Battlegrounds Mobile India (BGMI) Secara Misterius Hilang dari Play Store dan App Store

Battlegrounds Mobile India (BGMI) alias versi Indianya PUBG, secara misterius dihapus dari Google Play Store dan Apple App Store. Belakangan, diduga hilangnya BGMI terjadi atas perintah dari pemerintahan India. 

IDGS, Jumat, 29 Juli 2022 - Pemerintah India sepertinya masih skeptis akan apliaksi-aplikasi yang memiliki hubungan dengan China. Kali ini PUBG Mobile yang sudah dibranding ulang dan didesain untuk memenuhi syarat-syarat dari pemerintah India itu tiba-tiba hilang dari Play Store dan App Store.

Sekedar informasi, Pemerintah India melarang peredaran banyak aplikasi mobile yang berkaitan dengan China di negaranya karena ditakutkan akan membocorkan data-data penduduk ke China.

BGMI didesain untuk mencoba menembus larangan tersebut dan sempat berhasil, namun kali ini Pemerintah India menjatuhkan bom yang mengejutkan basis pemain masif di sana.

 

Source: Krafton Inc., BGMI

(Source: Krafton/BGMI/Google Play Store)

Google dan Apple tidak memberi komentar apapun/ Namun hal ini diketauhui dari reporter Techcrunch, Manish Singh, yang mengklaim sumber anonim menjelaskan bahwa dicabutnya BGMI dari dua store aplikasi itu adalah atas perintah dari Pemerintahan India.

Melansir laporan dari Reuters, Pemerintah India menggunakan Undang-Undang IT-nya untuk menjatuhkan sanksi larangan kepada BGMI. UU yang berada di seksi 69A di UU IT India, memungkinkan pemerintah India memblokir akses publik terhadap konten terkait kepentingan keamanan negara dan alasan-alasan valid lainnya. Krafton sebagai publisher dari BGMI belum memberi komentar apapun hingga artikel ini ditulis.

Menurut pelatih dari tim Godlike, Abhijeet "Ghatak" Andhare, pemblokiran terhadap BGMI ini tidak bersifat permanen dan ia meminta para pemain India agar "berharap yang terbaik".

Battlegrounds Mobile India diluncurkan Krafton pada Juni 2021 setelah sebelumnya PUBG Mobile diblokir di India sejak September 2020. BGMI telah membukukan 100 juta pendaftar sejak akhir Juli 2022 dan menjadi salah satu judul eSports paling mainstream di India.

 

(Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI