Menggunakan Ponsel Terlalu Sering Bisa Membuat Cepat Tua

Menggunakan Ponsel Terlalu Sering Bisa Membuat Cepat Tua

Setiap orang sekarang ini memang banyak yang menggunakan perangkat mobile seperti ponsel ataupun tablet untuk menunjang kehidupan sehari-hari mereka. Namun ternyata dibalik kegunaan dari perangkat-perangkat tablet yang sangat berguna tersebut, ada kekurangan yang dimilikinya? Ini bukan lagi soal radiasi yang sering dibahas, yang mana radiasi tersebut keluar dari perangkat ponsel. Akan tetapi penggunaan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan penggunanya menjadi lebih cepat tua.

 

 

Terlalu sering menggunakan gadget dapat memberikan pengaruh yang cukup besar kepada postur tubuh sang pengguna. Dr. Kiran Lohia selaku Medical Director dari Lumiere Dermatology mengatakan bahwa setiap orang yang sering menggunakan gadget tentu akan terus menjaga kepala mereka tetap menunduk selama berjam-jam untuk memandangi ponsel atau tablet mereka. Hal inilah yang menyebabkan otot leher menjadi lebih pendek, hal tersebut tentu mengakibatkan tarikan gravitasi pada kulit meningkat. Dengan peningkatan tersebut, Dr. Kiran mengatakan kalau hal tersebut membuat kulit menjadi kendur, dan memberikan garis-garis pada bibir ke dagu, juga kulit rahang yang mulai longgar.

Ini sebenarnya tak hanya terjadi pada para pengguna smartphone dan tablet saja, para pengguna laptop yang menundukkan kepala mereka terlalu lama juga akan menerima resiko yang sama dengan mereka yang menggunakan perangkat mobile. Bahkan salah satu dokter yang lain dari tempat penelitian yang berbeda mengatakan kalau kekeriputan tidak hanya terjadi pada dagu saja, namun juga pada kulit-kulit wajah.

 

 

Dr. Kiran sendiri memberikan saran kepada para pengguna smartphone ataupun tablet agar tetap menggunakan ponsel mereka dengan berbading lurus dengan dagu, atau tidak menundukkan kepala terlalu lama. Ia juga menambahkan, agar pengguna dapat beristirahat dalam waktu tertentu jika memang leher sudah terlalu lama menunduk. <bms>

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI