Ilmuwan Berhasil Ajari Tikus Untuk Bermain Gim "DOOM" Menggunakan VR

Seorang ahli syaraf berhasil "mengajari" tiga ekor tikus untuk bermain gim lawas DOOM II. Uniknya, ketiga tikus itu ia namai sesuai dengan nama pencipta utama dari gim legendaris itu: John Romero, John Carmack, dan Tom Hall. 

IDGS, Jumat, 26 November 2021 - Ahli syaraf bernama Viktor Toth itu menciptakan perlengkapan VR (virtual reality) khusus serta gim DOOM II yang telah dimodifikasi agar ketiga tikus itu bisa memainkannya.

Viktor menjelaskan percobaannya it udalam postingan blog.

Perlengkapan VR khusus yang dirangkai Viktor melibatkan sebuah bola trek (trackball) di mana seekor tikus akan berdiri di atasnya sembari disangga oleh sebuah tangan mekanis agar tidak jatuh. Tikus itu bisa berjalan di permukaan bola trek itu yang secara langsung, juga mengendalikan karakter di gim DOOM modifikasi Viktor.

Gim modifikasi Viktor itu sendiri dibuat menggunakan game engine yang sama dengan DOOM II, di mana map yang tersedia pada awalnya berupa koridor lurus sederhana, dan kemudian nantinya akan naik tingkat kesulitannya dengan belokan mendadak atau jalan buntu.

https://youtu.be/qMNxkQXwykA

 

Meski ketiga tikus itu bisa memainkan gim tersebut dan menelusuri dunia DOOM, mereka belum bisa menembak monster. Viktor mengaku ia sudah mengimplementasikan mekanisme untuk melatih tikus-tikus itu agar bisa menembak musuh, hanya saja ia kekurangan waktu untuk melatih mereka agar fasih melakukannya.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: Interesting Engineering

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI