Didukung Kemenpora Dan Fruit Tea Sosro, Garena Adakan Peluncuran Program Pertandingan Esports Sekolah Pertama Dan Terbesar Di Indonesia Youth National Esports Championship 2019

Didukung Kemenpora Dan Fruit Tea Sosro, Garena Adakan Peluncuran Program Pertandingan Esports Sekolah Pertama Dan Terbesar Di Indonesia Youth National Esports Championship 2019

IDGS, Kamis 31 Januari 2019 - Garena, sebagai salah satu perusahaan internet terbesar di Asia Tenggara dan sekitarnya, mengumumkan peluncuran program perdana pertandingan esports sekolah pertama dan terbesar di Indonesia, Youth National Esports Championship 2019. Bekerjasama dengan Fruit Tea Sosro dan Sukro serta didukung oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Garena berkomitmen untuk ikut terus berkontribusi kepada peningkatan kebutuhan teknologi masyarakat dengan memberdayakan generasi muda di bidang olahraga melalui esports.

Youth National Esports Championship 2019 sendiri merupakan rangkaian dari "program Garena Goes to School yaitu program pemberdayaan esports yang positif di antara pelajar di Indonesia". Turnamen ini akan diadakan di 22 kota, dimana 600 sekolah akan bertanding dalam game Arena of Valor dan Free Fire.

Pemenang dari masing sekolah kemudian akan melanjutkan pertandingan ke tingkat kota, regional dan terakhir ke tingkat nasional untuk memperebutkan Piala Menpora di bulan September. Pemilihan kedua mobile game ini tidak lepas dari prestasi yang telah dicapai dimana Arena of Valor dinobatkan sebagai Best Multiplayer Game di ajang International Mobile Gaming Award (IMGA) 2018 serta masuk sebagai salah satu cabang eksibisi di Asian Games 2018.


Sementara Free Fire terpilih sebagai Google Play User’s Game Choice of 2018. Esports (Electronic Sports) sendiri merupakan pertandingan olahraga elektronik dimana atlet bertanding secara online melalui media elektronik seperti komputer maupun telepon genggam. Pertandingan olahraga elektronik ini membutuhkan beberapa orang dalam satu tim dengan masing masing atlet esports harus memiliki kombinasi yang baik antara skill kerjasama tim, dan tentunya keberanian dalam meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.

Garena telah menyelenggarakan berbagai event esports antar sekolah sejak 2017 yang menerapkan syarat nilai dari rapor dan beasiswa sebagai hadiah, sehingga dapat ikut mencetak bibit unggul di sekolah maupun bibit unggul atlet esports. Dalam pertandingannya sendiri, para atlet esports mengutamakan strategi kerjasama antar anggota tim untuk mencapai kemenangan yang sekaligus meningkatkan nilai sosial budaya para pemuda. Selain itu, event esports yang diadakan oleh Garena juga memiliki struktur kompetisi resmi serta standar danjenjang dari tingkat amatir, nasional hingga internasional yang menumbuhkan nilai sportivitas. Nilai ini juga dimiliki oleh olahraga tradisional. Kami harapkan, turnamen Youth National Esports Championship 2019 ini dapat hadir untuk mendukung perkembangan esports yang memiliki nilai positif secara edukasi, sosial budaya dan sportivitas bagi generasi muda Indonesia,” ujar Wijaya Nugroho selaku Project Manager dari Youth National Esports Championship 2019 sekaligus Garena Goes to School.


Fruit Tea Sosro selaku Title Sponsor mendukung penuh perkembangan esports bagi remaja di Indonesia. General Manager Marketing PT Sinar Sosro, Norma Sari Dewi mengungkapkan “Kami sangat senang bisa menjadi bagian dari Youth National Esports Championship 2019. Fruit Tea Sosro selama ini menilik generasi millenials yang merupakan pangsa pasar terbesar bagi Sosro maupun Garena. Akhirnya kami berkolaborasi dengan Garena dalam menyiapkan bibit-bibit atlet esports yang nantinya siap mengharumkan nama tanah air Indonesia di kancah kompetisi internasional. Melalui pertandingan esports sekolah pertama dan terbesar diIndonesia yang ikut difasilitasi oleh pihak sekolah ini, siswa dan siswi dapat menyalurkan bakat dan minatnya di bidang esports".

Kita akan melakukan edukasi serta pertandingan tahap kualifikasi ke seluruh 600 sekolah. Pemenang dari setiap sekolah kemudian akan melanjutkan pertandingan hingga ke tingkat nasional untuk memperebutkan Piala Menpora. Kota-kota penyelenggara kompetisi ini yakni Bekasi, Bandung, Bogor, Cirebon, Jakarta(Jaktim, Jakbar, Jakut, Jaksel, Jakpus), Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Yogya, Semarang, Solo, Surabaya, Malang, Bandar Lampung, Palembang, Pekanbaru, Padang dan Medan,”tambah Norma Sari Dewi. Marketing Manager Sukro, Neni S. Soewondo selaku Sponsor Youth National Esport Championship 2019 mengatakan“ Sebagai brand yang dekat dengan keseharian anak muda, termasuk para pelajar sekolah, Sukrodari Dua Kelinci memberikan dukungan penuh suksesnya turnamen Youth National Esport Championship di tahun 2019. Kami yakin dalam event yang mengedepankan sportivitas ini akan menjadi poin plus terhadap kreativitas serta produktivitas anak muda tanah air dalam bidang esport di masa yang akan datang.

Kompetisi esports tingkat pelajar terbesar ini akan dilaksanakan di 11 provinsi, 22 kota, 600 sekolah tingkat SMP dan SMA, dan terselenggara berkat kerjasama antara Kementerian Pemuda dan Olahraga bersamaperusahaan pengembang Mobile Games Garena Indonesia. Diharapkan, program ini bisa menjadi wadah positif bagi para pelajar indonesia untuk berprestasi di bidang olahraga esports", Asril Sadikin Satar.

Tambahan dari Admin, Dunia Game yang dulu di pandang sebelah mata sekarang mulai di nilai tren positif dari berbagai kalangan. Perkembangan eSports Tanah Air berkembang pesat MAJULAH ESPORTS INDONESIA.(Olla Abdillah Agam/IDGS) 

Tags :
BERITA TERKAIT
BERITA TERKINI