Bug 2 Roshan Muncul di Tengah Pertandingan DPC China Antara EHOME vs. Aster.Aries

Para penggemar eSports Dota 2 dikejutkan dengan peristiwa aneh yang terjadi di tengah pertandingan resmi Dota Pro Circuit (DPC) China Tour 3 Divisi I 2021/22 antara EHOME vs. Aster.Aries.  

IDGS, Selasa, 5 Juli 2022 - Pertama kalinya dalam sejarah DPC, dua Roshan muncul bersamaan (spawn) di tengah pertandingan. Meski hanya satu Roshan yang memberi drop Aegis, sedangkan yang satunya lagi hanya memberi gold dan EXP.

Pertandingan terkutuk

Pertandingan antara EHOME vs. Aster.Aries sepertinya memang terkena kutukan. Laga kedua tim papan atas China itu sejatinya telah digelar pada 28 Juni 2022, namun dihentikan di gim kedua karena bug serius dari client Dota 2 di mana tiba-tiba muncul icon pemain keenam yang muncul di kubu EHOME yang membuat pertandingan tak bisa dilanjutkan. Offlaner EHOME, Nicholas "zeal" Lim Eng Han diduga dianggap oleh sistem Dota 2 sebagai pemain keenam sehingga tak bisa mengendalikan heronya, Natures' Prophet.

Setelah berdiskusi dengan Valve, Perfect World sebagai organisir dari DPC China memutuskan untuk melanjutkan pertandingan EHOME vs. Aster.Aries pada 4 Juli 2022 dengan fitur replay takeover. Fitur ini memungkinkan pertandingan dilanjutkan kembali tepat di saat sebelum bug terjadi.

 

Dua Roshan muncul di pertandingan replay match DPC China 2021/22 Tour 3 Divisi I antara EHOME melawan Aster.Aries pada 4 Juli 2022. (Reddit u/shuijikou)

Ini berarti pertandingan kedua tim pada 4 Juli akan tetap mempertahankan skot 1-0 bagi keunggulan EHOME, dan pertandingan dilanjutkan di gim 2 di sekitar menit ketujuh dengan EXP, item, dan networth yang sama seperti pertandingan sebelumnya pada 28 Juni.

Lagi-lagi kena bug

Ketika Aster.Aries menghajar Roshan pertama di menit 15, tiba-tiba saja muncul Roshan kedua yang membuat Aster.Aries terpaksa mundur karena Refraction dari carry Templar Assassin mereka tak bertahan lama dari gempuran dua Roshan. Menariknya, Perfect World tetap melanjutkan pertandingan meski ada bug dua Roshan ini.

 

https://youtu.be/BlHmNP8oTrM

 

EHOME kemudian dengan santai memasuki liang Roshan dan membunuh kedua Roshan, meski hanya satu Roshan saja yang memberi Aegis.

Roshan berikutnya respawn dengan normal, namun memberi Refresher Shard dan Aegis, mengindikasikan bahwa Roshan ini adalah Roshan ketiga.

Hebatnya, meski tertinggal 0-1 dan kehilangan Roshan, Aster.Aries sanggup memenangkan gim kedua ini dan berbalik unggul di gim ketiga sehingga menang atas EHOME dengan skor akhir 2-1.

Fitur Replay Takeover ini adalah yang pertama di DPC dalam beberapa tahun terakhir dan semoga ke depannya, dapat memecah kebuntuan jika terjadi bug di tengah pertandingan. Yah setidaknya 2 Roshan cukup seru untuk dilihat bukan?

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI