logo

BOOM Esports Tundukkan Juara TI 10 Team Spirit Dengan Skor Telak 2-0

Stefanus Wahyu
Minggu 06 Maret 2022, 11:53 WIB

Juara The International 10, Team Spirit, tersingkir dari turnamen GALAXY GAMERS Invitational Series Dubai 2022 oleh tim asal Indonesia, BOOM Esports. 

IDGS, Minggu, 6 Maret 2022 - Lebih mengejutkannya lagi, Team Spirit dipaksa pulang dengan kekalahan telak 0-2 pada pertandingan yang digelar pada Sabtu (5/3/2022) jelang tengah malam WIB itu.

https://twitter.com/boomesportsid/status/1500166511272804352

Tak bisa dipungkiri bahwa permainan Team Spirit tidak serapi biasanya akibat dari absennya soft support Myroslav "Mira" Kolpakov yang terjebak di Ukraina.

Pengganti Mira, Vladimir "RodjER" Nikogosian, memang bukan pemain kacangan. Namun kurangnya chemistry dengan para pemain Team Spirit lainnya membuat pemain CIS.Reject itu seringkali bergerak tidak selaras dan berujung pada kekompakan tim menurun drastis dibandingkan dengan saat Mira bermain.

Meski begitu BOOM Esports patut diacungi empat jempol. Tidak seperti saat melawan Tundra Esports sebelumnya, BOOM kali ini benar-benar bermain di performa puncak dan berhasil mengalahkan Team Spirit fair and square, menunjukkan bagaimana kemampuan serta gaya unik setiap anggota rosternya bersinergi satu sama lain yang berujung pada dominasi total atas juara bertahan The International.

https://twitter.com/boomesportsid/status/1500167059225067522

Game 1: BOOM Esports 1-0 Team Spirit

(Dota Buff)

Pada gim pertama ini Team Spirit mengambil draft yang berorientasi ke permainan agresif di mana mereka bermain begitu agresif sejak awal, berusaha untuk memenangkan gim 1 secepat mungkin.

Akan tetapi rotasi dari Erin "Yopaj" Jasper Ferrer (Kunkka), Rolen "Skem" Andrei Gabriel Ong (Weaver), dan Timothy "Tims" Randrup (Mirana) menyulitkan Spirit mencapai targetnya dan malah jadi bumerang bagi mereka. Dark Seer dari Magomed "Collapse" Khalilov berkali-kali terbunuh di fase awal permainan sehingga pemain Rusia yang disebut sebagai offlaner Dota 2 terbaik di dunia saat ini itu sulit berkembang.

Dengan dimatikannya Collapse sebagai salah satu core penting Team Spirit, BOOM bermain semakin agresif dan menguasai map dengan cepat. Kolaborasi kombo minus armor antara Skem dan Tidehunter yang dikendalikan Saieful "Fbz" Ilham ditambah stun akurat dari Mirana Tims, belum lagi permainan brilian Kunkka Yopaj membuat hero-hero Team Spirit terbunuh satu demi satu di sepanjang map nyaris tanpa perlawanan berarti. BOOM unggul lebih dari 5.000 gold saat laga baru berjalan 20 menit.

Kekalahan Team Spirit di teamfight awal dan kehilangan kendali map membuat para pemainnya seperti kebingungan, bergerak sendiri-sendiri tanpa tujuan yang jelas. Di sinilah absennya Mira terasa sangat jelas bagi Spirit karena biasanya, Mira lah yang memecah kebuntuan di saat timnya berada di posisi sulit dengan menciptakan ruang agar rekan-rekannya bisa bernafas. RodjER dalam hal ini terlihat sangat kurang karena ketidakselarasan pemahaman dengan para pemain Spirit lainnya. Alhasil, BOOM dengan mudah memanen mereka satu demi satu.

 

Statistik networth gim 1 antara BOOM Esports vs. Team Spirit pada Sabtu (5/3/2022) malam kemarin. (Dota Buff)

Di menit 25, BOOM sudah menggandakan keunggulan networth mereka menjadi lebih dari 11.000 gold dan hero-hero core mereka telah medapatkan item-item penting masing-masing. Kekalahan Team Spirit pun tak terelekkan di mana mereka akhirnya menyerah di menit ke-33. Perbandingan kill 28 : 10 untuk keunggulan BOOM.

Game 2: BOOM Espots 2-0 Team Spirit

(Dota Buff)

Team Spirit bermain jauh lebih bagus di gim 2, di mana pada menit 15 mereka unggul networth lebih dari 5.000 gold. Collapse seolah membalas dendam kali ini di mana Doom yang ia kendalikan di top lane sanggup mendominasi duet Souliya "JaCKky" Khoomphetsavong (Wraith King) dan Skem (Weaver).

Spirit juga memenangkan mid lane di mana Yopaj (Ember Spirit) sempat terbunuh di awal permainan dan kalah farming dari Alexander "TORONTOTOKYO" Khertek (Dragon Knight). Praktis hanya safe lane mereka saja yang kalah di mana carry Spirit, Illya "Yatoro" Mulyarchuk (Templar Assassin) dan kapten Yaroslav "Miposhka" Naidenov (Disruptor) tersiksa oleh harassing tanpa henti dari Tims (Tidehunter) dan Fbz (Viper).

Hanya saja BOOM agaknya terlalu percaya diri berkat kemenangan di gim pertama sehingga mereka terlalu banyak berkomitmen dalam berotasi berujung pada hero-hero mereka terbunuh satu demi satu oleh Team Spirit.

Mendapat BKB cepat, Collapse pun berotasi bersama dua support timnya dan menebar teror bagi para pemain BOOM, memberi ruang bagi Yatoro untuk farming di jungle dan top lane sehingga ia bisa mendapatkan item-item corenya dengan cepat.

BOOM akhirnya bisa bermain lebih tenang. Mereka memutuskan untuk berotasi secara kolektif dengan 5 hero dan fokus menguasai jungle bawah Team Spirit serta membiarkan Yatoro free farming di top lane.

Mendekati menit 16, mereka bersama-sama membunuh TORONTOTOKYO dan RodjER untuk mengamankan mid lane. Dua menit kemudian mereka merangsek ke bawah dan membunuh Collapse lewat tipuan illusion lihai dari Yopaj yang membuat Collapse men-Doom ilusi alih-alih hero Yopaj.

https://twitter.com/boomesportsid/status/1500168039895281664

Penguasaan jungle bawah ini membuat BOOM berhasil membalik keadaan dan unggul networth di menit 20 serta mengunci mid dan bot lane, membunuh hero-hero Spirit yang berusaha mendekat untuk mempertahankan tower tier II di dua lane tersebut. Timing Ravage yang tepat dari Tidehunter Tims membuat Spirit kelimpungan apalagi mereka harus bermain dengan 4 hero saja karena Yatoro masih fokus mengejar ketertinggalan farming di top lane.

BOOM kemudian memperlebar penguasaan map mereka ke jungle atas Radiant. RodjER membuat blunder besar di mana Enchantressnya yang baru saja membeli Gem of Truesight terbunuh dengan cepat di jungle atas Radiant dan gem pun direbut oleh BOOM. Beberapa detik kemudian Ravage brilian dari Tims membuat BOOM sukses membunuh Miposhka dan Collapse, berujung pada Yopaj mendapatkan Aegis of the Immortal dari Roshan.

Dengan "hadiah" gem dari RodjER, BOOM semakin menguasai map dan membuat Team Spirit semakin terpojok. Wraith King JaCKy yang di awal permainan sulit berkembang, kini telah jadi dan bersama Ember Spirit Yopaj, ia menebar teror bagi Team Spirit.

2 hero core lawan yang punya garansi nyawa membuat Team Spirit semakin terdesak dan tak bisa membendung BOOM menghancurkan barak mereka satu demi satu hingga Mega Creeps terjadi pada menit 29 dan membuat Team Spirit menyerah kalah.

https://youtu.be/u85sTKtcoc0

 

Team Spirit harus puas dengan hanya menduduki peringkat 4 di GALAXY GAMERS Invitational, dan membawa pulang hadiah sebesar USD 21.803 atau sekitar Rp 313,5 juta. Sedangkan BOOM Esports lolos ke final lower bracket dan akan berhadapan melawan Nigma Galaxy pada hari Minggu (6/3/2022) ini pukul 18.00 WIB.

https://twitter.com/RivalryDOTA2SEA/status/1500180919516565506

Pemenang dari laga BOOM Esports vs Nigma Galaxy akan berhadapan melawan Tundra Esports di grand final pukul 22:00 WIB.

Seluruh pertandingan tersebut dapat kalian saksikan secara langsung di Twitch atau YouTube.

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
News07 Juli 2024, 16:15 WIB

Dikembangkan Satu Orang, Dead Season Siap Gebrak Industri Game Tahun Ini

Satu lagi game besar yang siap dirilis tahun ini dan akan menambah daftar game horor yang seru. Ya, judulnya adalah Dead Season yang masih dalam tahap pengembangan.
Dead Season. (Sumber: Steam)
News07 Juli 2024, 13:45 WIB

Akhirnya Terungkap! DLC Trevor GTA 5 Batal Rilis karena Hal Ini

Rockstar Games seperti yang kita tahu, sebenarnya ingin menghadirkan DLC Trevor GTA 5 yang dinilai akan sangat mengagumkan.
GTA 5. (Sumber: Rockstar Games)
News07 Juli 2024, 13:19 WIB

Kalah Terus! Reza Arap Banting Stick saat Main Elden Ring

Kehebatan Reza Arap dalam bermain game, enggak usah diragukan lagi guys.
Reza Arap main game. (Sumber: Instagram.com/@ybrap)
Community07 Juli 2024, 13:01 WIB

Summoners Festival Jakarta Dimeriahkan Kehadiran 4 Guest Cosplayer

Keempat orang guest cosplayer yaitu Miyuki sebagai Ellia, Mellorine sebagai Lapis, Monta sebagai Shizuka, dan Chelyn Chan sebagai Rica.
Cosplayer Summoners War di Summoners Festival dalam rangka perayaan ulang tahun.
News07 Juli 2024, 11:20 WIB

Penggemar Resident Evil 9 Disarankan Awasi Perkembangan Game Zombie Dead Season

Masih menjadi atensi publik tentang bagaimana Resident Evil 9 dibuat begitu detail dan lama, sehingga diharapkan bisa menjadi game horor yang memuaskan.
Dead Season. (Sumber: Steam)
Reviews07 Juli 2024, 11:03 WIB

Diunduh 250.00 Kali, Demo Playable Game Horor Psikologis Luto Banjir Pujian

Game ini merupakan hasil kolaborasi penerbit video game global SelectaPlay dan pengembang Broken Bird Games.
Game horor Luto mendapat pujian luas dalam demo yang dilakukannya
News07 Juli 2024, 10:36 WIB

Dragon Age: The Veilguard akan Dilengkapi dengan Fitur Transmog, Apa Itu?

BioWare sudah mulai mengumumkan berbagai detail Dragon Age: The Veilguard sebagai salah satu game andalan di tahun ini.
Dragon Age: Dreadwolf. (Sumber: BioWare)
Community07 Juli 2024, 10:04 WIB

Asyik, Penggemar Point Blank Dapat Coaching Clinic dari Pro Player dan Caster

Coaching Clinic tersebut dibawakan oleh caster kondang yaitu Vamos, Rymot, Rere Bredel, dan juga pro player Iqbal “mndhunter” Equanimity dan Maria Leona.
Event Community Gathering Point Blank dalam rangka ultah ke-15.
E-Sport07 Juli 2024, 09:49 WIB

Respon Pedas Udil Surbakti Usai Jadi Satu-satunya Wakil Indonesia di MSC 2024

MSC 2024 yang digelar di Arab Saudi menjadi ajang pembuktian yang luar biasa bagi Udil Surbakti. Setelah pindah ke tim HomeBois, Malaysia
Udil Surbakti. (Instagram.com/@udilsurbakti)
E-Sport07 Juli 2024, 09:16 WIB

Fnatic ONIC dan EVOS Glory Pulang tapi Masih Ada Nama Indonesia di MSC 2024

Fnatic ONIC sejatinya menjadi harapan besar bagi penggemar Mobile Legends: Bang Bang di Indonesia dalam ajang MSC 2024.
Fnatic Onic, benarkah meremehkan lawan di MSC 2024?
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.