Cara Baru! Hacker Gunakan Boneka Untuk Meretas Suara

Cara Baru! Hacker Gunakan Boneka Untuk Meretas Suara

Kabar menghebohkan kini datang dari para orangtua di Amerika Serikat (AS). Para orangtua dicemaskan dengan kehadiran boneka yang diklaim sebagai alat beraksi para hacker. Boneka bernama CloudPets yang tersebar dipasaran itu biasanya digunakan anak-anak untuk menemani bermainnya, dan juga untuk merekam suara anak-anak yang memainkannya.

Namun nahasnya, boneka CloudPets tersebut dikabarkan sudah disalahgunakan oleh hacker untuk membobol data penggunanya. Lebih dari 2 juta pesan suara yang terekam di CloudPets disebut-sebut telah dibocorkan hacker. 

Terlebih perusahaan yang memasok boneka CloudPets, Spiral Toys ternyata tidak menyisipkan sisi keamanan dari fitur pesan suara yang ditanamkan pada produksinya tersebut. Berdasarkan laporan yang diterima Mashable dari Motherboard menyatakan tercatat ada 820 ribu data pesan suara yang dicuri oleh hacker. 

Setelah ditelusuri, ternyata hacker sudah melakukan aksinya sejak tahun 2017. Bahkan, hacker sudah mengantongi email dan password keseluruhan dari pengguna boneka CloudPets. Troy Hunt selaku pakar keamanan ikut berkomentar perihal terjadinya insiden tersebut. Hunt sangat menyayangkan langkah gegabah Spiral Toys yang tidak memperhatikan sisi keamanan untuk mengenkrisi data pribadi para pengguna boneka CloudPets.

Sejak kejadian ini ramai ditengah orangtua Amerika Serikat, Spiral Toys belum memberikan pernyataan resmi terkait insiden tersebut. Namun perlu diketahui, peretasan melalui mainan anak-anak ini bukanlah hal pertama terjadi, karena sebelumnya juga hacker pernah melakukan hal yang sama dengan menggunakan boneka. 

So, mulai sekarang berhati-hatilah dalam memilih permainan untuk anak kita ya! Semoga artikel ini bermanfaat ya Indogamers mania.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI