5 Hal Penting yang Sebaiknya Tidak Diposting di Medsos

5 Hal Penting yang Sebaiknya Tidak Diposting di Medsos

Terkadang tanpa kita sadari banyak sekali informasi penting yang sudah kita sebarkan secara tidak sengaja di sosial media. Informasi-informasi ini bukan tidak mungkin mengundang orang jahat untuk melakukan hal-hal yang tidak kita inginkan. Lalu apa saja informasi-informasi yang sebaiknya tidak dipublikasikan di sosial media?

 

 

1. Check in di rumah atau tempat kerja

Hanya dengan melakukan check in di sosial media, baik itu di rumah ataupun di kantor, ternyata sudah bisa memberikan alamat kita dengan lengkap. Check in dan geotag memberikan detail keberadaan Anda yang bisa saja dimanfaatkan oleh orang lain. Dengan melakukan check in, peta digital seperti Google Maps dapat memberikan secara detail informasi tentang Anda.

2. Informasi kartu kredit dan sejenisnya

 


Sebaiknya tidak memposting foto kartu kredit Anda yang mungkin memiliki limit ratusan juta atau foto buku tabungan dengan saldo yang miliaran tersebut. Karena dengan mengungkap foto-foto tersebut, bukan tidak mungkin hacker dapat membobol keuangan Anda dengan sangat mudah. Selain itu, bukti-bukti finansial seperti nota pembelian menggunakan kartu kredit atau kartu debit juga sebaiknya dimusnahkan saja, bukan untuk di posting di sosial media.

3. Informasi perjalanan anda

Jangan pernah memfoto passport atau boarding perjalanan Anda. Sebab dengan memposting foto tersebut Anda bukan saja memberikan informasi terkait kemana Anda akan pergi, tapi juga banyak informasi yang bisa dimanfaatkan oleh hacker yang dapat diambil dari informasi perjalanan Anda.

4. Foto yang bersifat pribadi

 


Meskipun sekarang telah banyak fitur untuk memposting foto 1 x 24 jam di sosial media dan tidak dapat di simpan oleh orang lain. Namun jangan pernah sekali-kali memberikan foto pribadi di sosial media. Karena sebagaimana pun caranya, foto-foto ini gampang tersebar.

5. Foto anak dan informasinya

Memiliki anak yang lucu mungkin membuat gemas orang tuanya dan tidak jarang mereka mengambil foto anaknya dan mempostingnya. Akan tetapi, lebih baik hindari informasi tentang sekolah anak, kemana mereka akan pergi, tempat belajar mereka. Karena ini juga bisa membahayakan mereka.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI