logo

Perjalanan Studio Gim Lokal Agate, Dulu Penghasilan Rp 50 ribu Per Bulan Kini Merambah Pasar Dunia

Stefanus Wahyu
Rabu 17 November 2021, 13:02 WIB

Agate sebagai salah satu studio gim asli Indonesia kini telah mulai merambah pasar gim global. Seperti apa kira-kira perjuangan Agate dari awal berdiri hingga bisa bersaing dengan studio gim mancanegara seperti sekarang?

IDGS, Rabu, 17 November 2021 - Agate adalah perusahaan pengembang gim (game developer) asal Bandung yang didirkan pada tahun 2009 dan telah mengekspor gim-gim buatannya ke pasar global.

Hal itu disampaikan oleh CEO sekaligus Co-founder dari PT Agate Internasional, Arief Widhiyasa kepada Kompas.com.

"Kami ekspor (video gim) hampir ke semua negara. Paling laku di Amerika Utara, Eropa, dan East Asia, 90 persen penghasilan dari negara-negara tersebut," ujar Arief kepada Kompas.com di Bandung, Rabu (17/11/2021).

Meski Arief enggan membeberkan detail nilai ekspor yang dihasilkan Agate, ia memastikan angkanya cukup untuk menghidupi semua orang di studio gim yang kini berkantor di sebuah gedung megah di lokasi elit Summarecon Bandung.

Mengambil inspirasi dari negeri sendiri

Prestasi Agate sebagai salah satu studio gim lokal tersukses di Indonesia tidak diraih dengan mudah. Apalagi mengingat bahwa Agate didirikan saat Arief masih berstatus mahasiswa. Total, ada 18 orang yang bersama-sama mendirikan Agate, termasuk Arief, di mana mereka bertemu pertama kalinya pada Oktober 2007 melansir laman Wikipedia Agate.

 

Arief Widhiyasa, CEO dan Co-founder Agate. (Agate.id)

"Dulu pas mulai masih mahasiswa. Mahasiswa punya punya cita-cita miliki industri game. Penghasilan Rp 50.000 per bulan, cukup untuk satu dus mie instan," kenangnya sambil tertawa.

Pada masa awal berdiri, Arief mengaku menggunakan metode ATM (amati, tiru, modifikasi) dengan bahan baku inovasi bersumber dari inspirasi. Sayangnya metode ini tidak membuahkan hasil.

Setelah menghabiskan delapan tahun untuk riset, Arief menyadari bahwa Indonesia sendiri merupakan sumber dari inspirasi tak terbatas dengan beragam kultur serta bangsa yang heterogen.

"Sumber inspirasinya malah dari kehidupan nyata, dan kita pelajari itu belakangan," beber Arief.

Dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni serta negara sendiri sebagai sumber inspirasi yang begitu kaya, Arief optimis bahwa Indonesia bisa mengejar ketertinggalan di industri pengembangan gim. Perlahan namun pasti, gim-gim produksi Agate mulai menembus pasar internasional.

Apalagi videi gim tidak hanya untuk hiburan saja, namun juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran dan simulasi.

Apresiasi dukungan pemerintah

Arief juga berharap dukungan berkelanjutan dari pemerintah agar pengembang gim lokal bisa menjadi kebanggaan Indonesia.

"Dukungan pemerintah sangat diharapkan untuk bisa memajukan industri game lokal agar mampu tumbuh menjadi kebanggaan nasional," kata Arief.

Untuk itu, ia menyambut baik Piala Presiden Esports 2021. Bahkan bila masih muda, Arief bilang ia pasti akan ikut berkompetisi pada ajang tersebut.

Perjalanan Agate

18 pendiri Agate yang bertemu pada tahun 2007 memutuskan membuat gim tanpa budget. Tanpa pengalaman membuat gim sebelumnya, gim pertama buatan mereka kurang sukses dan ditinggalkan.

Belajar dari pengalaman, tim tersebut kemudian mencoba membuat gim untuk kompetisi Dream Build Play dari Microsoft yang berjudul Pontporon!. Gim tersebut kemudian dipamerkan di Indonesia Game Show 2008 dan memberi harapan baru bagi tim mahasiswa tersebut untuk memulai perusahaan pengembang video gim. Lahirlah Agate pada 1 April 2009.

Pada masa awalnya, Agate berfokus pada flash game sebelum kemudian berpindah ke advergames serta service games pada 2010. Di tahun yang sama, Agate merger dengan studio gim lainnya bernama Lucidrine yang sebelumnya mengerjakan beberapa flash game populer seperti Valthirian Arc yang kini masih menjadi proyek berkelanjutan Agate.

Agate kemudian melebarkan sayap pada 2011 dengan membuka Agate Jogja di kota Yogyakarta, Jawa Tengah, serta membuka divisi penerbit gim sekaligus bekerjasama dengan Chillingo. Di tahun yang sama, Agate mulai mengembangkan video gim untuk platform konsol untuk pertama kalinya serta mencoba ke ranah gim-gim sosial berbasis browser.

https://youtu.be/hP3xMieT4FI

Salah satu gim yang dirilis Agate untuk Android, Code Atma. 

Pada 2012, Agate memulai bisnis penerbitan gim pihak ketiganya di saat gim Football Saga kreasinya mencapai puncaknya dengan 58 ribu pemain bulanan dan 10 ribu pemain harian aktif. Di tahun yang sama, Agate menjadi perwakilan pertama bagi Indonesia dalam salah satu pameran gim terbesar di dunia, Tokyo Game Show.

https://youtu.be/a65_IFPZJcE

Gim bergenre JRPG yang dirilis Agate, Celestian tales: Realms Beyond. 

Tahun 2013, Agate turut andil dalam mendirikan Asosiasi Game Indonesia (AGI). Setahun kemudian, Agate menjalin kerjasama dengan pengembang gim raksasa asal Jepang, Square Enix, untuk menerbitkan dan melokalisasikan gim Sengoku IXA ke Indonesia.

Pada 2016, Agate berhasil mengamankan pendanaan senilai USD 1 juta (Rp 14,251 miliar) dari Maloekoe Ventures. Agate kemudian mengembangkan bisnisnya dengan lebih serius hingga ke mancanegara, terutama di Asia Tenggara.

Di tahun 2017, Agate menjalin kerjasama dengan perusahan telekomunikasi terbesar di Indonesia, Telkom. Selain itu perusahaan ini juga bertambah total jumlah karyawannya, mencapai 45 persen lebih banyak dari tahun sebelumnya.

https://youtu.be/HIDgYNY96kc

Tirta, gim terbaru yang akan dirilis Agate. 

Tahun 2018, Agate merilis seri ketiga dari franchise gim andalannya, Valthirian Arc, berjudul Valthirian Arc: Hero School Story yang dirilis untuk PS4, Nintendo Switch, dan PC serta diterbitkan oleh penerbit asal Inggris, PQube.

Di tahun 2019, Agate bekerjasama dengan PT Melon Indonesia untuk menciptakan Oolean, suatu program untuk membangun ekosistem gim lokal.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: Kompas.com/Wikipedia

Foto fitur: Agate.id

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
Guides19 Mei 2024, 14:05 WIB

Cara Termudah Miliki Mobil di Game Minecraft Bedrock Edition?

Berikut panduan cara memiliki mobil di game Minecraft Bedrock Edition dengan mudah.
Mobil di Minecraft Badrock Edition. (Sumber: GameLoop)
Guides19 Mei 2024, 13:07 WIB

Belajar Makin Menyenangkan, Ini 5 Cara Bikin Item Unik di Minecraft Education Edition

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara unik untuk membuat item di Minecraft Education Edition.
Ilustrasi item eksklusif di Minecraft Education. (Sumber: Googled Gecko)
News19 Mei 2024, 10:05 WIB

Fitur Private Space Secara Resmi Diumumkan oleh Google untuk Android 15, Apa Fungsinya?

Google menghadirkan fitur baru Private Space.
Ilustrasi fitur baru Google, Private Space untuk Android 15 (FOTO: Androidpolice)
Guides19 Mei 2024, 08:27 WIB

Cara Bikin Alamat Rumah di Google Maps yang Mudah Dicari

Membuat alamat rumah di Google Maps, sebenarnya cukup mudah dilakukan. Kamu bisa ikuti dua cara seperti berikut ini untuk membuat alamat di Google Maps.
Ilustrasi alamat di Google Maps. (Sumber: The Verge)
News18 Mei 2024, 16:56 WIB

5 Alasan Mengapa Kage Bunshin no Jutsu Jadi Teknik Favorit Naruto, Ternyata Ada Kaitannya dengan Pribadi Naruto!

Teknik Kage Bunshin no Jutsu sudah menjadi salah satu ciri khas Naruto dan memainkan peran penting dalam perkembangan karakternya serta jalannya cerita. Seperti ini alasan mengapa teknik itu memang cocok untuk Naruto
5 Alasan Mengapa Kage Bunshin no Jutsu Jadi Teknik Favorit Naruto, Ternyata Ada Kaitannya dengan Pribadi Naruto! (FOTO: Narutopedia)
Gadget18 Mei 2024, 16:01 WIB

ASUS Luncurkan Kipas TUF Gaming TR120, Miliki Level Kesenyapan Terbaik

Biasanya kipas untuk gaming itu berisik. Tapi tidak dengan kipas dari ASUS, kipas TUF Gaming TR120.
Kipas TUF Gaming TR120 (FOTO: Dok.Asus)
News18 Mei 2024, 16:01 WIB

Valve Dikabarkan Lagi Bikin Game Baru Bernama Deadlock

Ada kabar bagus dari Valve yang dirumorkan sedang mempersiapkan game terbarunya yang diberi judul Deadlock.
Deadlock. (Sumber: Twitter.com/@gabefollower)
Community18 Mei 2024, 15:01 WIB

3 Acara Seru Pokemon GO, Ada Pokemon Go Fest 2024

Memasuki pertengahan tahun, Niantic, Inc. sebagai developer Pokemon GO, kembali menggelar berbagai event offline dan online.
Setelah Bali dan Surabaya, Pikachu akan melanjutkan petualangannya di Nusantara dengan mengunjungi Yogyakarta dan Jakarta (FOTO: Dok,Pokemon)
News18 Mei 2024, 14:40 WIB

Game Lokal DreadOut Remastered Siap Meluncur ke PlayStation 5 dan Switch

DreadOut Remastered menjadi salah satu game karya anak bangsa yang mampu berbicara banyak di kancah global. Game horor yang satu ini, baru saja mengumumkan kabar yang membanggakan lho guys.
DreadOut. (Sumber: Soft Source Publishing)
News18 Mei 2024, 14:02 WIB

10 Alasan Dragon Age: Inquisition Begitu Istimewa, Kini Gratis di Epic Games Store

Ya, Dragon Age: Inquisition yang sudah dirilis satu dekade yang lalu memang bisa dimainkan di berbagai platform mulai dari PC, PlayStation 4, dan Xbox One.
Dragon Age: Inquisition GOTY Edition. (Sumber: Electronic Arts)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.