logo

Mengusung Kesetaraan Hak, Shingan Cup Stage 2 Libatkan Pemain Esports Tunanetra Wanita Bertanding Street Fighter V Champion Edition

INDOGAMERS
Sabtu 16 Juli 2022, 20:40 WIB

INDOGAMERS.ID Apakah kalian masih ingat dengan Shingan Cup pertama yang dimenangkan oleh Kure dari Galaxy Laboratory? Turnamen mini esports melibatkan para pemain tunanetra yang diinisiasi oleh ePARA dan didukung Syncom, serta diakui Capcom tersebut, ternyata kembali mengadakan Stage 2 atau gelaran keduanya pada 28 Mei 2022 lalu di gelaran ePARA CARNIVAL.

Terima kasih untuk CEO ePARA, Daiki Kato-san yang telah menginformasikan Shingan Cup Stage 2 ini kepada IDGS. Meski IDGS sempat memberitakan tentang Shingan Cup pertama, IDGS ternyata melewatkan Stage 2 kompetisi menarik ini. Memang sudah berlalu lebih dari sebulan lalu. Namun IDGS merasa gelaran ini menarik untuk dibahas.

Setelah sebelumnya mempertemukan para pemain pria tunanetra Street Fighter V: Champion Edition dari Blind Fortia dan Galaxy Laboratory, Stage 2 sajikan juga pertandingan antar pemain tunanetra wanita dari Green Gables Tokai no Yukaina Joshikai Team.

Beginner Match

Shingan Cup Stage 2 dimulai dengan pertandingan Beginner Match. Memakai sistem round robin, para pemain tunanetra wanita dari Tokai no Yukaina Joshikai Team saling beradu menunjukkan kemampuan mereka bertanding Street Fighter V: Champion Edition.

Tokai no Yukaina Joshikai Team terdiri dari tiga wanita yang bekerja di Ryoke Green Gables. Sekadar informasi, Ryoke Green Gables adalah lokakarya kesejahteraan di Ageo, Saitama, Jepang, yang mempekerjakan para tunanetra. Salah satu hasil terkenal dari Ryoke Green Gables adalah pemanggangan biji kopi oleh para tunanetra. Motto mereka adalah Kami memanggang kopi dengan telinga.

Tiga wanita Tokai no Yukaina Joshikai Team terdiri dari:

  • Rushetta („É´„Ç∑„Çß„ÉÉ„Çø) Leader, memainkan Balrog (nama Jepang Vega).
  • Seychell („Ǫ„ǧ„Ç∑„Çß„É´) memainkan Vega (nama Jepang M. Bison).
  • Onigiri („Åä„Å´„Åé„Çä) memainkan Sakura

Mereka bertiga mempelajari combo dari suara. Video pertandingan bisa kalian saksikan via video kanal ePARA di bawah ini:

https://www.youtube.com/watch?v=GsN2qdziDKI

 

Hasil pertandingan Beginner Match - credit: ePARA - edit: IDGS.

Rushetta berhasil menjadi pemenang setelah mengalahkan Seychell 2:1 dan Onigiri 2:0. Pertandingan antar pemain dari Tokai no Yukaina Joshikai Team tersebut tak kalah serunya dengan pertandingan para pemain pro tunanetra di Shingan Cup pertama.

Hanya saja memang pertandingan Beginner Match tersebut terasa kurang menyenangkan bagi Onigiri. Kontroler milik Onigiri tak bisa terdeteksi sehingga ia harus meminjam milik Rushetta. Jelas saja, Onigiri beberapa kali mencoba melakukan Hadoken namun selalu gagal karena salah kombinasi arah. Menggunakan kontroler yang tidak biasa digunakan, tentu saja menjadi permasalahan tersendiri.

Para anggota Tokai no Yukaina Joshikai Team - ss credit: ePARA - edit: IDGS.

Di luar ketidaknyamanan tersebut, para anggota Tokai no Yukaina Joshikai Team merasa bahagia bisa berpatisipasi dalam Shingan Cup Stage 2 ini. Mereka juga berharap perkembangan yang baik bagi para pemain esports tunanetra untuk ke depannya.

Main Event

Pertandingan utama untuk kelas pro kembali mempertemukan Blind Fortia dengan Galaxy Laboratory. Kure dari Galaxy Laboratory yang memenangkan Shingan Cup pertama digantikan oleh RENT.

Shingan Cup Stage 2 Main Event - ss credit: ePARA - edit: IDGS.

Bertajuk Revenge and Defending, inilah para pemain yang bertanding:

Galaxy Laboratory

  • MM memakai Laura
  • KYO memakai Ryu
  • RENT („ɨ„É≥„Éà) memakai Kage

Blind Fortia

  • Naoya („Å™„Åä„ÇÑ) memakai Luke
  • Igupi („ÅÑ„Åê„Å¥„ɺ) memakai Akira
  • Choko Tart („ÉÅ„Éß„Ç≥„Çø„É´„Éà) memakai Luke

Hasil pertandingan:

  • KYO (Ryu) vs CHOKO TART (Luke) 2 : 0.
  • IGUPI (Akira) vs RENT (Kage) 2 : 0.
  • NAOYA (Luke) vs MM (Laura) 2 : 0.

Galaxy Laboratory & Blind Fortia - ss credit: ePARA - edit: IDGS.

Ajang pembuktian balas kemampuan Blind Fortia ternyata kembali gagal. Mereka harus mengakui kehebatan Galaxy Laboratory dengan hasil 2 : 1. Kemenangan ini seakan menegaskan kembali dominasi Galaxy Laboratory.

Main Event Stage 2 Shingan Cup ini memang berlangsung seru. Hanya saja memang, IDGS merasa jika pertandingan kembali memakai 9 babak seperti sebelumnya, akan terasa lebih seru. Di luar penilaian tersebut, pertandingan esports mengangkat kesetaraan hak semacam ini memang luar biasa dan perlu terus dikembangkan. Karena semua orang memiliki hak yang sama untuk menunjukkan kemampuannya, termasuk bermain video games kompetitif!

(IDGS/ deJeer)

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
News Update
News18 Mei 2024, 16:56 WIB

5 Alasan Mengapa Kage Bunshin no Jutsu Jadi Teknik Favorit Naruto, Ternyata Ada Kaitannya dengan Pribadi Naruto!

Teknik Kage Bunshin no Jutsu sudah menjadi salah satu ciri khas Naruto dan memainkan peran penting dalam perkembangan karakternya serta jalannya cerita. Seperti ini alasan mengapa teknik itu memang cocok untuk Naruto
5 Alasan Mengapa Kage Bunshin no Jutsu Jadi Teknik Favorit Naruto, Ternyata Ada Kaitannya dengan Pribadi Naruto! (FOTO: Narutopedia)
Gadget18 Mei 2024, 16:01 WIB

ASUS Luncurkan Kipas TUF Gaming TR120, Miliki Level Kesenyapan Terbaik

Biasanya kipas untuk gaming itu berisik. Tapi tidak dengan kipas dari ASUS, kipas TUF Gaming TR120.
Kipas TUF Gaming TR120 (FOTO: Dok.Asus)
News18 Mei 2024, 16:01 WIB

Valve Dikabarkan Lagi Bikin Game Baru Bernama Deadlock

Ada kabar bagus dari Valve yang dirumorkan sedang mempersiapkan game terbarunya yang diberi judul Deadlock.
Deadlock. (Sumber: Twitter.com/@gabefollower)
Community18 Mei 2024, 15:01 WIB

3 Acara Seru Pokemon GO, Ada Pokemon Go Fest 2024

Memasuki pertengahan tahun, Niantic, Inc. sebagai developer Pokemon GO, kembali menggelar berbagai event offline dan online.
Setelah Bali dan Surabaya, Pikachu akan melanjutkan petualangannya di Nusantara dengan mengunjungi Yogyakarta dan Jakarta (FOTO: Dok,Pokemon)
News18 Mei 2024, 14:40 WIB

Game Lokal DreadOut Remastered Siap Meluncur ke PlayStation 5 dan Switch

DreadOut Remastered menjadi salah satu game karya anak bangsa yang mampu berbicara banyak di kancah global. Game horor yang satu ini, baru saja mengumumkan kabar yang membanggakan lho guys.
DreadOut. (Sumber: Soft Source Publishing)
News18 Mei 2024, 14:02 WIB

10 Alasan Dragon Age: Inquisition Begitu Istimewa, Kini Gratis di Epic Games Store

Ya, Dragon Age: Inquisition yang sudah dirilis satu dekade yang lalu memang bisa dimainkan di berbagai platform mulai dari PC, PlayStation 4, dan Xbox One.
Dragon Age: Inquisition GOTY Edition. (Sumber: Electronic Arts)
News18 Mei 2024, 13:55 WIB

5 Alasan Mengapa Tim Ninja yang Ada di Naruto Selalu Memiliki Tiga Anggota, Ternyata Ada Kaitannya Dengan Budaya Jepang!

Dalam seri anime dan manga Naruto karya Masashi Kishimoto, tim ninja yang terdiri dari tiga orang adalah format yang umum dan mendasar. Berikut alasan mengapa hal itu terjadi.
5 Alasan Mengapa Tim Ninja yang Ada di Naruto Selalu Memiliki Tiga Anggota, Ternyata Ada Kaitannya Dengan Budaya Jepang! (FOTO: Naruto Fan)
Console18 Mei 2024, 13:25 WIB

5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Rumor Remake Resident Evil, Ternyata Masih Ada Beda Pendapat di Kalangan Penggemar!

Rumor terbaru menyebutkan bahwa Capcom mungkin sedang mengembangkan remake baru untuk Resident Evil 1.
5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Mengenai Rumor Remake Resident Evil, Ternyata Masih Ada Beda Pendapat di Kalangan Penggemar! (FOTO: Capcom)
Console18 Mei 2024, 13:02 WIB

50 Game Nostalgia PS2 Terbaik, dari Petualangan, Tembak-tembakan, sampai Olahraga

PS2 bisa dikatakan sebagai konsol video game terlaris sepanjang masa, terjual lebih dari 155 juta unit di seluruh dunia.
Game nostalgia PS 2 terbaik. (FOTO: Tokopedia)
News18 Mei 2024, 12:02 WIB

5 Kisah Hidup Pendiri Minecraft Markus Persson, Tak Lulus SMA dan sempat Jatuh Miskin

Pada bulan September 2014, setelah menjual 15 juta kopi Minecraft di seluruh konsol game, Persson menjualnya ke Microsoft dengan kesepakatan tunai USD 2,5 miliar.
Markus Persson dan kolega. (FOTO: Instagram.com/notchite)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.