Jika Terserang Virus Ini, Gadget Android Kalian Dipastikan Tidak Berguna Lagi!

Jika Terserang Virus Ini, Gadget Android Kalian Dipastikan Tidak Berguna Lagi!

Sebagai sistem operasi yang sangat populer, Android tidak henti-hentinya menjadi sasaran empuk para hacker. Beberapa waktu yang lalu, para pengguna Android khususnya di Indonesia dgempar dengan kemunculan sebuah virus yang mampu menghabiskan paket data secara otomatis (Virus Penghisap Kuota Paket Data Hantui Pengguna Android Indonesia). 

Untuk kali ini, para pengguna Android harus lebih berhati-hati lagi. Sebab belum lama ini perusahaan Lookout Security berhasil menemukan sebuah virus Android yang lebih berbahaya daripada virus penghisap kuota paket data. Bagaimana tidak, setiap smartphone yang berhasil terinfeksi, dijamin virus tersebut tidak akan hilang dan berhenti mengacaukan smartphone Android korbannya. 

Untuk menghindari kecurigaan para pengguna Android, virus ini bersembunyi dibalik aplikasi-aplikasi populer seperti Facebook, Twitter, bahkan aplikasi yang sedang populer saat ini yaitu Snapchat. Dalam penelitiannya, Lookout Security menyatakan jika saat ini virus tersebut bersembunyi di 20.000 aplikasi populer yang tersebar di toko aplikasi pihak ketiga seperti Shudun Shuanet, dan juga Kemoge. Seperti yang dilansir Indogamers dari laman Daily Mail (10/11/2015).

Saat smartphone korban sudah mulai terinfeksi, virus ini pun langsung bekerja dengan menampilkan berbagai macam iklan (adware) yang dapat mengganggu para pengguna Android. Parahnya lagi, virus ini mampu melakukan root secara otomatis sehingga sang hacker dapat leluasa untuk mendapatkan berbagai data rahasia yang ada didalam smartphone korbannya.

Karena berhasil mendapatkan akses root, berbagai macam iklan (adware) pun terinstall secara otomatis sebagai aplikasi sistem. Dengan begitu, virus ini akhirnya tidak pernah bisa di hapus walaupun sang korban telah memasang berbagai antivirus untuk membersihkannya. Bahkan para pakar Lookout Security menyatakan jika smartphone tersebut dipastikan tidak dapat digunakan lagi!

Jika kita menganalisa sistem distribusi virus ini, Indogamers menyarankan agar kalian lebih waspada saat mendownload aplikasi selain dari Playstore demi melakukan pencagahan agar smartphone kalian tidak terinfeksi. Well, semoga kabar ini bermanfaat untuk kalian.

<fjr>

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI