Bridge of Spies: Pengacara yang Berdiri Ditengah Perang Besar US dan Soviet

Bridge of Spies: Pengacara yang Berdiri Ditengah Perang Besar US dan Soviet

Siapa yang tidak kenal dengan Tom Hanks? Mungkin hanya segelintir orang yang mengetahui sosok beliau khususnya bagi kalian yang suka dengan dunia hukum pastinya tidak asing dengan nama tersebut. Film yang diproduksi oleh DreamWorks SKG dan 20th Century Fox ini adalah sebuah film yang diangkat dengan plot cerita drama dan thriller, pada masa-masa kejayaan Uni Soviet.

Film Bridge of Spies ini disutradarai oleh Steven Spielbrg. Film ini bisa dibilang bagus, mengingat sutradara yang menggarap film tersebut memang cukup berpengalaman di bidangnya. Selain itu karena film ini mengangkat tema yang diangkat dari dunia nyata, tentang kisah masa-masa perang dingin antara dunia barat AS dengan Uni Soviet. 

Bridge of Spies mengambil setting pada tahun 1927 yang dimana masa-masa perang dingin antara dunia barat AS dengan Uni Soviet terjadi. Pada saat itu, perang dingin antara kedua negara tersebut dilatar-belakangi masalah pencurian data yang dilakukan oleh Amerika Serikat kepada Uni Soviet.

Cerita ini bermula dari sebuah kisah penculikan seorang agen rahasia Uni Soviet KGB bernama Rudolf Abel (Mark Rylance) yang ditahan oleh tentara militer Amerika. Dari sini, Uni Soviet pun tak tinggal diam, Sehingga dari pihak Uni Soviet meminta bantuan kepada James B. Donovan (Tom Hanks) untuk menjadi pengacara dalam upaya melepaskan agen rahasia tersebut.

 

Akan tetapi posisi James B. Donovan tidak aman dikarenakan ia merupakan warga negara Amerika Serikat. Ia seakan terjepit diantara kepentingan negara dan masyarakat yang menganggap dirinya pengkhianat. Disisi lain situasi keluarga James B. Donovan ikut terancam dan terus ditekan oleh berbagai pihak yang berlawanan pendapat atas kesediaan James B. Donovan membantu pengacara musuh negaranya sendiri.

Di lain cerita mengenai peperangan akbar Amerika dan Uni Soviet tersebut, pihak militer Uni Soviet menembak jatuh pesawat tempur AS yang sedang melewati wilayah mereka dan menahan sang pilot bernama Doug Forrester (Billy Magnussen).

Dari sini keadaan mulai terbalik, jika sebelumnya Uni Soviet meminta bantuan James B. Donovan untuk membebaskan agen rahasia mereka itu, sekarang justru ditugaskan oleh pihak AS untuk membebaskan salah satu anggota militer udara AS yang disandera oleh Uni Soviet.

Pada saat itu sekitar tahun 1950-an, James B. Donovan akhirnya memasuki dunia peperangan diberbagai wilayah dunia menuju Uni Soviet dengan tujuan untuk mendapatkan sebuah informasi dimana keberadaan orang yang harus ditolongnya itu. CIA sebagai agen rahasia AS harus bekerja ekstra untuk mendapatkan berbagai macam strategi agar bisa memasukkan James B. Donovan ke wilayah Uni Soviet yang sangat sulit untuk ditembus karena pertahanannya yang kuat.

Hal ini pastinya takkan mudah dihadapi oleh James B. Donovan, hingga ia harus belajar banyak dari agen KB yang dibelanya dipengadilan. Bagaimanakah kisah selanjutnya? Apakah James B. Donovan mampu menyelamatkan pilot tersebut?

Bridge of Spies merupakan film yang cukup sulit untuk dipahami karena memiliki alur yang bisa dibilang tidak teratur. Penonton harus sedikit mengkerutkan dahi jika ingin mengerti secara detail mengenai kisah dari film yang diangkat dari cerita nyata itu. Namun secara keseluruhan, Indogamers memberikan nilai yang sangat fantastis untuk Bridge of Spies, yaitu 8.0 dari 10. 

 

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI