Harga Unity Naik Tahun Depan, Unity Plus Dihapuskan

Credits: Unity.

INDOGAMERS.ID Harga yang perlu dibayarkan pengembang untuk menggunakan Unity, kembali naik. Mulai 1 Januari 2024, Unity perkenalkan Unity Runtime Fee baru yang dihitung berdasarkan jumlah gim tersebut terinstal.  

Dijelaskan di blog Unity, gim perlu membayar Unity Runtime Fee setelah mencapai batas capaian pendapatan minimum dalam 12 bulan terakhir dan jumlah instal. Berdasarkan layanan, berikut pembagiannya:

  • Unity Personal dan Unity Plus: Gim yang telah menghasilkan $200.000 atau lebih dalam 12 bulan terakhir, dan telah terinstal setidaknya 200.000 kali.
  • Unity Pro dan Unity Enterprise: Gim yang telah menghasilkan $1.000.000 atau lebih dalam 12 bulan terakhir, dan telah terinstal setidaknya 1.000.000 kali.

Lantas berapakah biaya mesti dibayarkan oleh pengembang ketika telah mencapai batasan pencapaian tersebut? Pengembang dengan langganan Unity Personal dan Unity Plus dikenakan biaya tetap (tak peduli berapapun batas pencapaian setelahnya) sebesar $0.20 per instal.

Sedangkan untuk Unity Pro, dimulai dari $0.15 per instal dan diturunkan hingga $0.02 per install tergantung jumlah instal. Pelanggan Unity Enterprise dikenakan $0.125 per install dan diturunkan hingga $0.01 per instal.

Credits: Unity.

Unity juga mengumumkan bahwa Unity Plus dihapuskan bagi pelanggan baru mulai hari ini, 12 September 2023. Pelanggan Unity Plus yang langganannya masih berjalan, di pertengahan bulan Oktober, mereka akan menerima email tawaran untuk upgrade ke Unity Pro selama satu tahun dengan biaya Unity Plus saat ini.


Source: Game Developer, Unity.

(IDGS/deJeer)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI