Tips Agar RAM di Android Lebih Maksimal

Tips Agar RAM di Android Lebih Maksimal

Random Access Memory (RAM) adalah salah satu komponen penting yang ada di perangkat Android. Jika kapasitas RAM dari Android sudah mulai menipis, bukan tidak mungkin ponsel pintar yang dimilikinya akan menjadi kurang dalam performa atau bisa dibilang lemot. Lalu sebenarnya apa saja yang membuat RAM menjadi penuh? Dan bagaimana cara mengatasinya?

 

 

Hentikan Live Wallpaper, dan Widget

Tanpa disadari live wallpaper dan widget ternyata memang banyak memakan space RAM. Selain karena terus berjalan, widget dan live wallpaper juga akan lebih cepat menguras baterai. Lebih baik ini dihentikan untuk bisa mendapatkan space tambahan pada RAM ponsel.

 

 

Hentikan Aplikasi Penguras RAM

Ada beberapa aplikasi yang walaupun tidak digunakan sekalipun tapi tetap menguras RAM. Aplikasi-aplikasi tersebut tentu saja akan mempengaruhi performa dari ponsel pintar.

Sebaiknya hentikan aplikasi-aplikasi yang membebani RAM. Untuk melihat aplikasi apa saja yang membebani RAM, bisa lihat di bagian Setting - Application. Cenderung aplikasi seperti sosial media yang paling banyak menghabiskan space. Lebih baik di-uninstall saja jika aplikasi tersebut memang jarang digunakan.

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI