Epic Games Dukung Kreativitas Teknologi Real-Time Dalam Produksi Virtual dan ICVFX

INDOGAMERS.ID Dunia kreatif dan hiburan mengalami evolusi dalam perjalanannya sejauh ini. Misalkan saja dari animasi 3D untuk pembentukan karakter hingga tayangan virtual yang produksi dengan teknologi real time.

Unreal Engine dari Epic Games hadir sebagai solusi teknologi real-time di seluruh platform seluler, PC, konsol gim, dan AR maupun VR. Kreator bisa memanfaatkan teknologi Unreal utuk desain gim hingga menciptakan pengalaman sinematik yang imersif. Produksi film dan televisi, tayangan virtual, kebutuhan animasi, Game Engine yang mulus, semuanya ada dan bisa dilakukan dengan teknologi Unreal.

Dalam acara Unreal Engine & Disguise Virtual Production Webinar dihadiri IDGS, disajikan tentang penjelasan dan presentasi mengenai masa depan media dan dunia hiburan dengan produksi virtual dan in-camera visual effects (ICVFX). Produksi virtual memungkinkan produksi secara langsung di berbagai belahan dunia secara bersamaan dan menggabungkannya dalam sebuah scene dengan efek termutakhir dari ICVFX. Sehingga menghadirkan pengalaman tayangan yang imersif.

Teknologi real time terus menunjukkan peluang besar bagi media dan sektor hiburan, menghilangkan proses rekaman rumit di lokasi, dan proses pascaproduksi yang panjang, dengan penghematan waktu, biaya dan sumber daya yang besar bagi industri. Dari pembuat film independen hingga stasiun-stasiun TV besar, bahkan penyelenggara acara, siapa saja kini dapat memanfaatkan teknologi real-time dalam produksi virtual dan ICVFX untuk menciptakan lokasi yang imersif dan interaktif, bahkan imajiner, di dalam batas-batas panggung.

Proses produksi virtual real time - Epic Games.

Pemanfaatan teknologi tersebut berkembang pesat dalam dua tahun terakhir. Baru ada belasan panggung ICVFX di seluruh dunia. Kini sudah ada lebih dari 250 di dunia. Tercatat nama seperti AUX Media di Singapura, 3Particle di Malaysia, dan V2 di Indonesia sebagai pelopor. Mereka memanfaatkan panggung skala besar xR dan layar LED di berbagai live event, film, dan alur produksi.

Berbicara tentang studio xR imersif pertama di Indonesia, V2 Indonesia, memulai proyek xR pertamanya dengan Gereja Bethel Indonesia di Jakarta. V2 telah membangun studio xR dengan LED sebesar 17x5m yang didukung oleh software disguise dan memungkinkan gereja menampung hingga 1.000 jemaat per sesi ibadah. Tak hanya itu, V2 juga membangun studio podcast dilengkapi teknologi xR. Perusahaan berharap xR dapat membekali para kreatif seni, media TV, biro iklan, dan pembuat konten untuk lebih membebaskan kreativitas mereka dan menghasilkan konten berkualitas yang mutakhir.

Saya sangat senang melihat perkembangan produksi virtual di Asia Tenggara yang semakin keren dan efisien. IMxR adalah studio xR pertama di Indonesia, dan saya berharap ini akan menjadi benchmark untuk produksi virtual yang imersif dan terkemuka, serta menjadi wadah para pembuat konten dan rumah produksi di Indonesia, ungkap Rudi Hidayat, Founder dan CEO V2 Indonesia.

Epic Games berkomitmen untuk memberdayakan studio dan kreator di seluruh ASEAN untuk mendukung permintaan akan produksi virtual dan ICVFX yang semakin banyak. Hingga hari ini, Epic Games sudah mendukung lebih dari 1.600 kreator dan tim di 89 negara, melalui program Epic MegaGrants (EMG) - dana senilai US$100 juta digelontorkan untuk secara aktif membantu kesuksesan pengembang dan komunitas kreator.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI