Kini Semua Berita Hoax Bisa Terdeteksi Oleh Facebook, Begini Cara Bacanya!

Kini Semua Berita Hoax Bisa Terdeteksi Oleh Facebook, Begini Cara Bacanya!

Berita hoax di jejaring sosial bukan hanya isu belaka, karena mulai kini Facebook akan mampu mendeteksi semua kabar yang diposting melalui Facebook. Upaya penanggulangan Facebook untuk membasmi berita hoax akhirnya terealisasi di bulan Maret 2017.

Seperti laporan Recode yang dilansir Indogamers, Selasa (7 Maret 2017), mulai kini Facebook sudah menerapkan tools untuk mendeteksi berita hoax. Disetiap postingan yang di upload pengguna Facebook akan diberikan tanda khusus untuk menandai apakah berita yang di bagikan tersebut benar adanya atau hanya isu belaka.

Semua berita yang dibagikan, akan memiliki tag 'disputed' yang berada di bagian bawah. Facebook menghadirkan tag tersebut sebagai upayanya untuk memerangi kabar hoax yang tersebar melalui Facebook. Dengan menerapkan tools ini, terlihat Facebook sudah menampilkan tanda seperti gambar berikut ini:

Berita diatas menyebutkan bahwa adanya kebocoran data dari Gedung Putih yang berasal dari smartphone Donald Trump. Dibagian bawah terlihat tanda 'disputed' yang berarti bahwa berita tersebut terindikasi kabar hoax atau palsu. Berita tersebut tidak jelas sumbernya dan kebenarannya. Tanda tersebut akan terus muncul jika belum diketahui kebenarannya.

Nah, bagaimana cara untuk menampilkan tanda 'disputed' pada setiap postingan di Facebook?

Tanda tersebut akan muncul setelah Facebook melakukan pengecekan cepat. Langkah yang dilakukan Facebook akan melalui layanan Snopes serta Politifact. Dengan adanya kedua layanan tersebutlah, Facebook dapat menentukan isi berita yang diposting hoax atau tidak. 

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI