga berguna untuk menyinkronkan kontak dengan aplikasi tertentu yang membutuhkan akses kontak.
Ilustrasi Gmail (FOTO: pinterest.com)
E-Sport06 Agustus 2024, 20:28 WIB

Daftar Roaster Fanatic Onic di MPL ID Season 14, Rombak Ulang Tanpa Kapten Buts

Memperbaiki kekalahan dan performa yang kurang maksimal, kali ini di MPL ID Season 14 Tim Fanatic Onic mengalami perombakan roaster. Berikut daftar Roaster termasuk Coach Onic di MPL ID Season 14
Tim Fanatic Onic (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Guides06 Agustus 2024, 20:28 WIB

Fitur Unggul Honor of Kings yang Tidak Ada di Mobile Legends

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang keunggulan Honor of Kings dan mengapa game ini lebih populer di kalangan penggemar game MOBA meskipun masih menjadi pendatang baru di Indonesia.
Skin Bruce Lee Honor of Kings (FOTO: Instagram/honorofkings.indonesia)
Guides06 Agustus 2024, 20:27 WIB

Pahami! Daftar Urutan Rangking Honor of Kings dan Mobile Legends

Meskipun keduanya memiliki kesamaan namun untuk urutan rangking memiliki perbedaan. Berikut urutan rangking lengkap Honor of Kings dan Mobile Legends yang perlu kamu ketahui:
Honor of Kings Rank (FOTO: Tencent)
Guides06 Agustus 2024, 20:27 WIB

Perbedaan Role Permainan Honor of Kings dan Mobile Legends

Role memiliki tugas dan fungsi yang berbeda-beda, sehingga pemain harus memahami dan menguasai role yang mereka jalankan untuk mendapatkan kemenangan.
Role yang ada di Mobile Legends
Console06 Agustus 2024, 20:27 WIB

10 Game Open World dengan Cerita Paling Keren, Wajib Banget Kamu Mainin!

Di artikel ini, kita bakal ngebahas 10 game open-world dengan cerita paling keren yang wajib banget kamu mainin.
10 Game Open World dengan Cerita Paling Keren, Wajib Banget Kamu Mainin!(FOTO: CD Projekt)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+62851 8306 6952

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.