Beginilah Cara Mudah Merubah Suara Menjadi Teks di Windows!

Beginilah Cara Mudah Merubah Suara Menjadi Teks di Windows!

Kesibukan memang tidak bisa ditebak, banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, terkadang perkerjaan lain tertinggalkan. Tak ayal banyak orang memilih merekam suara narasumber untuk didengarkan setelah pekerjaan selesai. 

Namun terkadang, ada saja kondisi dimana kita terpaksa harus merangkum pembicaraan dari narasumber dengan menulis ulang apa yang sudah dibicarakannya di secarik kertas. Tentunya hal itu cukup menyulitkan bukan?

Daripada kamu membuang-buang waktu, alangkah baiknya kamu mengikuti tips dari tim Indogamers. Jika kamu pernah membuat sebuah lirik lagu, tentunya kamu akan merasa lelah jika harus menuliskannya hingga satu atau dua album bukan? 

Oleh karena itu, lebih baik kamu mencoba tips cepat untuk mengubah format suara menjadi teks. Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Install dua aplikasi pendukung, yakni Web Speech API Google dan Virtual Audio Cable.

Sebelum melangkah ke tahapan selanjutnya, perlu kamu ketahui aplikasi Web Speech API Google adalah aplikasi yang akan merubah suara dari microphone menjadi teks. Sedangkan aplikasi Virtual Audio Cable yakni yang akan mengirimkan suara dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. 

Seperti Indogamers lansir dari lamann Jalantikus, Kamis (12 Janauri 2017), cara untuk merubah suara menjadi teks, disini kita akan mencoba untuk merubah musik menjadi sebuah lirik, yakni sebagai berikut:

Langkah pertama, kita harus mendownload aplikasi Virtual Audio Cable, setelah itu install aplikasi tersebut di Windows.

Langkah berikutnya yakni lihatlah toolbar yang berada pada pojok kanan bawah, lalu klik kanan pada "Speaker", lalu klik "Playback Device".

Setelah itu, klik kanan pada  "Line 1", lalu klik "Set as Default Device".

Langkah terakhir, kamu bisa menjalankan pemutar musik seperti Windows Media Player ataupun Youtube. Jika suara pada speaker kamu tidak mengeluarkan suara, kamu tidak perlu khawatir, karena memang seperti itulah cara bekerja Virtual Audio Cable.

Selanjutnya pada halaman situs Web Speech API Google, kliklah  gambar "Microphone". Dan beginilah lirik yang akan dihasilkan dari musik yang telah di convert menjadi teks.

 

Bagaimana mudah bukan? Cara diatas bukan hanya berlaku pada pemutar musik, kamu juga bisa mencobanya untuk rekaman suara lainnya. Selamat mencoba!

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI