Riot Games Kembali Tuntut Moonton, Kali Ini Atas Tuduhan Menjiplak Wild Rift

Riot Games dikabarkan kembali menuntut Moonton dengan tuduhan telah mencuri aset-aset di dalam gim League of Legends: Wild Rift. 

IDGS, Selasa, 10 Mei 2022 - Riot Games sebagai pemilik dari franchise gim League of Legends termasuk versi mobilenya, Wild Rift, menuntut Shanghai Moonton Technology Co., di Pengadilan Federal Los Angeles dengan tuduhan telah mencuri beberapa elemen dari Wild Rift seperti karakter dan desain skin serta materi-materi promosi yang sangat mirip dengan Wild Rift.

Melansir laporan dari Polygon, Riot kembali menuduh Moonton dan gim andalannya, Mobile Legends: Bang Bang, telah "menyontek" Wild Rift. RIot Games telah melaporkan tuduhan mereka ke pengadilan distrik di California yang berbunyi "ingin menghentikan Moonton untuk dengan sengaja dan terus menerus menumpang secara gratis kepada hak-hak kepemilikan [intelektual] berharga Riot Games di video gim mobile League of Legends: Wild Rift dan konten-konten terkait."

 

(Scrib)

Tuntutan Riot Games tersebut mencantumkan detail-detail "peniruan" atau plagiarisme Moonton mulai dari aset-aset in-game, materi promosi, hingga eSports. Salah satu detail yang mencolok adalah musik background yang digunakan dalam "All Star 2022 Myanmar Call Out Video" dari Mobile Legends yang terdengar sangat mirip dengan "Welcome to Planet Url", soundtrack resmi League of Legends di mode Ultra Rapid Fire.

 

(Riot Games/Moonton)

Beberapa perbandingan juga dicantumkan di dokumen tersebut yang menunjukkan kemiripan antara trailer, materi promosi, desain poster, hingga skin in-game.

Dokumen lengkap mengenai tuntutan hukum Riot Games kali ini terhadap Moonton bisa kalian lihat di tautan ini.

Ini bukanlah pertama kalinya Riot Games menuntut Moonton secara hukum. Sebelumnya pada 2017 silam, Riot Games juga menuduh MLBB yang saat itu masih bernama Mobile Legends, sebagai gim yang memplagiat League of Legends (PC). Pengadilan Amerika Serikat menyarankan Riot untuk menuntut Moonton di pengadilan China dan pada akhirnya, Riot memenangkan kasus tersebut.

Meski begitu Moonton tidak kapok. Meski Mobile Legends sempat ditarik dari Google Play akibat kemenangan Riot Games di pengadilan China, gim itu kemudian dirilis ulang oleh Moonton dengan nama Mobile Legends: Bang Bang hingga sekarang.

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI

News

5 Novel Game Terbaik yang Harus Kamu Baca Minggu 06 Oktober 2024, 16:05 WIB