Waspadalah, Ratusan Aplikasi Android di Playstore Sudah Terjangkit Virus

Waspadalah, Ratusan Aplikasi Android di Playstore Sudah Terjangkit Virus

Bagi kalian yang seringkali mengunduh aplikasi maupun game di Playstore sebaiknya lebih berhati-hati lagi. Sebab, belum lama ini seorang pakar keamanan yang berasal dari Dr. Web berhasil menemukan sebuah fakta mengejutkan jika saat ini terdapat ratusan aplikasi Android yang sudah terjangkit virus. Parahnya lagi, ratusan aplikasi tersebut sudah masuk ke toko aplikasi Playstore yang notabene sudah diverifikasi sebelumnya oleh pihak Google.

Menurut laporan yang dikemukakan oleh Dr. Web, saat ini tercatat ada 190 aplikasi yang sudah terjangkit oleh virus yang bernama Android.Click.95. Jika terjangkit virus ini, maka sang pengguna smartphone akan diganggu oleh berbagai iklan pop-up jebakan yang menganjurkan para korbannya untuk mendownload aplikasi tertentu. Parahnya lagi, iklan mengganggu tersebut muncul dalam kurun waktu 2 menit. 

Seperti yang dilansir Indogamers dari laman Merdeka (10/5/2016), selain virus Android.Click.95, ratusan aplikasi tersebut juga terinfeksi virus berbahaya yang bernama Android Banker. Virus yang satu ini dinilai cukup agresif dan membahayakan. Kedua virus tersebut biasanya menginfeksi berbagai aplikasi-aplikasi yang menyediakan layanan informasi horoskop, humor, dan juga e-book.

Kepopuleran perangkat bersistem operasi Android memang menjadi faktor utama mengapa seorang hacker sering kali membuat virus demi meraih keuntungan untuk dirinya sendiri. Oleh karena itu, bagi para pengguna perangkat Android disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengunduh dan memilih aplikasi untuk smartphonenya.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI