Berkat Antena Ponsel Ini, GPS dan Bluetooth Tak Berguna!

Berkat Antena Ponsel Ini, GPS dan Bluetooth Tak Berguna!

Tak ada habisnya para peneliti mengembangkan teknologi, salah satunya yakni penelitian yan dilakukan oleh sekelompok peneliti dari Aalto University di Finlandia. Mereka melakukan sebuah penelitian yang melibatkan antena ponsel.

Seperti Indogamers lansir dari laman BGR, Senin (28 November 2016), para peneliti mengembangkan antena ponsel untuk meningkatkan kekuatan sinyal. Bukan hanya itu, antena ini juga diklaim bisa menghemat penggunaan data. 

Berdasarkan penelitian antena ponsel ini, para peneliti membuat antena yang terdiri dari berbagai komponen kecil yang memiliki fungsi untuk menyesuaikan frekuensi. Pada saat Smartphone tidak terkoneksi pada sinyal Wi-Fi, antena tersebut akan otomatis mengubah konfigurasinya untuk menangkap posisi Smartphone melalui GPS.

Jari-Matti Hannula, salah seorang peneliti mengemukakan bahwa aplikasi Smartphone seperti Bluetooth, Wi-Fi dan GPS tak perlu lagi memiliki antena sendiri. Kelebihan lain dari antena ponsel yang dikembangkan para peneliti yakni saat pengguna melakukan transfer data, maka bisa dilakukan dalam satu jalur antena yang dikontrol secara digital. 

Para peneliti menyatakan bahwa desain dari Smartphone bisa mempengaruhi sistem kerja dari antena. Oleh karena itu, desain Smartphone dipastikan menjadi perhatian peneliti, terlebih banyaknya Smartphone yang dibekali layar dengan porsi besar. Dengan begitu maka untuk pemasangan antena tentunya harus memiliki ruang. 

Teknologi ini terdengar menjanjikan, tapi sayangnya teknologi ini masih dalam tahap pengembangan dan masih dibutuhkan beberapa tahun untuk menyempurnakannya. Walaupun begitu, Huawei tercatat menjadi salah satu perusahaan yang sudah menjalin kerja sama dalam uji coba antena ponsel ini untuk produknya.


Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI