logo

Lima Kesalahan Besar BlackBerry yang Sangat Fatal

root
Rabu 09 Januari 2013, 07:00 WIB
Lima Kesalahan Besar BlackBerry yang Sangat Fatal

Lima Kesalahan Besar BlackBerry yang Sangat Fatal

Pada tahun 2008 perusahaan ini sangat mahal sekali, dengan berbagai macam hal yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. BlackBerry memiliki harga yang sangat tinggi untuk dijual, perusahaan tersebut berharga sebesar 84 miliar dollar AS. Namun keterpurukan yang dialami oleh perusahaan yang memiliki basis di Canada tersebut sekarang telah jatuh dari masa keemasan. Harga jual dari perusahaan tersebut saat ini hanya 4,7 miliar dollar As saja. Sangat jauh jika dibandingkan dengan masa keemasannya. Lalu apa saja hal menyebabkan perusahaan tersebut bisa mengalami hal ini? Berikut adalah 5 kesalahan besar yang dilakukan oleh BlackBerry yang kami rangkum dari inet.Detik;

1. Menganggap Remeh Kedatangan iPhone

 

 

Di tahun 2007, kedatangan iPhone memang seperti tidak memiliki arti dan memberi sedikit persaingan pada perusahaan yang masih bernama Research in Motion tersebut. Bahkan CEO dan co CEO dari BlackBerry menganggap iPhone adalah sebuah ponsel yang tidak bisa berbuat banyak. Selain kelemahan pada baterai yang tidak bertahan lama pada ponsel itu, iPhone juga dianggap sebagai ponsel dengan layar sentuh yang sulit sekali untuk digunakan.

2. Membiarkan Android Terus Berkembang

 

 

Beberapa tahun silam di tahun 2008, ponsel Android sama sekali tidak dipandang oleh konsumer. Kebanyakan orang tetap memilih menggunakan BlackBerry. Namun sayangnya BlackBerry dari tahun itu tetap saja sama dan tidak mengembangkan apa yang telah mereka dapatkan. Hal ini berbeda sekali dengan Google ataupun Apple, meski belum begitu meledak pada saat itu, perusahaan tersebut memiliki misi yang sama yaitu akan membuat ponsel sebagai salah satu benda yang memiliki banyak kegunaaan termasuk juga untuk kegunaan hiburan. BlackBerry yang hanya mengandalkan fitur BBM sebagai salah satu alat komunikasi yang paling banyak digunakan saat itu tidak berubah, sementara Google yang membuka kesempatan kepada setiap developer untuk bergabung terus maju dan membuat banyak perubahan.

3. PlayBook, Tablet Besutan BlackBerry

 

 

PlayBook diduga sebagai salah satu penyebab kejatuhan BlackBerry. Hal ini disebabkan oleh titip pusat yang dilakukan oleh BlackBerry pada perangkat tersebut. Hampir semua kekuatan BlackBerry diarahkan kesana, inilah yang membuat handset dari BlackBerry menjadi terbengkalai. Padahal jika perusahaan tersebut tidak mengalihkan perhatiannya kepada tablet itu, bisa saja ponsel yang mereka buat akan berkembang. Terlebih di tahun 2010, tahun dimana perusahaan meluncurkan tablet tersebut kebangkitan dari iPhone sudah mulai terlihat, terlebih perangkat-perangkat Android juga sudah mulai bermunculan.

4. Trend, Bring Your Own Device

 

 

Pasar yang diraih BlackBerry pada saat itu adalah pasar untuk setiap pengusaha. Dengan fiturnya BBM banyak pengusaha yang menggunakan perangkat BlackBerry sebagai salah satu alat komunikasi yang paling populer saat itu. Bisa dibilang, kuasa pasar memang sepenuhnya dikuasai oleh BlackBerry. Sayangnya, perusahaan yang ada sekarang lebih membebaskan karyawannya untuk menggunakan ponsel yang mereka pilih sendiri. Tren ini tentu menjatuhkan BlackBerry, apalagi iOS dan Android memang lebih banyak memiliki variasi dibandingkan BlackBerry. Seharusnya BlackBerry bisa mengatasi hal ini sebelum semuanya terjadi.

5. BlackBerry 10 Yang Sangat Terlambat

 

 

Jika BlackBerry menyadari akan adanya persaingan dengan ponsel Android dan iPhone dengan cepat, mungkin mereka tidak akan pernah terlambat untuk masih bisa bersaing dengan kedua ponsel-ponsel besar itu. Sayangnya BlackBerry selalu menunda-nunda hal tersebut dan membiarkannya terjadi begitu lama. Awalnya BlackBerry 10 akan diluncurkan di tahun 2011, itu memang agak terlambat sesungguhnya, namun keputusan yang mereka ambil untuk menundanya di tahun 2012 sudah sangat salah. Dan satu tindakan fatal yang akhirnya mereka buat adalah meluncurkannya di tahun 2013. Seandainya pada tahun 2011 mereka tidak menunda peluncuran BlackBerry 10, perusahaan tersebut setidaknya masih bisa mendapatkan pasar meskipun harus berbagi dengan kedua OS lainnya tadi. <bms>

Follow Berita Indogamers di Google News
Editor :
Tags :
News Update
Guides04 Mei 2024, 18:42 WIB

5 Tips Menggunakan Vexana, Hero Mage Overpower di Mobile Legends Season 32

Sebagai seorang midlaner, kemampuan Vexana yang dinilai overpowered (OP) menjadi daya tarik tersendiri bagi para pemain.
5 Tips Menggunakan Vexana Mobile Legends, Hero Mage Overpower di Season 32(Sumber: Twitter.com/@Txtmlbb)
Guides04 Mei 2024, 17:13 WIB

Panduan Build Saber Terbaik dan Tersakit di Mobile Legends Season 32, Cocok Kalau Kamu Pakai di Mode Rank!

Meskipun hero Assassin termasuk yang sulit dikuasai, ada beberapa hero yang mudah dimainkan tetapi tetap bisa menjadi mematikan dalam pertandingan. Saber salah satunya.
Panduan Build Saber Terbaik dan Tersakit di Mobile Legends Season 32, Cocok Kalau Kamu Pakai di Mode Rank! (FOTO: Mobile Legends)
Mobile04 Mei 2024, 16:15 WIB

7 Hero Mobile Legends Paling Tampan, Hero Favorit Kamu ada yang Masuk Daftar?

Dari sekian banyak hero yang ada di Mobile Legends, beberapa di antaranya menonjol karena penampilan mereka yang tampan.
7 Hero Mobile Legends Paling Tampan, Hero Favorit Kamu ada yang Masuk Daftar? (FOTO: Mobile Legends)
Infografis04 Mei 2024, 15:32 WIB

Auto Win! Begini Build Harith versi BTR EMANN

Harith saat ini menjadi hero yang sedang naik daun di skema Mobile Legends. BTR EMANN merupakan salah satu player yang sukses memaksimalkan hero lincah ini
Auto Win! Begini Build Harith versi BTR EMANN (FOTO: Schnix)
Console04 Mei 2024, 15:31 WIB

Kabar Gembira! Pemain Xbox dan Switch Dapat Uji Coba Gratis Game Star Wars

Ada kabar bagus nih buat kamu pengguna Xbox dan Switch karena tepat di peringatan Hari Star Wars yang jatuh pada 4 Mei, ada game gratis yang bisa dicobain.
Star Wars. (Sumber: PlayStation)
Console04 Mei 2024, 15:07 WIB

Resident Evil 9 akan Rilis Januari 2025, Capcom Diklaim Rahasiakan Sesuatu

Pada akhirnya setelah rumor berkembang semakin liar, Resident Evil 9 mulai menemukan titik terang.
Resident Evil. (Sumber: Resident Evil)
News04 Mei 2024, 15:02 WIB

Fallout Mendominasi Daftar Game yang paling Banyak Dimainkan di Steam Deck pada bulan April 2024

April 2024 jadi bulan yang istimewa di daftar game paling populer di Steam Deck. Ada satu franchise game yang jadi penguasa, yaitu Fallout.
Fallout (FOTO: gamespot.com)
Console04 Mei 2024, 14:37 WIB

Soal Resident Evil, Capcom Dikabarkan Sedang Siapkan Kejutan untuk Tahun Ini

Franchise Resident Evil selalu dinanti terlebih pada tahun ini yang dikabarkan bakal menjadi waktu penuh kejutan dari Capcom.
Resident Evil 9 (Sumber: Instant Gaming News) (FOTO: Instant Gaming News)
Console04 Mei 2024, 11:48 WIB

Kabar Terbaru Sebut Resident Evil 9 Kemungkinan Rilis Januari 2025! Seperti ini Detailnya

Kabar terbaru dari dunia game menyebutkan bahwa Resident Evil 9 mungkin akan segera hadir, bahkan lebih cepat dari yang kita duga.
Kabar Terbaru Sebut Resident Evil 9 Kemungkinan Rilis Januari 2025! Seperti ini Detailnya(FOTO: Tangkap Layar Youtube Podcast Now)
Guides04 Mei 2024, 10:04 WIB

Acer Kolaborasi dengan HMNS Bikin Parfum Khusus Gamers

Acer berkolaborasi dengan HMNS Parfum membuat parfum untuk para gamers di Indonesia.
Kolaborasi Acer dab HMNS Parfum khusus untuk gamers (FOTO: Indogamers.com/Ica Juniyanti)
Portal Media Game Nomor 1 di Indonesia

Indogamers sebuah situs yang didedikasikan kepada pecinta game dari semua kalangan dan latar belakang. Hadir menjadi sumber informasi terpercaya bagi seluruh gamers di Indonesia.

Perumahan Bukit Hijau Felicity Village Blok B No. 6 Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Provinsi Jawa Barat 16517

+6289633333329

Subscribe

Anda juga bisa mengikuti update terbaru mengenai event-event yang sedang berjalan di media sosial kami.

© Copyright 2024 IndoGamers. All rights reserved.