logo

Virtus.pro Mengaku Diancam Didiskualifikasi dari GALAXY GAMERS oleh WePlay Holdings

Stefanus Wahyu
Rabu 02 Maret 2022, 13:28 WIB

Organisasi eSports asal Rusia, Virtus.pro (VP) mengklaim diancam didiskualifikasi dari turnamen GAMERS GALAXY Invitational Series Dubai 2022 yang akan dimulai pada hari ini. 

IDGS, Rabu, 2 Maret 2022 - GAMERS GALAXY dijadwalkan berlangusng pada 2-6 Maret 2022 di mana VP merupakan satu dari 10 tim yang akan berpartisipasi. Selain VP, Team Spirit menjadi tim asal Rusia lainnya yang juga akan berkompetisi di turnamen.

Sebelum hari ini, banyak pihak terutama dari komunitas Dota 2 yang mempertanyakan keikutsertaan VP dan Team Spirit dalam GAMERS GALAXY setelah Vladimir Putin memerintahkan invasi militer Rusia ke Ukraina pada 24 Februari 2022 dan masih berlangsung hingga artikel ini ditulis. Tak hanya itu, Putin juga memerintahkan kekuatan nuklir Rusia untuk siap siaga.

Apalagi mengingat bahwa WePlay Holdings, organisasi penyelenggara GAMERS GALAXY, berbasis di Ukraina.

 

(Liquidpedia)

Akan tetapi tidak ada pemberitaan bahwa VP dan Team Spirit tidak diperbolehkan mengikuti turnamen. Team Spirit telah lebih dulu menunjukkan posisi mereka menentang invasi Rusia ke Ukraina yang setidaknya telah mendulang empati dari berbagai pihak mengingat Team Spirit adalah tim campuran Rusia-Ukraina, bahkan salah satu pemainnya, Mira, berhalangan tampil di GAMERS GALAXY karena terjebak di Ukraina.

Sebaliknya VP sejauh pantauan Indogamers, sama sekali belum mengumumkan bahwa organisasi berlogo beruang itu menentang invasi Rusia ke Ukraina.

Tuduhan VP terhadap WePlay Holdings

Kemudian pada Rabu (2/3/2022) dini hari, VP mengunggah cuitan di akun Twitter mereka @virtuspro yang menuduh bahwa pihaknya diancam didiskualifikasi dari GAMERS GALAXY oleh WePlay Holdings yang baru-baru ini mengumumkan telah memutus segala kerjasama dengan perusahaan-perusahaan dari Rusia.

VP mengklaim bahwa pihak penyelenggara dari GAMERS GALAXY Invitational Series Dubai 2022, WePlay Holdings, mengancam pihaknya akan mengumumkan bahwa pemain VP terjangkit COVID-19 sehingga tidak boleh berkompetisi di turnamen.

Selain itu VP juga ditawari WePlay agar bermain tanpa jersey dan branding tim mereka, namun ditolak oleh VP.

https://twitter.com/virtuspro/status/1498721876507598851

Selain itu, VP juga menuduh WePlay ingin menyabotase turnamen dengan kehadiran Nigma Galaxy SEA (tim cabang Asia Tenggara dari Nigma Galaxy) ke turnamen GAMERS GALAXY.

Dari segi level dan prestasi, Nigma Galaxy SEA memang tidak memiliki kualifikasi untuk tampil di turnamen sekelas GAMERS GALAXY yang dihadiri oleh raksasa-raksasa Dota 2 dari semua wilayah Dota Pro Circuit (DPC) dengan China sebagai pengecualian.

OG berstatus juara TI8 dan TI9, Team Spirit adalah juara bertahan The International saat ini sekaligus juara regional season dan final regional DPC EEU, Sedangkan tim-tim lainnya berstatus juara atau berperingkat tinggi di regular season di Liga DPC masing-masing atau juara dari final regional.

Maka dari itu keikutsertaan Nigma Galaxy SEA (sebelumnya dikenal sebagai Galaxy Racers) dianggap VP sebagai bentuk campur tangan dari WePlay sebagai penyelenggara turnamen dan tidak adil bagi para peserta lainnya karena bisa saja terjadi sabotase akan hasil turnamen dengan keikutsertaan Nigma Galaxy SEA sebagai tim yang benar-benar bergantung kepada WePlay Holdings untuk bisa mengikuti GAMERS GALAXY.

Selain itu dalam kesempatan ini, VP juga akhirnya menyatakan bahwa mereka juga menentang perang di Ukraina dan juga di negara-negara lain seperti Siria, Afghanistan, dan Yugoslavia (kini Bosnia-Herzegovina, Slovenia, Kroasia, Makedonia, Montenegro, dan Serbia). Namun mereka menekankan bahwa memaksa suatu pihak untuk mengambil posisi di publik tidak akan membawa kedamaian dan malah akan semakin memecah belah persatuan serta memupuk kebencian.

Virtus.pro mengakhiri pernyataan kontroversialnya dengan menyatakan bahwa mereka tidak akan kalah dari intimidasi yang mereka terima dan menolak melepas jersey di GAMERS GALAXY serta akan berbicara secara terbuka jika dibutuhkan.

VP tergabung dalam Grup B bersama BOOM Esports, Nigma Galaxy SEA, OG, dan Team Secret. Hari ini mereka dijadwalkan akan bertanding melawan Nigma Galaxy SEA pada pukul 16.00 WIB. Kalian bisa menyaksikan pertandingan-pertandingan GAMERS GALAXY Invitational Series Dubai 2022 di Twitch dan YouTube.

*UPDATE 2 Maret 18:00 WIB: Virtus.pro sepertinya telah didiskualifikasi dari GAMERS GALAXY Invitational Series Dubai 2022 oleh WePlay Holdings, di mana logo mereka tidak ada di daftar peserta dalam cuitan Twitter WePlay Holdings mengenai dimulainya GAMERS GALAXY.

https://twitter.com/GalaxyRacerDxb/status/1498954227586310144

 

(Stefanus/IDGS)


Gambar fitur: Virtus.pro

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
PC03 Juli 2024, 03:38 WIB

5 Rekomendasi Game PC Penghilang Stress Setelah Beraktivitas Penuh

eberapa rekomendasi game ini bisa dijadikan pilihan untuk melepas stress ataupun penat setelah lelah beraktivitas.
Ilustrasi Game PC (FOTO: Pexels/Julia M Cameron)
PC03 Juli 2024, 03:12 WIB

5 Rekomendasi Monitor Gaming Harga Mahasiswa

Lima monitor ini bisa jadi pilihan untuk para gamers dengan budget di bawah Rp3 juta saja.
AOC CU34G2X (FOTO: AOC)
E-Sport03 Juli 2024, 01:37 WIB

PUBG Mobile Global Open 2025 Akan Diselenggarakan di Uzbekistan

Krafton dan Level Infinite telah mengonfirmasi bahwa PMGO akan diselenggarakan di Uzbekistan.
Ilustrasi memainkan game PUBG Mobile menggunakan Emulator Android (FOTO: MEmu)
Gadget03 Juli 2024, 01:11 WIB

Poco F5 vs Poco F6: Perbedaan Penting yang Perlu Diketahui

Bagi kamu yang ingin mengetahui perbedaan antara Poco F6 dan Poco F5, berikut ini adalah ulasannya.
Ilustrasi HP Poco F6 (FOTO: Dok. Poco)
E-Sport02 Juli 2024, 23:36 WIB

Apa itu Game Rocket League? Game yang Masuk Nominasi Esports Awards 2024

Game Rocket League masuk dalam Nominasi Esports Awards 2024
Fortnite x Rocket League Racing. (Sumber: Twitter.com/@ShiinaBR)
Mobile02 Juli 2024, 23:10 WIB

5 Game Sniper Terbaik di Android yang Wajib Dicoba!

Berikut 5 game sniper di android yang wajib kalian coba
Hero Sniper FPS Shooting Games (FOTO: Hero Sniper FPS Shooting Games/Google Play)
Mobile02 Juli 2024, 23:06 WIB

4 Game Teka-Teki Bahasa Indonesia Gratis yang Paling Menantang

Berikut 4 rekomendasi game teka-teki Bahasa Indonesia yang paling menantang
Teka Teki Santai (FOTO: Teka Teki Santai/Google Play)
Gadget02 Juli 2024, 21:35 WIB

POCO F6 Siap Menggebrak Pasar Indonesia 4 Juli 2024!

POCO F6 akan rilis di Indonesia pada Kamis, 4 Juli 2024.
Poco F6 (FOTO: Dok.Poco Indonesia)
Mobile02 Juli 2024, 21:03 WIB

Rekomendasi 3 Game Roblox Buatan Indonesia, Apa Saja?

Roblox merupakan game simulator online yang dimainkan untuk merancang, membuat, dan bermain game yang dibuat oleh pengguna lainnya.
Car Driving Indonesia (FOTO: Car Driving Indonesia/Google Play)
PC02 Juli 2024, 19:46 WIB

Dibanderol Rp2 Jutaan, Ini 4 Kelebihan Keyboard Gaming Logitech G515 Lightspeed TKL

Keyboard gaming Logitech G5151 Lightspeed TKL hadir dengan layout tenkeyless (TKL) dan tombol yang low profile yang memiliki berbagai kelebihan.
Mouse gaming terbaru, Logitech G515 Lightspeed TKL (FOTO: instagram.com/logitechg)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.