logo

PB ESI Umumkan Pelatih dan Atlet Terpilih untuk Pelatnas SEA Games 2021 Hanoi

Stefanus Wahyu
Kamis 24 Februari 2022, 18:42 WIB

Dalam waktu dekat, Indonesia akan turut berpartisipasi dalam ajang olahraga multinegara terbesar di Asia Tenggara, yakni SEA Games 0221 Hanoi di mana eSports akan menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingan secara resmi. 

IDGS, Kamis, 24 Februari 2022 - Guna mempersiapkan sumber daya yang akan berlaga dan siap mendulang prestasi terbaik, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) selaku organisasi yang mewadahi seluruh kegiatan esports di Indonesia mengadakan kegiatan Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) untuk SEA Games 2021 di bawah arahan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Pelatnas akan diselenggarakan dari 1 Maret hingga 30 April 2022 dan akan menjadi ajang pemusatan konsentrasi, uji coba strategi, sekaligus kesempatan bagi para pelatih dan atlet yang lolos seleksi dan berhasil terpilih untuk berkontribusi kepada negara melalui raihan prestasi terbaik.

 

 

Sebelumnya, PBESI telah membentuk Tim Seleksi yang bertugas untuk menyiapkan proses seleksi yang berlangsung sejak Desember 2021. Dalam tugasnya, Tim Seleksi telah mengumpulkan rekam jejak dan prestasi para atlet esports nasional, serta menyelenggarakan kualifikasi terbuka dan kejuaraan nasional untuk menyaring atlet-atlet terbaik di setiap cabang game yang dipertandingkan.

 

Lokasi Karantina Pelatnas bertempat di Jeep Station Indonesia, Mega Mendung, Bogor. 

Proses ini melibatkan empat jalur seleksi, yaitu jalur PON, jalur undangan, jalur Kejuaraan Nasional (Kejurnas), serta pilihan pelatih, dan menjaring lebih dari 120 atlet dan 10 pelatih untuk seluruh nomor pertandingan. Para atlet dan pelatih terpilih nantinya akan mengikuti pemeriksaan fisik dan mental terlebih dulu sebelum diikutsertakan dalam karantina untuk program pelatihan intensif yang mencakup kemampuan teknis, fisik, psikologi, mental, strategi, analisis, hingga nutrisi.

Program Pelatnas akan dibagi ke dalam 2 tahap. Tahap pertama akan berlangsung 1-10 Maret 2022. Fokus Pelatnas tahap pertama adalah untuk melatih dan menyeleksi seluruh anggota kontingen SEA Games 2021. Adapun Pelatnas tahap kedua akan dilaksanakan dari 11 Maret hingga 30 April 2022 dan akan berfokus pada pelatihan para atlet yang dinyatakan terpilih untuk diberangkatkan ke SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam.

Sebelum diberangkatkan pada Mei 2022, para pelatih dan atlet akan mengikuti tahap finalisasi berupa latih tanding dan persiapan akhir. Atlet yang akan diberangkatkan nantinya berjumlah 66 orang untuk seluruh kategori pertandingan, sehingga total kontingen untuk SEA Games 2021 nanti adalah 76 orang termasuk dengan pelatih.

Ketua Harian PBESI, Bambang Sunarwibowo mengatakan dalam press release hari ini, bahwa selain sebagai bentuk persiapan optimal untuk meraih pencapaian maksimal di SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam, penyelenggaraan Pelatnas SEA Games 2021 sejatinya juga merupakan bagian dari komitmen dan tanggung jawab jangka panjang PBESI dalam terus meningkatkan kompetensi dan prestasi para atlet esports Indonesia di kancah dunia.

Bambang juga mengatakan bahwa dengan banyaknya SDM berkualitas yang berkompetensi dan makin tingginya animo penerimaan masyarakat, esports berpotensi besar menjadi cabang olahraga yang mampu mengharumkan nama bangsa di pentas dunia.

Melalui program-program pembinaan yang strategis seperti Pelatnas SEA Games 2021 beserta dengan proses seleksi dan penjaringannya, kami optimistis prestasi esports Indonesia akan berada di jajaran terdepan di dunia, sejajar dan bahkan mampu mengungguli negara-negara lain yang lebih dulu mengembangkan potensi esportsnya.

Pada SEA Games 2021 nanti, kami menargetkan mampu menyumbang medali emas dan Pelatnas ini kami siapkan sebagai candradimuka bagi talenta-talenta potensial untuk makin mengasah kemampuan terbaiknya, ungkapnya.

 

Ketua Harian PBESI, Drs. Bambang Sunarwibowo S.H., M.Hum. 

Pengumuman nama-nama pelatih dan atlet yang akan mengikuti Pelatnas SEA Games 2021 disampaikan secara daring dan dihadiri oleh para pemangku kepentingan terkait dalam industri esports nasional, antara lain Wakil Sekretaris Jenderal PBESI DR. IGM. Kartikajaya, SE, MM, M. AP, dan Sekjen KONI Pusat TB Ade Lukman. Sementara dari tim Pelatnas hadir Ketua Pelatnas RM Ibnu Riza Pradipto, Ketua Seleksi Nasional Christian Suryadi, dan Manajer Tim Nasional Erlangga Putra.

Berikut ini nama-nama para pelatih yang terpilih untuk SEA Games 2021 Hanoi

  • Andrew Harwin - PUBG Mobile (Tim)
  • Jeffry Hariwijaya - PUBG Mobile (Solo)
  • James Chen - Mobile Legends: Bang Bang
  • Andy Wong - FIFA Online 4
  • Priyagung Satriono - Arena Of Valor
  • Daylian Effendi Putra - CrossFire
  • Jeremy Triputro Yulianto - League of Legends: Wild Rift (Pria)
  • Henry Louis - League of Legends: Wild Rift (Wanita)
  • Tamado Simon: League of Legends (PC)
  • Muslih Wahyudi Rachman - Free Fire

Informasi mengenai Pelatnas SEA Games 2021, serta nama-nama dari para atlet yang terpilih dapat diakses dalam platform resmi PBESI yaitu www.Garudaku.com atau laman sosial media resmi PBESI.

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
News06 Oktober 2024, 19:04 WIB

Rekor Pemain Suicide Squad: Kill the Justice League Season 3 Cuma 255 Orang

Musim ketiga Suicide Squad: Kill the Justice League gagal menarik minat pemain di Steam.
Suicide Squad: Kill the Justice League. (Sumber: Steam)
PC06 Oktober 2024, 18:01 WIB

Fungsi dan Cara Mematikan Windows Defender dengan Mudah

Windows Defender berfungsi untuk melindungi komputer dari ancaman seperti virus, spyware, ransomware, dan perangkat lunak berbahaya lainnya.
Windows Defender (FOTO: pinterest.com)
News06 Oktober 2024, 17:34 WIB

Main EA FC 25, Ini 5 Tim Bintang Tiga Terbaik untuk Mode Karier & Alasannya

Sunderland pernah menjadi langganan Premier League, tetapi sejak musim 2016-2017 mereka tidak lagi bermain di kompetisi tertinggi tersebut.
EA FC 25. (Sumber: EA)
Gadget06 Oktober 2024, 17:05 WIB

Daftar 9 HP Gaming Harga Rp2 Jutaan dengan Baterai Besar dan Fitur Pendingin

Mumpuni buat ngegame.
Tecno Pova 5 Pro 5G (FOTO: tecno-mobile.com)
News06 Oktober 2024, 16:05 WIB

5 Novel Game Terbaik yang Harus Kamu Baca

Erik Nylund membawa cerita Master Chief ke tahap yang lebih emosional dalam Halo: The Fall of Reach.
Novel yang diadaptasi dari game. (Sumber: The Gamer)
News06 Oktober 2024, 14:49 WIB

4 Fakta Naiknya Saham Ubisoft usai Sempat Terjun ke Titik Terendah

Tencent telah meningkatkan kepemilikan saham di Ubisoft hingga 9,9 persen dan membeli 49,9 persen saham di perusahaan induk Ubisoft, Guillemot Brothers Limited.
Saham Ubisoft lima tahun terakhir. (Sumber: MSN)
Guides06 Oktober 2024, 13:29 WIB

Mata Lelah Karena Menggunakan Laptop? Tenang Ini 6 Cara Ampuh Mengatasinya

Mata lelah yang disebabkan oleh menggunakan laptop terlalu lama, bisa diatasi dengan beberapa cara.
Ilustrasi mata lelah karena menggunakan laptop dalam waktu yang  lama.(FOTO: pinterest.com)
E-Sport06 Oktober 2024, 12:36 WIB

Coach StrateG: Semua Tim Kuat Tapi Dewa dan ONIC Jadi Tim Perlu Diwaspadai di Liga Esports 1 Nasional 2024

Coach  StrateG selaku Coach Evos Holly mengatakan setiap tim yang ada di Liga 1 Esports merupakan tim yang kuat tapi yang paling kuat dan perlu diwaspadai itu Dewa sama Onic
Coach StrateG (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
E-Sport06 Oktober 2024, 12:05 WIB

Hadir di Liga 1 Esports Nasional 2024 Onic Lutpi: Liga Esports Ini Seru!

Onic Lutpi yang turut hadir di Liga 1 Esports Nasional mengatakan bahwa Liga 1 merupakan turnamen yang sangat menarik dan tidak berbeda jauh dari turnamen MPL ID.
Onic Lutpi (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Guides06 Oktober 2024, 11:02 WIB

Penting Banget! Berapakah Jarak Aman Pandangan Mata dengan Layar Laptop?

Untuk menghindari berbagai risiko .
Ilustrasi melihat layar laptop dengan jarak pandangan mata yang aman (FOTO: pinterest.com)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+62851 8306 6952

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.