Kontroller PS4 Kini Bisa Digunakan di PS3 Secara Wireless

Kontroller PS4 Kini Bisa Digunakan di PS3 Secara Wireless

Konsol Next gen PS4 memang saat ini menjadi konsol paling terlaris mengalahkan kompetitornya Xbox One. Sejak diluncurkan pada November 2014 lau, Sony membuat kontroler ps4 agar tetap bisa digunakan pada konsol PS3 tetapi dengan syarat harus dicolok oleh kabel USB. Namun hal itu sudah tidak perlu lagi digunakan karena pada update firmware pada PS3, 4.60 saat ini kontroller PS4 bisa digunakan secara wireless untuk bermain seluruh game PS3.

Awalnya kontroler PS4 memang sudah bisa digunakan pada konsol PS3 namun harus tetapi menggunakan kabel USB sebagai perantara. Tetapi saat ini anda bisa menggunakanya tanpa menggunakan kabel lagi (wireless) jika firmware PS3 anda sudah diupdate ke 4.60.

Namun jelas ada yang kurang, karena memang tidak semua fitur PS4 ada di PS3. Seperti sensor pendeteksi gerakan, tombol PlayStation, dan juga feedback getaran, yang ternyata tidak akan aktif ketika menghubungkan DualShock generasi baru dengan PS3. Itu dikarenakan PS3 menganggap DualShock 4 sebagai kontroler umum, sehingga juga tidak semua game bisa dikendalikan olehnya. Namun tidak bisa dipungkiri, meskipun ada yang kurang, revisi desain yang dilakukan Sony untuk kontroler PS4 tersebut merupakan yang paling nyaman dibandingkan semua DualShock sebelumnya.

Berikut cara yang bisa anda terapkan untuk menggunakan DualShock 4 pada konsol PS3:

1. Pertama pergi ke setting, pilih "Manage Bluetooth Devices" dibawah Accessory Settings pada menu PS3

2. Pilih "Register New Device", lalu diamkan PS3 untuk mencari perangkat bluetooth tersebut.

3. Ketika PS3 sedang bekerja untuk scanning, pencet dan tahan tombol "share dan PS" pada kontroller PS4 bersamaan sampai lampu menyalah.

4. Jika cara ini benar anda gunakan, maka otomatis PS3 anda langsung mendeteksi kontroller dengan nama "Wireless Controller".

5. Pilih controller yang akan anda gunakan masih didalam layar setting dan selesai sudah prosesnya.

 

Catatan: Jika anda ingin menggunakan cara ini, anda tidak boleh menyalahkan kontroller PS3, karena PS3 akan gagal untuk mendeteksi DS 4. Matikan kontroller PS3 selama ingin proses pairing berlangsung sukses.

Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat pada video berikut:

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI