logo

Belajar Grammar Bersama Grammarian Ltd, Gim Simulasi Pembelajaran Grammar Kreasi Anak Bangsa!

Stefanus Wahyu
Rabu 13 April 2022, 17:54 WIB

Bermain gim simulasi sekaligus belajar grammar Bahasa Inggris? Ibarat sekali dayung dua-tiga pulau terlampaui dong! Ya, Itulah yang memang ditargetkan oleh duo pengembang gim asal Indonesia, Alrogorcks dan Simpleton! 

IDGS, Kamis, 14 April 2022 - Algorocks dan Simpleton adalah dua pengembang gim yang berbasis di Indonesia, tepatnya di Malang, Jawa Timur. Algorocks merupakan studio gim yang didirikan pada 2016. Sedangkan Simpleton mendeskripsikan diri mereka sebagai "tim pengembang gim indie" asal Malang.

Kedua pengembang gim tersebut berencana untuk merilis gim simulasi pembelajaran grammar kreasi mereka yang berjudul "Grammarian Ltd.", di platform PC, Android, dan iOS pada 20 April 2022. Gim ini diciptakan dengan tujuan memberi edukasi mengenai grammar Bahasa Inggris namun tetap mempertahankan keasyikan bermain gim sehingga pemain tetap terpacu untuk memperdalam pengetahuan bahasa internasional tersebut.

Sinopsis

Berlatar belakang tahun 2099, presiden terpilih Baroque Omaha telah mengeluarkan titah bahwa semua hal harus menggunakan grammar yang benar (semua hal, termasuk resep masakan hingga variabel program).

 

Presiden Baroque Omaha. 

Karena suatu kesalahan, kamu (pemain) sekarang bekerja sebagai seorang validator grammar di agensi validasi grammar terbesar.

Gunakan kemampuan manajemen dan grammar-mu untuk meniti karir dari "pegawai magang yang hampir tidak diterima" hingga "Editor Luar Biasa".

"Grammarian Ltd.", secara total menyiapkan 80 bab dan lebih dari 1.000 dokumen untuk dimainkan (dipelajari!).

Gameplay

Indogamers berkesempatan menyoba "Grammarian Ltd.", kreasi Algorocks dan Simpleton. Dan bisa dibilang, gim ini memang cukup menyenangkan untuk dimainkan.

 

 

Dalam "Grammarian Ltd.", kamu akan berperan sebagai seorang "pegawai magang dadakan" dari perusahaan validasi grammar terbesar. Kamu bisa memilih gender dari karaktermu (hanya ada dua gender ya) serta dibebaskan untuk memberi nama pada karakter tersebut.

Kamu akan mendapatkan gaji harian tergantung dari hasil kerjamu. Namun ada batasan waktu berupa stamina yang membuatmu tidak bisa terlalu lama dalam merampungkan pekerjaanmu. Pekerjaanmu adalah mengoreksi, menemukan kesalahan, atau menemukan poin-poin tertentu tentang grammar yang dijelaskan pada briefing pada surat-surat elektronik yang dikirimkan masyarakat di dunia "Grammarian Ltd.".

 

Meja kerjamu di kantor "Grammarian Ltd.". 

Setiap kali masuk kantor, kamu akan mendapat briefing akan tugas yang akan kamu kerjakan di hari itu. Mengakses menu brienfing (klik monitor PC) akan menghentikan jalannya waktu di dalam gim serta memberimu kesempatan membaca penjelasan yang cukup menyeluruh plus beberapa contoh dari tugas yang akan kamu kerjakan.

 

Brienfing yang akan kamu dapatkan setiap harinya sebelum mengerjakan tugas. 

Jika kamu sudah merasa yakin, maka kamu tinggal membuka beberapa dokumen di depan monitor PC di meja kantormu. Dari pengalaman Indogamers, paling sedikit kamu akan mengerjakan dua dokumen setiap harinya dan yang paling banyak bisa mencapai empat dokumen sejauh yang telah Indogamers mainkan.

Usai mengerjakan satu dokumen, kamu bisa menempatkan dokumen itu ke papan hijau di sebelah kanan meja untuk memudahkanmu mengakses dokumen berikutnya yang belum kamu kerjakan. Indogamers pernah kehabisan waktu karena tidak melakukan hal sederhana ini, dan mengalami kesulitan mengakses (mengklik) satu dokumen terakhir karena tertutupi oleh beberapa dokumen sebelumnya.

 

Contoh tugas yang harus kamu kerjakan. 

Nantinya setelah kamu menyelesaikan semua dokumen di suatu hari kerja, kamu akan mendapatkan nilai dari hasil kerjamu dan bisa mendapat jawaban yang benar jika ada jawabanmu yang salah.

 

 

Setelah menyelesaikan semua tugas, kamu bisa pulang ke tempat tinggalmu dan bebas memilih antara mengunjungi toko untuk membeli sesuatu, mengelola isi tas, atau tidur untuk memulihkan stamina.

Melakukan kesalahan berturut-turut secara berulang kali akan menurunkan parameter "mood" kamu di mana nantinya di tengah pekerjaan, akan ada semacam notifikasi mengenai "episode" di mana karaktermu memikirkan hal lain di luar pekerjaan sehingga menghalangimu bekerja serta menyia-nyiakan waktu karena layarmu tertutupi oleh narasi dari pikiranmu yang terbang ke mana-mana.

Selain melakukan kesalahan berulang, mood juga bisa menurun tergantung dari moda transportasi apa yang kamu pilih untuk berangkat ke kantor. Setiap moda transportasi memiliki efek berbeda kepada karaktermu, yang memengaruhi tiga aspek yakni :biaya transportasi, stamina, dan mood.

 

Pilihan moda transportasi. 

Untungnya, ada beberapa opsi yang bisa kamu coba untuk membantu mempermudah pekerjaanmu sebagai seorang validator grammar. Kamu bisa membeli berbagai jenis makanan khas Indonesia (Martabak, Terang Bulan, dll) untuk menambah mood kamu. Sedangkan kopi hingga air mineral bisa menambah stamina. Item-item tersebut bisa kamu beli di toko yang hanya bisa diakses jika kamu tengah berada di tempat tinggalmu. Item-item penunjang pekerjaan ini nantinya akan tersimpan di tas (bag) kamu, namun karena slot di dalam tas terbatas, maka kamu harus pintar-pintar memilih item mana yang hendak kamu bawa ke kantor ya.

 

 

Bicara soal tempat tinggal, kamu akan memulai karirmu dengan ngekos di sebuah kamar lusuh dengan biaya sewa yang rendah. Nantinya semakin banyak uang yang kamu miliki, kamu bisa pindah ke tempat yang lebih layak namun tentunya disertai dengan biaya sewa yang lebih tinggi. Kenapa harus pindah? Karena semakin bagus tempat tinggalmu, akan semakin banyak opsi-opsi untuk mempermudah pekerjaan yang bisa kamu akses. Contohnya membuka akses menggunakan moda transportasi komuter yang tidak tersedia jika kamu tinggal di kamar lusuh.

 

Pilihan tempat tinggal. 

Selain itu, kamu juga bisa membeli berbagai perabotan maupun perkakas untuk ditempatkan di tempat tinggalmu. Perabotan atau perkakas tersebut membantumu untuk meregenerasi mood dan stamina (kulkas, vas bunga, dll), atau memberimu suatu item setiap berapa hari sekali (mesin penyeduh kopi).

 

 

Tak hanya bisa membeli berbagai item untuk menunjang kerja serta kualitas hidupmu, di toko kamu juga bisa membeli lagu-lagu jazz untuk menemani kerjamu di kantor. Terkadang, akan ada suatu item yang mendapat diskon. Jadi jika kamu merasa membutuhkannya, langsung beli saja!

Jika kamu telah menyelesaikan suatu bab, maka sudah saat bagimu untuk promosi jabatan! Perusahaan "Grammarian Ltd.", sepertinya sangat kompetitif di mana untuk bisa naik jabatan, kamu harus mengalahkan senior-seniormu dalam duel adu pengetahuan grammar.

 

Duel naik jabatan. 

Dalam duel ini, kamu akan beradu cepat menyelesaikan tugas yang tertulis di setiap dokumen. Jika kamu berhasil mengalahkan seniormu, maka kamu akan mendapatkan promosi serta kenaikan gaji, yey!!!

 

 

Lantas bagaimana jika kalah? Well, Indogamers tidak bisa menjelaskannya karena belum pernah kalah dalam duel promosi hehe.

Review

Patut diperhatikan sebleum kamu mencoba "Grammarian Ltd.", adalah bahwa gim ini bukan ditujukan untuk pemula atau orang yang belum terlalu paham akan Bahasa Inggris. Dari perkiraan Indogamers, kemampuan Bahasa Inggris kamu harus lebih dulu mencapai skor TOEFL antara 350-500 atau lebih untuk bisa menikmati dan mendapatkan benefit dari memainkan "Grammarian Ltd.".

Jika kamu adalah seseorang yang menyukai Bahasa Inggris dan lebih nyaman menggunakan Bahasa Inggris dalam berbagai macam interaksi, maka "Grammarian Ltd.", adalah gim yang tepat untukmu karena tugas-tugas yang diberikan setiap harinya akan membuatmu merasa tak sabar menunggu tantangan apa yang akan diberikan pada tugas-tugas keesokan harinya. Terasa jelas bahwa tingkat kesulitan gim ini akan semakin meningkat seiring dengan naiknya jabatanmu.

Bagi Indogamers, tugas-tugas yang diberikan di sepanjang permainan cukup menantang dan bahkan memberikan pengetahuan baru atau mengingatkan kembali hal-hal mengenai grammar Bahasa Inggris yang mudah terlupakan.

 

https://youtu.be/x9OAwzFLC6g

 

Hanya saja ada beberapa poin dari tugas-tugas di gim ini yang menyulitkan bukan dari segi grammar, tapi dari segi non-teknis, yakni ambigu.

Contohnya adalah tugas mengoreksi grammar kepemilikan seperti di bawah ini:

  • Milles's car is red.¬†

Di sini, Indogamers merasa kebingungan karena tidak jelas apakah orang (subyek) yang memiliki mobil warna merah dalam kalimat itu bernama Milles atau Mille?

Jika ia bernama Milles, maka jawaban yang benar adalah:

  • Milles' car is red.

Jika orang itu bernama Mille, maka jawaban yang benar adalah:

  • Mille's car is red.

Sedangkan opsi yang diberikan dari tugas itu adalah:

  1. Milles

  2. Milles' 

  3. Mille's

Membingungkan bukan?

Secara garis besar, Indogamers cukup menikmati bermain "Grammarian Ltd.", dan telah mendapatkan tiga kali promosi sebelum memutuskan untuk membuat review ini. Dibandingkan dengan gim-gim pembelajaran grammar Bahasa Inggris lain yang pernah Indogamers mainkan, "Grammarian Ltd.", terbilang menantang namun dapat terus menarik minat Indogamers untuk lanjut memainkannya. Apalagi pilihan lagu-lagu jazz yand ditawarkan cukup menenangkan pikiran dan tidak mengganggu "pekerjaan" sebagai validator grammar.

Yang jelas benefit dari memainkan gim ini cukup terasa bagi orang yang telah memiliki pengetahuan cukup akan Bahasa Inggris. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya ya!

Kamu bisa mencoba versi demo dari "Grammarian Ltd.", versi PC di Steam dengan mengklik tautan ini: https://s.algo.rocks/gmsteam.

Untuk informasi terbaru mengenai "Grammarian Ltd.", bisa kamu dapatkan di

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
Guides16 Juli 2024, 14:17 WIB

Solusi Cepat Mengatasi Lupa Password Instagram, Dijamin Instagram Kamu Balik Lagi

Jika kamu lupa password atau kata sandi pada Instagram, kamu dapat melakukan reset untuk masuk lagi ke aplikasi Instagram
Cara Mengatasi Lupa Password atau Kata Sandi di Instagram (FOTO: Pexels/Energepic.com)
News16 Juli 2024, 14:09 WIB

Kabar Gembira Buat Pecinta MLBB, Liga Esports Nasional 2024 Resmi Dibuka untuk Umum 27 Juni 2024, GRATIS

Liga Esports Nasional 2024 Siap Digelar dan Terbuka untuk Umum - Daftar Tim Peserta Liga 3 Jalur Pro Hingga Minggu Ini!
Liga Esports Nasional 2024 (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Guides16 Juli 2024, 13:59 WIB

Cara Mengaktifkan Quiet Mode atau Mode Senyap di Instagram

Aplikasi Instagram memiliki fitur mode senyap atau quiet mode, begini cara mengaktifkan quiet mode atau mode senyap di Instagram.
Fitur Quiet Mode atau Mode Senyap di Instagram (FOTO: 91mobiles.com)
Console16 Juli 2024, 13:36 WIB

Tersedia di Nintendo, DLC Fighter Baru Mortal Kombat 1 Hadir Minggu Depan

Dirilis untuk PlayStation 5, Nintendo Switch, Xbox Seri X dan Seri S serta Microsoft Windows, Mortal Kombat 1 kembali melakukan pembaruan yang sangat menarik.
Mortal Kombat 1. (Sumber: MortalKombat)
Guides16 Juli 2024, 13:31 WIB

Cara Membuat Kembang Api di Minecraft dengan Mudah

Berikut cara mudah membuat kembang api di Minecraft
Kembang Api Minecraft (FOTO: Kembang Api Minecraft)
Guides16 Juli 2024, 13:27 WIB

4 Aplikasi Simpan Password Paling Aman, Bisa Kamu Gunakan Buat Kelola Sandi

Berikut 4 aplikasi simpan password teraman yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan password yang kamu punya biar lebih aman
Ilustrasi Keamanan Password atau Kata Sandi (FOTO: Pexels/Pixabay)
Gadget16 Juli 2024, 13:13 WIB

Cuma Butuh Waktu Seminggu, POCO F6 Terjual Lebih dari 30.000 Unit

Kalau kamu lagi nyari HP Android yang murah tapi kualitas gahar, POCO F6 bisa menjadi pilihan yang tepat.
Poco F6. (Sumber: Poco Indonesia)
Guides16 Juli 2024, 13:05 WIB

Zenless Zone Zero: Cara Mudah Dapatkan Battery atau Energi Tambahan

Cara mudah untuk mendapatkan Battery, Battery Ether, atau energi tambahan di permainan Zenless Zone Zero
Belle Zenless Zone Zero (FOTO: Belle Zenless Zone Zero)
Guides16 Juli 2024, 12:50 WIB

Link Download Terraria, Harga dan Spesifikasi PC untuk Memainkannya

Berikut informasi lengkap seputar harga, link download, dan spesifikasi PC yang mesti kamu siapkan jika ingin main game Terraria.
Game Terraria. (Sumber: Steam)
Mobile16 Juli 2024, 12:40 WIB

5 Rekomendasi Game Tebak Gambar dan Tebak Kata Android, Bisa Buat Konten Live TikTok

Game tebak-tebakan baik tebak gambar maupaun tebak kata cocok dimainkan oleh semua usia, hal ini menjadi rekomendasi yang dapat pemain mainkan.
Ilustrasi Game Tebak Kata dan Tebak Gambar (FOTO: Pexels/Matthias Groeneveld)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.