Hadiah Anniversary Dinilai Mengecewakan, Genshin Impact Kena Review Bombing, Rating 4,6 Jadi 2,0

null

Para pemain Genshin Impact merasa tidak puas dengan hadiah anniversary dari gim kreasi miHoyo itu dan mengungkapkannya dengan review bombing. 

IDGS, Rabu, 29 September 2021 - Rating Genshin Impact di Play Store mencermikan kemarahan para pemain, di mana rating tersebut turun dengan cepat dalam tempo beberapa jam saja.

Dari pantauan Indogamers, pada hari ultah pertama Genshin Impact yang jatuh pada Selasa (28/9/2021) kemarin, rating Genshin Impact yang pada pukul 15.00 WIB masih berada di angka 4,6 turun drastis menjadi 2,0 pada Rabu (29/9/2021) sekitar pukul 02.00 WIB dinihari. Pada saat artikel ini ditulis, rating Genshin Impact membaik namun hanya sedikit, yakni 2,4.

Sejauh ini, giveaway yang diberikan oleh miHoYo kepada para pemain Genshin Impact berupa login giveaway dengan total hadiah 10 Interwined Wish (kurs di dalam gim yang digunakan untuk menggacha) dan beberapa hadiah remeh lain, yang Indogamers taksir bernilai kurang lebih Rp 300 ribu rupiah termasuk pajak. Hadiah itu dianggap kurang karena memang menggacha 10 kali seperti tidak ada apa-apanya karena garansi untuk mendapatkan karakter yang tengah dijadikan banner fitur membutuhkan setidaknya 170 kali gacha.

Review bombing di Play Store

Menurut pendapat Indogamers, fenomena ini bisa jadi adalah kesalahan pahaman dari mayoritas pemain Genshin Impact yang baru pertama kali bermain gim gacha. Pada umumnya, gim gacha, terutama dari China, memang tidak mematok perayaan hari jadinya tepat di tanggal ultah. Sehingga kemungkinan, hadiah-hadiah yang saat ini diberikan oleh miHoYo bisa jadi bukan hadiah dari 1st anniversary, namun merupakan bagian dari event versi 2.1 dengan event Moonchase sebagai puncaknya.

 

Poster Genshin Impact 2.1. (miHoYo)

miHoYo sendir itelah mengumumkan acara live streaming anniversary akan digelar pada 3 Oktober 2021, sehingga besar kemungkinan hadiah anniversary yang asli baru akan diungkap dalam live streaming tersebut. Apalagi mengingat bahwa 1 Oktober merupakan Hari Nasional China, sehingga bisa saja miHoYo menghindari kesan buruk dari pemerintah apabila mereka merayakan anniversary gim andalannya berdekatan dengan hari tersebut, di mana waktui dua hari saja tentunya kurang untuk merayakan anniversary, dan apabila event anniversary berlangsung sampai tanggal 1 Oktober maka hal itu bisa jadi nilai minus bagi miHoYo di mata pemerintah China.

Namun namanya pemain, tentunya banyak yang tidak peduli dan langsung memberi rating 1 bagi Genshin Impact di Play Store, mengingat mayoritas pemain mobile bermain di platform Android, maka review bombing tersebut berdampak signifikan dalam terjun bebasnya rating Genshin Impact.

Mekanisme rating turut berandil

Mekanisme rating Play Store sendiri juga jadi salah satu faktor turun drastisnya rating Genshin Impact tersebut. Melansir kebijakan review dari Google Play, rating dari suatu aplikasi atau gim di Play Store dikalkulasikan "berdasarkan kualitas rating saat ini dari review yang masuk" alih-alih rata-rata rating dari sejak gim atau aplikasi itu dirilis di Play Store.

Maka dari itu, review yang diberikan baru-baru saja lebih berbobot dari review lama. Meski fitur ini berfungsi menunjukkan perkembangan yang lebih real-time dan dinamis dari suatu gim atau aplikasi, fitur ini jadi membuat review bombing terlihat jelas.

Tak hanya di Play Store

Kemarahan para pemain Genshin Impact akan "hadiah anniversary" tak hanya diungkapkan lewat review bombing di Play Store, namun menyebar hingga ke kanal resmi Genshin Impact di Discord, di mana menurut laporan gamesradar+, kanal tersebut di-spam emotikon-emotikon yang menggambarkan kekecewaan para pemain.

https://youtu.be/SxGma3zMzgo

 

Kemudian video promosi baru yang diunggah di kanal resmi Genshin Impact di YouTube juga mendapat jumlah dislike yang tidak biasa, Saat artikel ini ditulis, video itu mendapat 96 ribu like sedangkan jumlah dislike mencapai hampir setengahnya, yakni lebih dari 41 ribu.

Masa depan Genshin Impact

Insiden review-bombing kali ini memang cukup bikin sensasi di dunia gim, mengingat Genshin Impact merupakan salah satu gim populer saat ini yang didorong oleh komunitasnya yang cukup masif. Menarik untuk disimak kelanjutan Genshin Impact ketika komunitas mereka yang berbuat onar. Jika memang miHoYo akan memberi kejutan berupa hadiah anniversary yang sebenarnya, kemungkinan insiden review bombing ini akan segera hilang begitu saja. Namun apabila ternyata tidak ada kejutan, sulit diprediksi bagaimana nantinya karena sebagian pemain Genshin Impact adalah pemain free-to-play atau mild spender yang sangat mengharapkan hadiah anniversary.

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI