Discord Ubah Sistem Username Tanpa Tag Atau Angka Discriminator

INDOGAMERS.ID Discord memakai sistem username case sensitive (peka huruf besar-kecil) dan pagar diikuti angka yang dinamakan discriminator atau yang disebut juga sebagai tag. Hari ini Discord umumkan perubahan sistem username tersebut menjadi @username (4/5).

Sejak 2015, pengguna Discord bisa memakai username yang sama dengan pengguna lain selama berbeda tag dan penulisan besar kecilnya huruf. Penggantian sistem username menjadi @username seperti kebanyakan media sosial ini dianggap Discord dapat memudahkan mengindentifikasi pengguna maupun menambah teman.

IDGS merangkum FAQ dasar untuk perubahan ini:

Q: Karakter apa saja yang diperbolehkan untuk sistem username Discord yang baru?

A: Karakter latin (a-z), angka (0-9), dan karakter spesial khusus (_ dan .)

Q: Apa batasan sistem username Discord yang baru?

A: Username minimal 2 karakter dan maksimal 32 karakter. Hanya diperbolehkan memakai huruf kecil dan tidak bisa menggunakan karakter spesial berurutan (contoh: d.j. boleh, dj.. tidak boleh).

Q: Kapan pengguna bisa memakai sistem username Discord yang baru?

A: Discord akan melakukan perubahan secara bertahap. Pengguna Discord lebih lama akan dapat melakukannya lebih dahulu daripada pengguna lebih baru. Misal saja pengguna 5 tahun akan lebih cepat bisa melakukannya daripada pengguna baru 2 tahun.

Q: Apakah tag akan hilang?

A: Ya. Namun dalam waktu terbatas, pengguna lain masih bisa mencari atau menambahkan teman menggunakan username yang lama (dengan tag).

Setiap perubahan pasti ada pro dan kontra, termasuk perubahan sistem username Discord ini. Beberapa pengguna Discord menganggap sistem username yang digunakan sekarang sudah baik dan memiliki keunikan tersendiri.

Penggunaan sistem username baru ini dikhawatirkan akan mendatangkan gelombang akun-akun yang mengambil nama pengguna telah dikenal, seperti misalkan saja para streamer. Hal tersebut juga akan turut serta mendatangkan jual beli akun Discord berdasarkan username.

Kalau kamu bagaimana? Apakah menurutmu ini kemajuan atau sebuah kemunduran untuk Discord? Informasi lebih mengenai perubahan ini, bisa kamu cek di laman Discord Basics.


(IDGS/deJeer)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI