Tidur Bersama Dengan Smartphone Itu Berbahaya!

Tidur Bersama Dengan Smartphone Itu Berbahaya!

Kebutuhan akan gadget yang sangat tinggi membuat manusia sekarang ini tak bisa terlepas dari gadgetnya masing-masing. Bahkan pada saat tidur sekalipun, seseorang tak bisa terlepas dari yang namanya gadget. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang tidur bersama dengan gadget mereka dengan berbagai alasan seperti ingin menghidupkan alarm dan lain sebagainya. Namun tahukah anda bahwa tidur bersama gadget ternyata berbahaya?

 

 

National Sleep Foundation mengatakan bahwa 98% respondennya menggunakan perangkat elektronik sebelum mereka tidur. Perangkat elektronik tersebut juga termasuk TV, tablet, pemutar musik, smartphone dan lainnya. Teknologi-teknologi ini ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur para penggunanya. Hormon yang tercipta pada saat seseorang tidur pun bisa tidak jadi tercipta. Cahaya yang keluar dari layar elektronik tersebut dapat mengelabui tubuh penggunanya. Hal ini membuat tubuh mulai berpikir bahwa saat itu adalah siang hari dan akibatnya tubuh akan berhenti memproduksi hormon melatonim.

Adanya berita atau permainan baru juga membuat pikiran Anda menjadi sangat aktif dan sulit rileks untuk tidur. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Sleep Medicine menemukan bahwa penggunaan komputer dan ponsel sebelum tidur positif berkorelasi dengan insomnia, seperti yang dikutip dari laman detikInet. Fakta lainnya, selama sinyal gadget Anda aktif, maka ia akan 'berkomunikasi' dengan menara seluler terdekat dan memancarkan radiasi tingkat rendah. Sebuah penelitian di tahun 2008 menemukan bahwa mereka yang terkena radiasi ponsel selama tiga jam sebelum tidur memiliki masalah dalam kualitas tidur dan bahkan insomnia. Hasilnya adalah tidur larut malam dan sering terbangun pada malam hari.

 

 

Salah satu solusi terbaik mengenai masalah ini adalah dengan menjauhkan alat-alat elektronik dari kamar. Dengan demikian tentu tidak akan ada lagi kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan teknologi dikamar. Jika memang menggunakan ponsel sebagai alarm, ada baiknya untuk menggunakan alarm jam sungguhan. Jadi tidur pun tidak akan terganggu pada malam hari oleh frekuensi sinyal yang dikirimkan ke smartphone pengguna. <bms>

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI