logo

Balas Dendam Sempurna, OG Juara dari ESL One Malaysia 2022 Dengan Melibas Aster 3-0 di Grand Final

Stefanus Wahyu
Minggu 28 Agustus 2022, 19:59 WIB

ESL One Malaysia 2022 akhirnya telah selesai digelar, di mana wakil Eropa Barat, OG, keluar sebagai juara usai menundukkan wakil China Team Aster dengan skor menyakinkan 3-0 di grand final pada hari Minggu (28/8/2022). 

IDGS, Minggu, 28 Agustus 2022 - Turnamen yang digelar di Genting Highlands, Malaysia kali ini merupakan debut bagi Evgenii "Chu" Makarov sebagai pememain OG. Aslinya ia adalah pelatih utama OG namun karena (lagi-lagi) kapten Mikhail "Misha" Agatov tak bisa terbang ke Malaysia, Chu pun menjadi stand-in menggantikannya sebagai hard support (posisi 5).

Dan Chu di luar dugaan menunjukkan performa luar biasa melebihi ekspektasi di mana konstribusinya sangat besar bagi OG hingga sanggup menjadi juara ESL One Malaysia 2022.

OG tampil perkasa di grup dengan lolos ke fase playoff sebagai juara Grup B yang disebut-sebut grup neraka dengan mengemas 3 kemenangan, 1 kali imbang, dan 1 kali kalah.

Sayangnya di putaran pertama upper bracket, OG kalah 1-2 dari Team Secret sehingga harus turun ke lower bracket. Meski begitu OG tidak patah semangat dan membabat setiap lawan mereka di lower bracket untuk bertemu dengan Team Aster yang tampil dominan di sepanjang turnamen. Tim-tim yang mereka kalahkan antara lain adalah Thunder Awaken (2-1), Fnatic (2-1), dan Team Secret (2-0).

Grand final ESL One Malaysia 2022 pun menjadi ajang balas dendam bagi OG yang disingkirkan oleh Aster pada semifinal lower bracket PGL Arlington Major. Tentunya Offlaner populer OG, Ammar "ATF" Al-Assaf juga ingin membalas support Team Aster, Yu "皮球" Yajun yang menghina dirinya dengan mengetikkan "ATF=ATM?" di All Chat di akhir gim ketiga. Hinaan itu sempat mendapat tanggapan keras dari komunitas Dota 2 karena istilah "ATM" dianggap rasis karena dinilai sebagai singkatan dari (maaf) "Ammar The Monkey".

 

(PGL/Valve)

Dan sepertinya hinaan itu menjadi sumber tenaga bagi ATF dan OG untuk membalaskan dendam kekalahan mereka di Arlington sekaligus membungkam Aster dan berhasil mereka lakukan dengan sempurna.

Grand final

Di Gim pertama, OG mengandalkan strategi 3 core dengan skalabilitas late-game mumpuni yakni Mars (ATF), Bristelback (Artem "Yuragi" Golubiev), dan yang mengejutkan adalah draft Shadow Fiend Mid Lane (Bozhidar "bzm" Bogdanov) serta support Omniknight (Chu) dan Dark Willow (Tommy "Taiga" Lee).

Sementara itu Aster memilih draft ortodoks mengandalkan satu Hyper Carry yakni Troll Warlord (Du "Monet" Peng), Mid Laner Queen of Pain(Zeng "Ori" Jiaoyang), Offlaner Enigma (Lin "Xxs" Jing) yang didukung Dazzle (皮球), dan Tiny (Ye "BoBoKa" Zhibiao).

Kedua tim bermain relatif aman di mana hanya terjadi 2 kill dalam 10 menit karena fase laning yang sangat seimbang. Bristelback mengcounter Eidolon Enigma, Shadow Fiend sanggup bertahan dari QoP lewat bantuan rotasi dua support, dan Mars-Dark Willow berimbang melawan Troll Warlord-Dazzle.

Bristelback memimpin networth jauh meninggalkan pemain-pemain lainnya termasuk Troll Warlord sehingga dapat memperoleh Aghanim dengan cepat dan menebar teror bagi Aster. Hanya saja Aster menjawab lewat kerjasama tim yang kompak serta kelihaian Black Hole dari Xxs sehingga sanggup memenangkan beberapa teamfight krusial di fase mid game untuk bertahan dan memberi ruang bagi Troll Warlord Farming.

https://twitter.com/ESLDota2/status/1563811352434835456

Sayangnya begitu Troll Warlord jadi, ketiga hero core OG (Bristelback, Mars, Shadow Fiend) juga sudah sama-sama jadi. Mars dari ATF menggunakan build unik ciri khasnya yakni Aghanim+Satanic+Daedalus+BKB tanpa Dagger yang berkonstribusi Damage sangat besar. Sedangkan Shadow Fiend bzm menggunakan build Arcane Dagger+Guinsoo+Aghanim.

Namun Aster menunjukkan mental pantang menyerah yang luar biasa. Enigma Xxs mengecoh OG dengan menggunakan Black Hole secara serampangan yang hanya mengenai Yuragi tanpa follow-up dari rekan-rekan setimnya. Mengira Enigma tidak punya Black Hole, OG langsung mendorong maju Mid Lane, namun mereka tidak tahu bahwa Xxs langsung teleport ke markas untuk membeli Refresher Orb, dan menggunakannya untuk sekali lagi mengeksekusi Black Hole kedua yang kali ini dengan sempurna mengunci seluruh hero core OG dan membuat OG menelan kekalahan besar.

https://twitter.com/OGesports/status/1563812545261092866

Namun OG menunjukkan mental juara mereka dengan tidak panik dan tetap tenang di teamfight berikutnya, yang berbuah kemenangan dan langsung menghancurkan seluruh barak dan tower tengah untuk kemudian meluluh lantakkan Throne dari Aster di menit 46.

https://twitter.com/OGesports/status/1563815375531393024

Di gim kedua, Aster kembali meremehkan ATF dan membiarkan OG mengambil Mars. OG kemudian men-draft Nyx untuk mengcounter Puck dan Tiny Aster. Bzm menggunakan Ember Spirit di Mid Lane melawan Puck dari Ori. Monet mendapatkan Phantom Assassin yang membuat penonton serta panelist bersorak karena sebelumnya Monet membantai Secret habis-habisan menggunakan hero itu di final upper bracket. Sebagai jawabannya, OG secara mengejutkan mengambil Techies support serta Terrorblade Hyper Carry. Sedangkan Aster mengambil Winter Wyvern dan Visage Off Lane.

Kedua tim bermain jauh lebih agresif dibandingkan gim pertama di mana banyak terjadi kill dalam 15 menit pertama. Meski begitu fase laning mutlak dimenangkan oleh OG. Visage-Tiny tidak bisa menyentuh Terrorblade yang dijaga oleh Nyx, Mars-Techies mendominasi PA-Winter Wyvern, sedangkan Puck dari Aster berkali-kali terbunuh berkat permainan gemilang dari Techies dari Chu, yang sanggup memberi efek Silence kepada Puck di saat-saat krusial.

https://twitter.com/OGesports/status/1563826214346936320

Sementara itu Ember Spirit bzm menebar teror ke dua lane lain lewat penggunaan ulti serta Sleight of Fist yang tangkas.

Terrorblade yang dikendalikan Yuragi jauh memimpin dari segi networth dan selalu unggul satu item penuh dibandingkan PA Monet. Hebatnya Aster masih sanggup bertahan dan memberi ruang bagi Monet untuk farming hingga mendapatkan BkB+Battle Fury+Aghanim+Desolator.

Aster juga sukses meredam penguasaan OG atas Roshan, di mana mereka sekali membuat Aegis Yuragi sia-sia dan Monet sukses mencuri Aegis meski kemudian ia mati cepat, namun berhasil diselamatkan usai hidup kembali. Hal ini mencegah OG untuk mendorong lane lebih jauh lagi. Melihat ancaman comeback dari Aster, ATF pun memilih menggunakan build standar Mars yakni Dagger+BKB agar dapat berkonstribusi lebih bagi timnya dalam teamfight. Pilihan yang akan ia syukuri di penghujung gim kedua.

Kedua tim pun terlibat dalam pertarungan sengit berulang kali dengan hasil cukup berimbang hingga akhirnya OG memutuskan untuk masuk ke markas Aster lewat Mid Lane dan berhasil membunuh tiga hero lawan mereka dan hanya menyisakan Monet dan Ori. Di saat genting tersebut Monet sekali lagi menunjukkan keganasannya menggunakan PA dengan membabat habis hero-hero OG dan mencetak RAMPAGE.

https://twitter.com/OGesports/status/1563834870656372739

Sayangnya, Terrorblade Yuragi luput dari kengerian Monet. Yuragi membunuh Ori terlebih dahulu sebelum kemudian berduel melawan Monet.

Naas bagi Monet, OG sama sekali tidak tertarik untuk menghadapinya dengan ksatria lewat duel 1 vs 1. Mars ATF yang sudah dibunuh Monet beberapa detik lalu, melakukan buyback dan teleport ke outpost jungle bawah Radiant sebelum kemudian bergerak cepat dengan Blink Dagger untuk membantu Yuragi yang tengah berduel dengan Monet. Melawan Terrorblade full HP dengan Metamorphosis dan Mars sekaligus, Phantom Assassin Monet sebagai satu-satunya hero Aster yang masih bertahan akhirnya tumbang, membuat OG memenangkan gim kedua.

https://twitter.com/ESLDota2/status/1563835540474318849

Di gim ketiga, OG menang lewat strategi mereka yang benar-benar membuat Aster mati kutu. Aster kali ini tidak memberi ATF Mars, dan alih-alih mengambil hero itu bagi Xxs. Ori kali ini menggunakan Tiny di Mid Lane. Monet dipercayai menggunakan Bloodseeker sementara untuk support, Aster mengambil Grimkstroke dan Hoodwink.

OG mendraft Underlord untuk ATF, Puck bagi bzm, dan Phantom Assassin bagi Yuragi. Sementara Chu dipercaya menggunakan Shadow Demon sedangkan Taiga menggunakan Dark Willow.

Underlord ATF memenangkan Top Lane namun bzm di mid kalah melawan Ori. Sedangkan Bot Lane berlangsung seimbang.

Strategi OG mulai berjalan di fase mid game. Mereka mengcounter ancaman Rupture dari Bloodseeker serta Soulbind dari Grimstroke menggunakan mobilitas Fiend's Gate dariu Underlord ATF. Setiap kali ada hero OG yang terkena Rupture, ATF langsung menggunakan Fiend's Gate untuk menyelamatkan temannya dengan teleport bersama ke fountain sebelum kemudian teleport balik di tengah-tengah teamfight untuk melanjutkan pertarungan.

https://twitter.com/OGesports/status/1563847404121735170

Strategi ini membuat Aster kecolongan dan kebingungan mencari cara menangkalnya. Dan sebelum mereka berhasil menemukan jawaban menangkal strategi OG, Phantom Assassin Yuragi sudah terlanjur jadi.

Aster bukannya tanpa momentum, hanya saja sekali lagi Chu menunjukkan performa luar biasa di mana berkali-kali ia menyelamatkan rekan-rekannya lewat timing penggunaan Disruption yang tepat. Ditambah dengan strategi "penyelamatan" dari Underlord ATF serta Dark Willow Taiga, Aster sama sekali kehilangan inisiatif dalam teamfight dan hanya bisa pasrah melihat OG menghancurkan tower demi tower, barak demi barak mereka hingga mega creeps.

Aster akhirnya menyerah di menit ke-40. OG sukses melakukan balas dendam mereka dengan kemenangan sempurna 3-0, sekaligus menasbihkan diri sebagai juara dari ESL One Malaysia 2022.

https://twitter.com/OGesports/status/1563852529045233664

Dengan kemenangan ini, OG pun berhak atas hadiah uang sebesar USD175,000 atau sekitar Rp2,6 miliar. Sedangkan Aster sebagai runner-up berhak atas hadiah uang senilai USD85,000 atau sekitar Rp1,26 miliar.

 

(Stefanus/IDGS)

Follow Berita Indogamers di Google News
News Update
E-Sport05 Oktober 2024, 23:44 WIB

Hasil Pertandingan Liga 1 Esports Nasional 2024: Siapa Unggul Hari Ini?

Liga 1 Esports Nasional 2024 resmi dimulai, masing-masing tim yang akan bertanding siap meriahkan panggung Liga1 Esports Nasional 2024 di hari pertama ini.
Hasil Pertandingan Liga 1 Esports Nasional 2024: Siapa Unggul Hari Ini? (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
E-Sport05 Oktober 2024, 23:37 WIB

Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Diselenggarakan, Dukung Tim Kesayangan Kamu dan Ikuti Ragam Keseruan di Lokasi Gratis!

Liga Esports Nasional 2024 resmi dimulai, masing-masing tim yang akan bertanding siap meriahkan panggung Liga1 Esports Nasional 2024 di hari pertama ini.
Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Diselenggarakan (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
E-Sport05 Oktober 2024, 23:27 WIB

Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Dibuka! Simak Berbagai Keseruan di Lokasi

Liga 1 Esports Nasional 2024 resmi dibuka hari ini, diselenggarakan secara Offline di Mall Taman Anggrek Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.
Liga 1 Esports Nasional 2024 Resmi Dibuka! (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Gadget05 Oktober 2024, 19:00 WIB

Bocoran Soal Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Air M2

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple MacBook Air M2:
MacBook Air M2 13-Inch. (Apple Insider)
Gadget05 Oktober 2024, 17:30 WIB

Daftar Keunggulan dan Kelemahan Apple iPad Pro 12.9

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple iPad Pro 12.9:
Apple iPad Pro 12.9 (Foto: Digital Trends)
Gadget05 Oktober 2024, 17:04 WIB

Membedah Apple iPad Air 13: Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Diketahui

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple iPad Air 13:
iPad Air 13 (FOTO: iPad Air 13)
News05 Oktober 2024, 16:07 WIB

Palworld Resmi Tersedia untuk PS5 di Jepang, Kapan Ready di Indonesia?

Setelah sempat tertunda, game Palworld dari Pocketpair, yang menghadirkan pengalaman bertahan hidup ala Pokémon, kini akhirnya tersedia di PS5 untuk wilayah Jepang.
Palworld. (Sumber: Gamerant)
News05 Oktober 2024, 15:44 WIB

Diablo 4 Dikonfirmasi Akan Menuju PS5 Pro dengan Berbagai Peningkatan

Activision Blizzard mengonfirmasi bahwa game Diablo 4 serta ekspansinya, Vessel of Hatred, akan mendapatkan peningkatan khusus untuk PS5 Pro.
Diablo 4 (FOTO: Blizzard)
Gadget05 Oktober 2024, 15:01 WIB

Kelebihan dan Kekurangan Apple MacBook Air M3: Panduan untuk Pembeli Cerdas

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan Apple MacBook Air M3:
MacBook Air M2 13-Inch. (Apple Insider)
Gadget05 Oktober 2024, 14:20 WIB

Sepsifikasi Apple iPad Air 13. Kelebihan dan Kekurangan yang Perlu Kamu Tahu

Berikut adalah sepsifikasi, kelebihan dan kekurangan Apple iPad Air 13 yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membelinya
iPad Air 13 (Foto: YouTube/Karl Conrad)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+62851 8306 6952

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.