Klaus Teuber Sang Pencipta Catan Meninggal di Usia 70 Tahun

INDOGAMERS.ID Game Designer legendaris berkebangsaan Jerman, Klaus Teuber, mengehembuskan napas terakhirnya di usia 70 tahun. Berita duka ini disampaikan melalui laman Catan dan akun Twitter resmi Catan pada 4 April 2023 ini.

Dalam pernyataan dukanya, Catan Studios menyatakan bahwa kontribusi Klaus Teuber di industri board game memang tak terkira. Mereka akan mengenang Klaus Teuber sebagai personal yang baik hati dan tak egois, pemimpin yang menginspirasi, dan terpenting, sebagai seorang teman.

Klaus Teuber mendesain beberapa board game seperti Catan (The Settlers of Catan), Barbosa, dan Hoity Toity. Catan menjadi salah satu board game populer sepanjang masa yang pernah memenangkan Spiel des Jahres (Game of The Year) di tahun 1995.

Tak hanya Catan yang memenangkan Spiel des Jahres, tiga board game lain ciptaanya juga menyabet penghargaan tersebut; Barbarossa di tahun 1988, Drunter und Drüber di tahun 1991, dan Hoity Toity di tahun 1990.

Catan adalalah board game yang dimainkan 3 hingga 4 pemain untuk mendirikan dan memperluas kekuasaan peradaban di pulau fiksional bernama Catan. Para pemain bisa saling berdagang, mencuri sumber daya, maupun menghalangi peradaban pemain lain semakin luas.

Sebagai salah satu board game terpopuler sepanjang masa, Catan telah diterjemahkan ke dalam 40 bahasa dan terjual lebih dari 32 juta kopi di tahun 2020. Dalam perjalanannya, Catan juga diadaptasi ke dalam beberapa judul video gim serta film pendek.

Turnamen Dunia Catan telah digelar 13 kali dari tahun 2002 hingga 2022. Digelar di Internationalen Spieltage di Essen selama 6 kali, Catan World Championship kemudian digelar di bergiliran di Amerika dan Jerman dengan rentang 2 tahun sekali. Hingga di tahun 2022 diadakan di negara Malta.


(IDGS/deJeer)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI