Karena Internet, Pelajar Pintar Jadi Bodoh

Karena Internet, Pelajar Pintar Jadi Bodoh

Internet yang memiliki fungsi sebagai penyampai informasi yang cepat justru memiliki dampak negatif yang cukup signifikan kepada para pelajar. Suatu hal yang sangat ironis ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris. Pada penelitian tersebut terungkap bahwa pelajar yang memiliki otak cerdas dan menggunakan internet di dalam kelas, justru mendapatkan nilai mereka menurun.

 

 

Para pelajar yang membawa gadget untuk melakukan internet di dalam kelas justru membuat mereka menjelajahi dunia maya untuk keperluan non-akademis. Ijin yang diberikan kepada pelajar untuk membawa gadget mereka ke dalam kelas tersebut justru di salah-gunakan untuk membaca berita, mengirim email, membuka jejaring sosial dan lainnya yang justru tidak bersangkutan dengan non-akademis.

Pada penelitian yang melibatkan 500 pelajar di MSU tersebut mengatakan kalau setiap pelajar memang harus bertanggung-jawab atas tindakan yang mereka ambil tersebut untuk tetap menjaga konsentrasi mereka di dalam kelas. Banyak pelajar pintar yang memang dapat melakukan tindakan multi-tasking di dalam kelas, namun untuk mengakses internet sepertinya memang satu masalah khusus yang dihadapi oleh pelajar dan sulit untuk di tolak.

 

 

Di Inggris sendiri pelajar memang tidak dilarang untuk membawa ponsel mereka ke dalam kelas. Hal tersebut dikeranakan ponsel adalah perangkat yang menjadi sumber informasi utama sebagai penerima pesan darurat. <bms>

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI