Virus Ini Hapus Semua Data Komputer Jika Korbannya Tidak Bayar Uang Tebusan!

Virus Ini Hapus Semua Data Komputer Jika Korbannya Tidak Bayar Uang Tebusan!

Kecanggihan virus komputer sepertinya berbanding lurus dengan kemajuan teknologi saat ini. Bahkan kini virus tidak hanya digunakan untuk melumpuhkan korbannya saja melainkan sudah dimanfaatkan untuk tindakan kejahatan seperti pemerasan.

Hal tersebut bukanlah isapan jempol belaka. Sebab belakangan ini ditemukan sebuah virus berjenis Ransomware yang mampu mengancam data para pemilik komputer. Tidak hanya itu, virus Ransomware ini juga bisa memeras para korbannya layaknya seorang penculik.

Virus Ransomware bernama Jigsaw ini bisa mencuri dan mengunci ratusan jenis file komputer. Setelah berhasil mengambil alih file dari komputer korbannya, tidak segan-segan virus ini langsung meminta sejumlah uang sebagai tebusan yang biasanya sekitar 0,4 bitcoin atau setara dengan Rp. 2 juta. Jika uang yang diminta tidak diberikan, maka data-data komputer pun langsung dilenyapkan dengan mudah oleh virus berbahaya tersebut.

Seperti yang dilansir Indogamers dari laman Softpedia (12/4/2016), nama virus berbahaya ini terinspirasi dari salah satu film horor berjudul Saw. Hal tersebut dapat dilihat dari tampilan layar komputer ketika virus ini sudah berhasil menginfeksi korbannya. 

Agar tidak terinfeksi virus berbahaya ini, pastikan jika komputer kalian memiliki antivirus yang telah diupdate. Tidak hanya itu, kalian juga disarankan untuk tidak mendownload file sembarangan apalagi dari sumber-sumber yang tidak jelas. Well, jangan sampai komputer kesayangan kalian terjangkit virus ini ya!

(fjr)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI