Singgung Orang Hitam Dengan Sebutan Gorila, Google Dikecam Netizen!

Singgung Orang Hitam Dengan Sebutan Gorila, Google Dikecam Netizen!

Isu yang menyangkut dengan SARA (Suku Agama dan Ras) memang sangat sensitif untuk diperbincangkan. Namun sayangnya baru-baru ini Google justru mengangkat isu sensitif tersebut melalui fitur baru dari aplikasi mobile miliknya. 

Entah disengaja atau tidak, apa yang dilakukan oleh Google ini justru memunculkan pertentangan keras dari berbagai pihak. Bagaimana tidak, dalam aplikasi tersebut, Google melabeli foto sepasang pria dan wanita berkulit hitam dengan sebutan "Gorila". 

Seperti yang dilansir dari laman Daily Mail (1/6/2015), Kedua orang yang ada dalam foto tersebut ternyata seorang programmer asal New york bernama Jacky Alcine bersama dengan teman wanitanya. Mengetahui fotonya terpampang dan dilabeli "Gorila" oleh Google, Jacky pun langsung melakukan protes melalui akun sosial media pribadi miliknya.

Dalam akun twitter pribadinya, Jacky berkicau "Google Photos, kau gila. aku dan temanku bukanlah gorila". 

Sumber gambar: Daily Mail

Sumber gambar: Daily Mail

Dengan adanya kicauan ini, sontak para pengguna sosial media pun terkejut dan ramai memperbincangkannya. Agar isu SARA ini tidak tersebar luas, Yonatan Zunger selaku Chief Architect of Social dari Google pun langsung memberikan pernyataan resmi melalui akun twitter pribadinya. 

Dalam akun twitternya, Yonatan mengatakan "Terimakasih telah memberikan informasinya dengan cepat. Masalah ini terjadi karena adanya sebuah bug. Kami meminta maaf atas kejadian ini. Saat ini kami langsung berusaha mengatasi masalah ini agar tidak terulang kembali".

<fjr>

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI