Para Pemenang dari LINE Creativate Chatbot, Pemenang Utama Dikirim Ke Jepang Untuk Ajang LINE BOOT Awards 2018

Para Pemenang dari LINE Creativate Chatbot, Pemenang Utama Dikirim Ke Jepang Untuk Ajang LINE BOOT Awards 2018

IDGS, 28 Oktober 2018 - LINE Indonesia kembali menggelar ajang kompetisi digital terbesar milinya, LINE Creativate yang mengusung tema 'BANGGA INDONESIA' dengan menyajikan sejumlah kompetisi. Salah satu kompetisi yang kembali digelar tahun ini adalah kompetisi chatbot yang digawangi oleh tim Product & Engineering LINE Indonesia di mana para pengembang (developer) berkualitas di Tanah Air ditantang untuk berkompetisi menghasilkan chatbot terbaik. 

Kompetisi chatbot pada ajang ini menghadirkan 5 kategori yang terdiri dari kategori Hiburan (Fun), Produktivitas (Productivity), Wawasan (Knowledge), Pelajar (Student) dan Prototipe (Prototype). Putaran final kompetisi chatbot ini telah digelar pada 20 Oktober lalu di kantor LINE Indonesia dan telah menghasilkan sejumlah pemenang, termasuk pemenang utama yang akan diberangkatkan ke LINE BOOT Awards 2018 untuk mewakili Indonesia. 

"Kompetisi chatbot di LINE Creativate 2018 merupakan ajang dukungan serta apresiasi untuk para kreator muda berbekat Indonesia agar bisa menampilkan karyanya dan mendekatkan mereka dengan target pasar yang lebih luas," terang Dale Kim, Managing Director LINE Indonesia. "Final kompetisi chatbot yang telah digelar minggu lalu pun membuktikan jika para pengembang lokal di Indonesia memiliki potensi dan bakat di industri ini untuk bersama-sama memberikan konstribusi yang lebih baik untuk masyarakat di sekitarnya," tambahnya. 

Para juri yang terdiri dari Su Ahn Lee (CTO LINE Indonesia), Shinichiro Isago (Global Developer Realations Lead LINE Corporation), Narenda Wicaksono (CEO Dicoding) dan Menhariq Noor (Kepala Sub Direktoral Perancangan TIK BEKRAF) telah memilih masing-masing 3 pemenang dari 5 kategori sehingga secara keseluruhan terdapat 15 pemenang yang telah ditentukan untuk kompetisi ini: 

• Kategori Hiburan: 

   #1 Ica Ica (@icaica_bot)

   #2 Weesata (@kdn3851k)

   #3 Bung Kata (@bungkata)

• Kategori Wawasan: 

   #1 Gifood (@ste6242k)

   #2 Musleem (@ybg5637i)

   #3 Si Beni (@ocm7943y)

• Kategori Produktivitas

   #1 Sevy (@sevybot)

   #2 Temuan (@temuan)

   #3 Katsir (@gts7264i)

• Kategori Pelajar

   #1 Tel-U Bot (@qfk6231q)

   #2 Dikampus (dikampus.id)

   #3 Kompa Bali (@hpr7454e)

• Kategori Prototipe

   #1 Digimu

   #2 Tix Bot

   # Si Bayu

Para juri telah sepakat untuk memilih Ica Ica, pemenang pertama dari kategori hiburan sebagai pemenang utama dari kompetisi LINE Creativate dan akan diberangkatkan ke LINE BOOT Awards 2018 di Jepang mewakili Indonesia. Ica Ica sendiri merupakan chatbot yang bertujuan untuk menghibur serta menghilangkan kebosanan pengguna dengan mencar teman atau jodoh. Selain fitur Cari Jodoh, chatbot ini juga memiliki sejumlah fitur menarik lainnya, seperti Family 100, Cari Kata, Tebak Kata, Adu Penalti, Sambung Kata, dan Tebak Lagu. Hingga saat ini Ica Ica telah digunakan oleh lebih dari 1,2 juta pengguna. 

Tidak hanya itu saja, Ica Ica juga menyediakan fitur leaderboard sehingga mendorong penggunanya untuk berkompetisi menjadi yang terbaik pada fitur permainan yang ada di dalam chatbot ini. Hal yang mengejutkan dari Ica Ica adalah cara monetisasi chatbot dengan menawarkan iklan serta fitur-fitur premium di dalamnya. Adapun pemasukan Ica Ica kini telah melebihi biaya operasionalnya. 

LINE BOOT Awards 2018 merupakan kompetisi bagi para pengembang software di seluruh dunia yang bertujuan untuk menghasilkan serangkaian layanan komunikasi baru dalam bentuk chatbot yang dapat dijalankan di platform LINE menggunakan open platform LINE messaging API. Ajang ini mengundang para pengembang software dari berbagai macam afiliasi, seperti perusahaan, kelompok, maupun individu untuk memperebutkan hadiah utama sebesar 10 juta Yen. 

Sejalan dengan misi yang diembannya, "Closing the Distance", LINE akan selalu berupaya untuk mendekatkan jarak antar manusia dengan berbagai layanan dan informasi. salah satunya adalah melalui ajang kompetisi chatbot yang dapat memangkas jarak antara para pengembang lokal dengan para pengguna LINE dengan memberikan ruang bagi para pengembang agar mereka bisa terus mengembangkan potensi dan bakat yang dimilikinya hingga menjadi lebih baik lagi. (Stefanus/IDGS)

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI