Twitter Rombak Sistem Login dan Menghilangkan Kolom Password?

Twitter Rombak Sistem Login dan Menghilangkan Kolom Password?

ID dan Password pastinya dibutuhkan untuk login ke setiap media sosial atau email, game apapun yang ada didunia maya. Selain untuk kebutuhan login, kedua hal ini dibutuhkan untuk keamanan dalam berselancar internet layaknya sebuah tanda pengenal. Tapi seiring berjalannya waktu, password sering kali tidak aman dan bahkan karena ulah hacker yang tidak bertanggung jawab, banyak password yang diretas dan hal-hal pribadi terumbar di dunia maya.

Twitter sebagai contoh, menanggapi hal ini, mereka berencana merubah sistem login nya dengan meniadakan kolom Password. Hari ini Twitter telah resmi mengeluarkan 'Digits.

Dilansir dari Daily Mail, 'Digits' merupakan sebuah sistem yang terintegrasi dengan 'Twitter Fabric'. Twitter Fabric adalah sebuah SDK (Software Development Kit) yang nantinya akan dipakai oleh para pengembang aplikasi-aplikasi native di jejaring sosial berbasis micro-blog tersebut. Digits adalah sebuah layanan independen yang bisa dipakai oleh semua pengembang aplikasi di produk-produk mereka. 

Penjelasan Mudahnya, sistem login menggunakan Digits mirip dengan sisten login menggunakan WhatsApp.  Dengan memakai Digits pengguna hanya perlu memasukkan nomor telepon yang tengah dipakai, lalu memilih negara asal. Kemudian Twitter akan mengirimkan password via SMS ke nomor tersebut. Lalu, Anda harus memasukkan password itu sebagai tanda aktivasi. Password yang dikirim via SMS pun bersifat one-time password, dengan kata lain apabila Anda mencoba mendaftar lagi, password yang diberikan akan berbeda. Setelah berhasil masuk pun pengguna tidak perlu lagi memakai password tadi.

Saat peluncuran Twitter Fabric dan Digits di San Francisco, Twitter menyatakan bila Digits akan hadir dalam 216 negara dan 28 bahasa. Tidak hanya smartphone berbasis Android saja yang bisa menikmatinya, namun juga iOS.(Afg)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI