Sang Perintis Dunia Games Akhirnya Tutup Usia

Sang Perintis Dunia Games Akhirnya Tutup Usia

Industri game saat ini tengah berduka karena baru saja ditinggalkan salah satu perintisnya. Dia adalah Ralph Baer yang lebih dikenal dengan panggilan bapak video game. Yang beberapa jam yang lalu meninggalkan dunia pada usianya yang telah menginjak angka 92.

Sedikit mengulas kisah hidupnya, Ralph Baer adalah orang pertama yang berhasil menciptakan sebuah konsol game. Waktu itu, konsol pertamanya tersebut diberi nama Brown Box pada tahun 1966. Namun konsol tersebut baru dipasarkan sejak tahun 1972 dengan nama Magnavox Odyssey.

 

 

Selain konsol besutannya tersebut, Ralph juga dikenal sebagai bapak inovasi pada dunia game. Hal ini dapat dilihat dari berbagai penemuannya yang menunjang berbagai hal dalam industri game seperti peripheral video game, light gun, permainan memory Simon dan masih banyak lagi lainnya.

Pada tahun 2006 yang lalu, Ralph juga mendapatkan penghargaan dari Presiden Amerika George Bush sebagai National Medal of Technology. Pada tahun 2008 ia juga mendapatkan penghargaan sebagai Game Developers Choice Pioneer Award, dan masih banyak lagi penghargaan yang diterimanya.

"Seandainya saya mendengarkan semua ocehan orang-orang 40 tahun lalu yang menyuruh saya untuk berhenti mengerjakan sesuatu yang tak ada gunanya atau kata-kata seperti 'kamu masih bermain-main dengan benda ini?' Mungkin kita tidak akan berada di sini pada hari ini," ujar Baer ketika mendapatkan Pioneer Award seperti yang dikutip dari laman Gamespot via Detik. <bms>

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI