Android L Buat Baterai Smartphone Jadi Lebih Awet?

Android L Buat Baterai Smartphone Jadi Lebih Awet?

Beberapa waktu lalu Google resmi memperkenalkan sebuah OS Android terbaru dengan kode Lolipop yang membawa banyak perubahan dan fitur baru daripada OS sebelumnya 4.4 KitKat. Perkenalan Lolipop pada hari kamis lalu ternyata membawa rasa penasaran para Developer tentang apa saja fitur menarik dan keuntungan yang dibawa oleh Android L ini.

Saat ini Android L tengah dicoba pada ponsel Nexus Google. OS Android Developer edition ini ternyata membawa beberapa keuntungan selain tampilan antarmuka (interface) yang berubah, Android L ternyata membuat baterai pada smartphone menjadi lebih awet.

Dilansir dari Phone Arena, Android L yang sedang diuji coba ini memang masih mempunyai bug. Hal ini akan terus diperbaiki oleh Google hingga saat peluncurannya nanti beberapa bulan mendatang. Lalu kenapa Android L bisa membuat baterai pada smartphone lebih awet? Setelah melewati tahap uji coba, Android L ternyata menambahkan modus battery saver baru yang memungkinkan perangkat dapat tetap hidup 1,5 jam, walaupun berada dalam kondisi low level.

Versi Android terbaru ini juga memilik fitur optimizations yang dikenal dengan nama Project Volta. Dengan fitur ini, perangkat akan lebih hemat dalam mengonsumsi daya baterai. Kabarnya, Google juga menampilkan perubahan pada sistem notifikasi. Pengguna bisa tetap melihat notifikasi dan berinteraksi pada saat modus 'lock screen'.

Menurut Uji Coba yang sudah dilakukan para Developer, Android L akan membawa fitur bernama Project Volta yang memungkinkan perangkat akan lebih hemat dalam mengonsumsi daya baterai

Selain fitur baterai, kabarnya Google juga menambah celah keamanan pada Android L untuk menyaingi keamanan pada iPhone. di mana pengguna bisa menghapus data secara remote (jarak jauh). Fitur ini akan berguna apabila ponsel pengguna telah dicuri orang dan memastikan agar data atau informasi penting tidak jatuh ke tangan orang lain.

Untuk update lain yang belum terungkap, kami akan terus menginformasikan kepada anda. Saat ini dikabarkan juga hanya beberapa ponsel high end yang bakal mendapat update android L ini seperti  Moto X, Moto G, S5, Nexus 5.(Afg)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI