Genshin Impact Diperkirakan Raup Rp 42,77 Triliun di Tahun Pertama, Kalahkan Fortnite dan GTA V

Gim andalan baru miHoYo, Genshin Impact, baru diluncurkan setahun lalu namun sudah memecahkan banyak rekor terutama dari segi pendapatan. 

IDGS, Senin, 8 November 2021 - Yang paling mentereng tentunya adalah rekor sebagai gim dengan pendapatan tertinggi dalam jangka waktu setahun pertama sejak rilis, di mana Genshin Impact dilaporkan meraup estimasi pendapatan mencapai USD 3 miliar atau sekitar Rp 42,77 triliun!

Hebatnya, catatan tersebut tidak hanya membuat Genshin mengalahkan para pesaingnya di pasar gim gacha, namun juga video gim secara keseluruhan.

Dengan angka tersebut, Genshin Impact mengalahkan pendapatan tahun pertama dari Fortnite (USD 2,8 miliar) dan Grand Theft Auto V (USD 2,1 miliar).

Melansir laporan dari Sensor Tower, mayoritas pendapatan Genshin Impact berasal dari sektor mobile yakni mencapai USD 2 miliar baik dari Android maupun iOS.

 

Poster resmi patch 2.2: Inazuma dari Genshin Impact. (miHoYo)

Meski memang angka USD 3 miliar tersebut hanyalah estimasi, namun menurut data collector blaze_nijima, "pendapatan tahun pertama Genshin Impact yang sebenarnya sangat mungkin memang berada di kisaran angka tersebut". MiHoYo sendiri belum merilis laporan pemasukan Genshin Impact di tahun pertamanya.

Melihat track record gim gacha dengan desain karakter berbasis kultur anime itu, memang sudah terlihat kesuksesannya, di mana Genshin sanggup meraup pendapatan mencapai USD 250 juta dalam jangka waktu sebulan sejak dirilis pada 28 September 2020 silam.

Akan tetapi tidak sedikit pihak yang meragukan bahwa Genshin akan sanggup bertahan di tengah serbuan gim-gim gacha baru maupun bergenre open-world lainnya. Dan meski memang ada arus keluar-masuk pemain, kepopuleran Genshin Impact masih solid hingga saat ini.

 

Lumina, salah satu dari dua karakter utama Genshin Impact yang sangat diidolakan para pemain. (miHoYo)

Model bisnis Genshin yang free-to-play serta mengandalkan pemasukan dari gacha terbukti sangat ampuh. Namun yang menjadi pembeda gim ini dengan gim-gim lain adalah gameplay di mana para pemain menggerakkan langsung karakter dalam dunia 3D seperti layaknya gim-gim bergenre MMO. Gameplay seperti itu merupakan hal yang asing bagi dunia gim gacha yang hampir seluruhnya memilih gameplay berbasis strategi.

Dengan menggabungkan konsep gameplay MMO dengan gacha, banyak sultan yang berbondong-bondong menghabiskan uang bak minum air untuk mendapatkan karakter-karakter populer seperti Klee, Zhongli, Hu Tao, hingga Raiden Shogun.

 

(stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI