Penjualan Kamera Digital Semakin Jatuh Karena Smartphone

Penjualan Kamera Digital Semakin Jatuh Karena Smartphone

Eksistensi dari mesin ketik telah digeser oleh perangkat komputer. Perlahan-lahan perangkat komputer pun akan tergantikan oleh komputer jinjing. Begitu juga dengan kamera, bukan tidak mungkin suatu saat nanti orang akan menggunakan kamera hanya dari genggaman tangan yang disediakan oleh smartphone.

 

 

Kamera yang ada di ponsel semakin lama semakin canggih. Bahkan untuk beberapa ponsel kelas atas, sudah banyak kameranya yang mengungguli kamera-kamera pocket digital. Hal ini membuat angka penjualan kamera semakin merosot. Ini dapat dibuktikan dari angka laporan terbaru di tahun 2016 dimana angka shipment dari kamera digital menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Angka penurunan year-on-year shipment ini dirilis oleh Camera & Imaging Products Association (CIPA). Penurunannya sangat besar karena mencapai angka 31,7 persen. Penurunan paling besar sendiri datang dari kategori kamera pocket yang terjun bebas di angka 43,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tercatat hanya ada 12,6 unit saja dalam satu tahun untuk pengiriman kamera ini secara global.

 

 

Penurunan ini tentu saja terjadi karena kamera-kamera yang ada di smartphone memang sudah bisa menyamai kamera pocket dan bahkan ada yang mengungguli. Hal ini berbeda dengan kamera Mirrorless atau DSLR yang masih sedikit bertahan karena memang masih sulit dikalahkan oleh kamera smartphone. Selain itu kedua kamera ini memang memiliki banyak variasi lensa yang bisa dibongkar-pasang. Hal ini tentu menjadi keunggulan sendiri.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI