Studi Menunjukkan, Dota 2 dan Valorant Jadi Gim Online Ter-toxic di Amerika

null

Gim online apa yang komunitasnya paling toxic di dunia? Mungkin bagi gamer Indonesia, langsung menjawab gim-gim mobile macam ML (ehem). Hanya saja di Barat, gim online PC masih lebih populer sehingga komunitas toxic pun disumbang oleh gim-gim PC. 

IDGS, Sabtu, 25 September 2021 - Berdasarkan studi yang digelar oleh Newzoo bekerjasama dengan Anti-Defamation League (ADL), Valorant ditasbihkan sebagai gim online dengan komunitas ter-toxic di Amerika Serikat pada tahun 2021 ini di mana 79% pemainnya pernah melaporkan menerima perundungan di dalam gim.

Menguntit dengan ketat di posisi kedua adalah Dota 2 dengan 78%.

Sebaliknya, Mincraft menjadi gim online dengan tingkat toxic terendah pada komunitasnya yakni hanya 46% satu-satunya gim yang mampu meraih hasil di bawah 50%.

Hasil itu didapat berdasarkan data yang dikumpulkan dari 2.206 gamer di Amerika Serikat yang terdiri dari 542 remaja usia 13-17 dan 1.664 orang di usia 18-45 tahun yang memainkan berbagai gim.

 

(Sumber: ADL)

Dota 2 dan Valorant untuk kedua kalinya memuncaki daftar gim online dengan komunitas ter-toxic di Amerika Serikat. Studi yang sama pada tahun lalu juga menunjukkan hasil yang mirip di mana Dota 2 dan Valorant sama-sama memimpin dengan 80%.

Wah apakah studi yang sama juga akan dilakukan di Indonesia ya? Pasti seru tuh hasilnya hehe.

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI