Dulu Sepi Peminat, Kini FFXIV Kebanjiran Pemain Hingga Terpaksa "Usir" Pemain Baru

Epic comeback di dunia video gim biasa terjadi di pertandingan eSports. Namun kali ini hal itu dilakukan oleh gim Final Fantasy XIV (FFXIV). 

IDGS, Jumat, 17 Desember 2021 - Tentunya bukan dari segi narasi cerita di dalam gimnya ya. Epic comeback dilakukan FFXIV dari segi marketing dan reaksi pasar terhadap gim MMORPG ini.

Pertama kali dirilis pada 30 September 2010 sebagai gim MMORPG pertama dari serial legendaris Final Fantasy, FFXIV hanya menarik sejumlah kecil pemain hingga Square Enix sebagai pengembangnya memutuskan menutup gim itu pada 2012, merombak ulang lalu merilisnya kembali pada 24 Agustus 2013.

Kini menjelang datangnya tahun 2022, FFXIV yang dulu begitu kesulitan mendapatkan pemain kini justru begitu populer sampai-sampai Square Enix harus menghentikan penjualan gim karenanya.

https://youtu.be/zTTtd6bnhFs

 

FFXIV versi baru menarik minat begitu banyak pemain terutama ketika pandemi COVID-19 dimulai pada 2020, dan ekspansi terbarunya "Endwalker" semakin mendorong para pemain baru maupun penggemar serial Final Fantasy untuk berpetualang di dunia Eorzea.

Sayangnya meski Eorzea berada di dunia digital, server yang menampung FFXIV berada di dunia nyata sehingga meledaknya popularitas gim ini membuat kapasitas server-servernya penuh. Ujung-ujungnya, banyak pemain yang harus mengantri lama untuk bisa log-in ke Eorzea, terutama di akhir pekan atau sore menjelang malam hari di negara tempat setiap pemain bermain.

Menanggapi fenomena server penuh tersebut, Square Enix memutuskan untuk menghentikan penjualan Starter Pack dan Complete Pack dari FFXIV, yang berarti mereka berusaha menghentikan kedatangan pemain baru, setidaknya sampai masalah kapasitas server penuh ini teratasi.

"Kami paham bahwa waktu antri yang begitu lama untuk login ke dalam gim menghalangi pemain untuk memainkan FFXIV , dan karena itu kami meminta maaf," kata produser sekaligus direktur FFXIV Naoki Yoshida dalam sebuah pernyataan di situs resmi FFXIV, melansir pemberitaan Soranews24.

Meski telah menghentikan penjualan Starter dan Complete Pack, gamer yang telah membeli gim FFXIV masih bisa membeli ekspansi Endwalker. Selain itu Square Enix juga memberi kompensasi bagi kasus antrian panjang FFXIV.

Bagi para pemain yang memiliki full version dari FFXIV serta memiliki akun berbayar FFXIV maksimal hingga 21 Desember 2021 waktu Jepang akan mendapat ekstensi 14 hari gratis bagi akun mereka plus ekstensi 7 hari yang sebelumnya sudah diberikan juga terkait masalah antri login yang sama.

 

(Stefanus/IDGS)


Sumber: Soranews24 via Square Enix (1, 2)

Gambar: YouTube/FINAL FANTASY XIV

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI