logo

Membahas Esportstainment ebagai Hiburan Kekinian dalam Webinar UNITY

Stefanus Wahyu
Sabtu 02 Juli 2022, 14:48 WIB

Sebagai rangkaian dari UniPin 11th Birthday #11YearsWithU, UniPin Community (UNITY) kembali menyelenggarakan webinar dengan tajuk Masa Depan Industri Esports: Esportstainment.

IDGS, Sabtu, 2 Juli 2022 - Webinar UNITY yang dilakukan secara daring melalui telekonferensi Zoom pada Rabu (29/6) ini membahas masa depan di industri esports, dengan digabungkan bersama entertainment menjadi esportstainment.

UNITY mengundang dua orang narasumber untuk membagikan pengalaman mereka dalam berkarier, khususnya kaitannya dengan industri esports. Berbagai permasalahan seperti tantangan-tantangan harus dihadapi, dan jalan keluar yang mereka temukan hingga akhirnya sukses berkarier di bidang esportstainment juga dibahas secara lengkap dalam webinar ini.

 

Webinar UNITY yang mengundang narasumber, yakni Co-founder CGO Revival TV Irliansyah Wijanarko dan YouTuber Ericko Lim. (UniPin)

Yang pertama ada Irliansyah Wijanarko atau yang akrab disapa Irlie, Co-founder dan CGO RevivaLTV dalam paparannya menjelaskan tentang pergeseran esports yang semula hanya dilakukan untuk tujuan kompetisi kini juga dilakukan untuk tujuan hiburan atau entertainment.

Esports sekarang bergeser ke arah entertainment itu karena saat ini ada YouTube dan digital platform lainnya, menjadikan esports tak terpisahkan dari dunia lifestyle dan entertainment. Secara natural, esports kemudian berubah menjadi menjadi esportstainment," jelas Irlie seperti dalam press rilis yang diterima Indogamers.

 

(UniPin)

Kemudian Ericko Lim, YouTuber yang juga mantan pro player dan caster di ranah esports kompetitif menjelaskan bahwa esportstainment adalah sebuah jalan keluar bagi para pemain profesional yang tidak terlalu berhasil.

Enggak semua pro player bisa jadi nomor satu, membuatnya berhasil dan menjadi kaya. Esportstainment adalah escape route untuk mereka gain more money," kata Ericko Lim.

 

(UniPin)

Namun, apakah kemudian esportstainment ini membuat semangat kompetisi di ranah esports melesu? Irlie menjelaskan bahwa esportstainment hadir dari esports itu sendiri, tapi bisa saja pasarnya ikut bergeser dan menyesuaikan dengan tren yang ada.

Nyawanya esports adalah kompetisi. Namun, segala ekosistem di sekitar esports tersebut makin lama makin berkembang dan bakalan lebih banyak pasarnya ketimbang kompetisinya itu sendiri," jelas Irlie.

 

 

Meski tampak menggiurkan, menjajaki esportstainment bukanlah hal yang mudah. Ericko menyebutkan, mengetahui karakteristik dan keunikan diri bisa menjadi kunci keberhasilan di esportstainment.

You need to know your strong point, kamu harus riset, misalnya kamu harus tau apakah kamu lucu, suka marah-marah, atau bagaimana. Jadi harus tau karakteristik dirimu. Selain itu, dukungan komunitas juga penting banget. Kebanyakan YouTuber sekarang enggak bisa maintain komunitas mereka sehingga akhirnya influence mereka malah jadi tidak lagi sebesar itu. Jadi selain fokus pada diri sendiri, kita juga perlu memberi timbal balik pada komunitas, pada para penonton dan fans. tutup Ericko Lim.

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

Bocoran Soal Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Air M2

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple MacBook Air M2:
MacBook Air M2 13-Inch. (Apple Insider)
Gadget05 Oktober 2024, 17:30 WIB

Daftar Keunggulan dan Kelemahan Apple iPad Pro 12.9

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple iPad Pro 12.9:
Apple iPad Pro 12.9 (Foto: Digital Trends)
Gadget05 Oktober 2024, 17:04 WIB

Membedah Apple iPad Air 13: Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Diketahui

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple iPad Air 13:
iPad Air 13 (FOTO: iPad Air 13)
News05 Oktober 2024, 16:07 WIB

Palworld Resmi Tersedia untuk PS5 di Jepang, Kapan Ready di Indonesia?

Setelah sempat tertunda, game Palworld dari Pocketpair, yang menghadirkan pengalaman bertahan hidup ala Pokémon, kini akhirnya tersedia di PS5 untuk wilayah Jepang.
Palworld. (Sumber: Gamerant)
News05 Oktober 2024, 15:44 WIB

Diablo 4 Dikonfirmasi Akan Menuju PS5 Pro dengan Berbagai Peningkatan

Activision Blizzard mengonfirmasi bahwa game Diablo 4 serta ekspansinya, Vessel of Hatred, akan mendapatkan peningkatan khusus untuk PS5 Pro.
Diablo 4 (FOTO: Blizzard)
Gadget05 Oktober 2024, 15:01 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Air M3: Panduan untuk Pembeli Cerdas

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple MacBook Air M3:
MacBook Air M2 13-Inch. (Apple Insider)
Gadget05 Oktober 2024, 14:20 WIB

Sepsifikasi Apple iPad Air 13. Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Kamu Tahu

Berikut adalah sepsifikasi, kelebihan dan kekurangan Apple iPad Air 13 yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membelinya
iPad Air 13 (Foto: YouTube/Karl Conrad)
Gadget05 Oktober 2024, 13:30 WIB

4 Ultrabook Tipis Terbaik: Murah, Berkualitas, dan Stylish

Berikut adalah 4 rekomendasi ultrabook tipis terbaik:
ADVAN Laptop AI Gen Ultra (FOTO: ADVAN Laptop AI Gen Ultra)
Gadget05 Oktober 2024, 13:00 WIB

4 Laptop Terbaik untuk Programmer: Pilihan Cerdas untuk Koding

Berikut adalah 4 rekomendasi laptop terbaik untuk programmer:
MacBook Pro 16 Inci M3 Max (FOTO: MacBook Pro 16 Inci M3 Max)
News05 Oktober 2024, 12:57 WIB

Dragon Age: The Veilguard Telah Mencapai Tahap Emas, Begini Penjelasannya

BioWare dan Electronic Arts (EA) mengumumkan bahwa Dragon Age: The Veilguard telah mencapai tahap emas.
Dragon Age: The Veil Guard. (Sumber: Twitter.com/@dragonage)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+62851 8306 6952

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.